TESIS PGMI
Strategi Pembelajaran Active Learning Bagi Peserta Didik Slow Learner Di Kelas IV A MI Salafiyah Syafi
Kemampuan belajar setiap pesera didik berbeda-beda, ada peserta didik dengan tipe fast learner dan slow learner. Peserta didik slow learner dimungkinkan akan mengalami berbagai macam kendala selama proses pembelajaran berlangsung. Hal yang menjadi perhatian khusus ketika proses pembelajaran adalah peserta didik slow learner mengalami kesulitan ketika memproses informasi, menanggapi stimulus serta penyesuaian sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana perencanaan implementasi strategi pembelajaran active learning bagi peserta didik slow learner di kelas IV A MI Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kedungwuni Pekalongan? 2. Bagaimana implementasi strategi pembelajaran active learning bagi peserta didik slow learner di kelas IV A MI Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kedungwuni Pekalongan? 3. Bagaimana evaluasi dari implementasi strategi pembelajaran active learning bagi peserta didik slow learner di kelas IV A MI Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kedungwuni Pekalongan?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data dalam penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa Perencanaan strategi pembelajaran active learning bagi peserta didik slow learner di kelas IV A dilaksanakan melalui dilaksanakan melalui penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), akan tetapi belum ada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang khusus untuk peserta didik slow learner. Guru hanya melaksanakan penyesusaian di kelas saja. Implementasi strategi active learning bagi peserta didik slow learner walaupun belum ada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) khusus bagi peserta didik slow learner tetapi dalam implementasinya dilaksanakan penyesuaian terhadap kebutuhan peserta didik slow learner. Evaluasi strategi pembelajaran active learning bagi peserta didik slow learner dilaksanakan melalui evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, akan tetapi untuk kriteria ketuntasan minimum (KKM) masih disamakan belum ada perbedaan antara peserta didik slow learner dengan peserta didik yang lainnya.
24TS2453004.00 | TS P.PGMI 24.004 SIS s | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain