SKRIPSI PAI
Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kleas XI Mata Pelajaran Fiqih Di Mas Bimbang Kulon
Proses pembentukan terhadap peserta didik ini tidak begitu mudah, namun banyak cara yang bisa kita lakukan seperti menyekolahkan peserta didiknya di sekolah yang menjunjung tinggi agama (Islam). Hal ini model pembelajarannya adalah Model Pembelajaran Kontekstual dan Model Pembelajaran Berbasis masalah yang mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Kedua model pembelajaran tersebut dapat digabungkan dan diterapkan pada mata pelajaran Fiqih. Sehingga penulis ingin meneliti Pengkombinasian Model Pembelajaran yang diterapkan pada mapel fiqih di sekolah MAS Simbang Kulon tersebut. Serta peneliti menemukan beberapa poin penting pada proses pembelajaran mapel Fiqih. 1). Peserta didik mampu memecahkan masalah yang sedang dihadapinya seperti menjawab soal berupa ilustrasi yang dipaparkan siswa lain. 2). Motivasi disetiap pembelajaran membuat peserta didik lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran seperti memberi apresiasi peserta didik yang telah menjawab pertanyaan. 3). Proses belajar mengajar di kelas yang kondusif, peserta didik bisa belajar secara tertib dan nyaman sehingga memperlancar proses pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan Rumusan Masalah sebagai berikut: Bagaimana Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Fiqih di MAS Simbang Kulon? Jenis penelitian ini yakni penelitian lapangan field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Berbasisi Masalah dengan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MAS Simbang Kulon dimulai dengan menyiapkan RPP, kegiatan awal, kegiatan inti, melakukan post test, menerapkan model pembelajaran, materi pembelajaran dan media pembelajaran. Keberhasilan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Kontekstual ditentukan dengan kapasitas kemampuan peserta didik yang memasuki perkembangan kognitif remaja.
24SK2421109.00 | SK PAI 24.109 ZID p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain