TESIS PGMI
Pengembangan Metode Drill Dengan Game Gotri Ala Gotri Untuk Meningkatkan Vocabulary Peserta Didik Kelas IV MI Walisongo Kebonrowopucang Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan metode drill dengan Game Gotri Ala Gotri dalam meningkatkan Vocabulary Peserta didik MI Walisongo Kebonrowopucang tersebut; untuk mengembangkan Metode drill dengan Game Gotri Ala Gotri dalam meningkatkan Vocabulary Peserta didik MI Walisongo Kebonrowopucang; untuk menganalisis kepraktisan metode drill dengan Game Gotri Ala Gotri dalam meningkatkan Vocabulary Peserta didik MI Walisongo Kebonrowopucang yang dihasilkan; menganalisis efektivitas metode drill dengan Game Gotri Ala Gotri dalam meningkatkan Vocabulary Peserta didik MI Walisongo Kebonrowopucang yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Adapun model penelitian dalam Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996. Subyek penelitian MI Walisongo Kebonrowopucang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, Angket, Pre-test dan Post-test. Teknik analisis data menggunakan analisis butir angket kebutuhan guru dan siswa, uji validitas produk oleh ahli metode, ahli materi dan ahli bahasa, analisis angket praktikalitas oleh 24 siswa kelas IV B dan 10 guru, serta efektivitas produk dengan simple pired t test. Kemudian mengacu dari rumusan masalah dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kelas IV B MI Walisongo Kebonrowopucang membutuhkan adanya pengembangan metode drill dengan Game Gotri Ala Gotri untuk meningkatkan Vocabulary peserta didik. Dari pengembangan metode drill dengan Game Gotri Ala Gotri dilakukan sesuai dengan langkah pembelajaran metode drill yang dikombinasikan dengan Game Gotri Ala Gotri, kemudian diuji kevalidannya oleh ahli media dan ahli materi. Hasil uji validitas ahli media dan ahli materi masing-masing sebesar 89%, sehingga termasuk dalam kategori sangat baik dan dengan keterangan tidak revisi. Selanjutnya, dari hasil analisis angket respon guru dan siswa terhadap praktikalitas penggunaan metode drill dengan Game Gotri Ala Gotri untuk meningkatkan vocabulary Peserta didik dari hasil analisis presentase angket respon guru dan siswa dalam penelitian ini, keduanya menunjukan kriteria sangat praktis. kemudian dari hasil analisis output dalam penelitian ini, diperoleh bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan vocabulary siswa dengan tingkat efektivitas tinggi.
24TS2453006.00 | TS P.PGMI 24.006 NAI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain