SKRIPSI BPI
Pengaruh Perspektif Siswa dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN 2 Kota Pekalongan
Motivasi belajar adalah seluruh daya penggerak didalam diri siswa yang memicu timbulnya kegiatan belajar yang memberikan arah sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat dicapai.Melihat kurangnya motivasi belajar siswa maka guru Bimbingan Konseling mengadakan bimbingan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Walaupun begitu, keberhasilan bimbingan konseling tidak cukup dengan keikutsertaan siswa dalam pelaksanaannya saja, namun keberhasilan pelaksanaan bimbingan konseling ini juga berkaitan dengan bagaimana persepsi siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Bimbingan Konselingdalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN 2 Kota Pekalongan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kategorisasi persepsi siswa terhadap pelaksanaan bimbingan dankonselingdi MAN 2 Kota Pekalongan?; (2) Bagaimana kategorisasi motivasi belajar siswa di MAN 2 Kota Pekalongan?; dan (3) Bagaimana pengaruh persepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan dan konselinguntuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 2 Kota Pekalongan?. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan dan konselinguntuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 2 Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Kategorisasipersepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling memiliki kategori tinggi. Sedangkan Kategorisasi Motivasi Belajar Siswa di MAN 2 Kota Pekalongan memiliki kategori sedang. Hasil perhitungan perhitungan uji pengaruh menggunakan uji regresi linier sederhana, diperoleh hasil Sig. = 0,001. Karena nilai Sig. < 0,05 maka dapat disimpulkan kesimpulan bahwa persepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling (X) memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar (Y) siswa di MAN 2 Kota Pekalongan.
24SK2435068.00 | SK BPI 24.068 AMA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain