SKRIPSI PAI
Pengaruh Metode Sosiodrama Dan Role Playing Terhadap Peningkatan Akhlak Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan
Dalam memilih metode untuk mengajar, seorang guru harus menyesuaikan kondisi kelas, jumlah siswa dan yang terpenting adalah tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran PAI, maka metode yang dipilih dan digunakan harus menarik perhatian siswa, menyenangkan, dan tidak membosankan. Karena dalam proses pembelajaran PAI khususnya mengenai akhlak, siswa mempunyai daya tangkap dan pemahaman yang berbeda-beda. Terutama mengenai akhlak, dalam hal ini ada beberapa siswa yang memiliki akhlak ataupun adab kurang baik ketika berinteraksi dengan guru sebagai orang yang lebih tua disekolah. Oleh karena itu, skripsi ini akan membahas mengenai metode sosiodrama dan role playing yang digunakan oleh guru PAI pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Karena dengan metodemetode tersebut siswa berperan langsung dan merasakan peran tersebut sehingga secara tidak langsung akhlak siswa dapat terbentuk karena tahu dan paham akan pesan yang terkandung yang disajikan dalam sebuah drama tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui akhlak perbedaan akhlak siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode sosiodrama dan role playing pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian lapamgan ( field research) dengan pendekatan penelitian secara kuantitatif dengan populasi sebanyak 95 siswa kelas VIII.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes berupa pretest dan posttest, observasi, dan dokumetasi. Dan uji hipotesis yang digunakan adalah menggunakan uji t berpasangan Uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis alternatife (Ha) yang penulis ajukan di terima. Hasil uji t berupa Paired sample Test menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000, berarti kurang dari 0.05, maka Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa akhlak siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode sosodrama dan role playing tidak sama. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaaan yang signifikan akhlak siswa sebelum dan sesudah menggunakan kedua metode tersebut. Dan hasil uji N-Gain menunjukkan hasil pre test maupun post test siswa kelas VIII E, F, dan G pada pembelajaran PAI sudah cukup baik dilihat dari hasil pre test nilai rata-ratanya (mean) siswa dimana nilai rata-ratanya ialah 76,4444 sedangkan hasil post test nilai rata-ratanya ialah 85,0 dengan skor N-Gain sebesar 0,34 dengan kategori sedang.
24SK2421114.00 | SK PAI 24.114 HAM p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain