SKRIPSI PBS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sharia Complaince, Citra Merek Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pemalang Sudirman 1
Beberapa waktu terakhir perkembangan lembaga keuangan syariah terus mengalami kenaikan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah nasabah BSI yang terus meningkat dan mengalami pertumbuhan yang cepat. Hal ini menandakan bahwa masyarakat sudah memutuskan untuk menjadi nasabah dan loyal kepada BSI. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, sharia compliance, citra merek dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pemalang Sudirman 1. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia KCP Pemalang Sudirman 1. Sampel yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini sebanyak 100 nasabah. Teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel adalah dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yakni dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 26 sebagai pengolahan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, sharia compliance berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, citra merek berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Sharia Complaince, Citra Merek, Kepuasan, Loyalitas
DAFTAR PUSTAKA
Ade Ayu Oktapiani, A., & Tuti Anggraini, T. (2022). Pengaruh Relationship Marketing , Comporate Image dan Syariah Compliance Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada PT BSI KCP Gunung Tua. 8(03), 3423–3433.
Agus Sarwo Edi, E., & Suherniyatin, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Peningkatan Intimacy Nasabah Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Minat Menabung Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Kcp Wiyung Surabaya.
Al Qur’an Surah An Nisa’ ayat 29. (n.d.).
Alfira Nurjannah, A., Heri Junaidi, H., & Chandra Zaki Maulana, C. (2023). Pengaruh Shariah Compliance dan Spiritual Marketing terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palembang Sudirman. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 4(2), 148.
Alviyan Nulviki. (2021). Pengaruh Kepatuhan Syariah, Kualitas Pelayanan, dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus BPRS Amanah Ummah Kas UIKA).
Andyan Pradipta Utama, A., & Tri Ratna Murti, T. (2021). Kepuasan Nasabah Sebagai Mediator Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 79–86.
Anggun Citra Monica, A., & Santi Arafah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pt. Bank Syariah Mandiri Kc Medan Aksara). Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 639–648. https://e- journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/796
Anggun Resti, & Basri. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image, Terhadap Loyalitas Nasabah Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah (Study Kasus Bank BRI KCP Unit Sidoarum). EFEKTIF Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 13(1), 79–92.
Anita Febrianti, A. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Digital Marketing dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Nasabah di Gerai Dinar Pekalongan.
Arinta Safira, A. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi, Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah saat pandemi covid-19.
Ata, V. H., Sari, Diyan NovitaRofiqo, A., & Addin. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas dengan Kepercayaan dan Kepuasan Sebagai Variabel Mediator Bank Syariah di Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.21154/etihad.v1i1.2732
Atika Oktaviani, A., & Lucky Rachmawati, L. (2019). Persepsi Nasabah Tentang Kepatuhan Syariah Dan Good Corporate Governance Terhadap Loyalitas Nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 162–169.
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63.
Awan Rahadiyan, A. (2022). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance dan Kepatuhan Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BPD DIY Syariah. 33(1), 1–12.
Dessy Handa Sari, D., Sukmawati Kurnia Shendy, S., & Ramli, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah KPR PT.Bank Tabungan Negara TBK Cabang Balikpapan. 17(1), 1–8.
Devi Cornelia Sari, D., & R.A. Marlien, M. (2019). Pengaruh kualitas layanan, kepercayaan, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada nasabah tabungan Bank BNI Syariah Cabang Semarang). Proceeding SENDI_U, 497–501.
Dian Budi Wijaksono, D., Leavy Gaby Jeisy, L., & Ridha Chairunnisa, R. (2022). Pengaruh Citra Merek dalam Pembentukan Loyalitas dan Minat Menabung Nasabah Bank Syariah Indonesia. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(2), 1–15. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i2.460
Difta Octavia Saridewi, D., & Rusdi Hidayat Nugroho, R. (2022). pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervrening : Studi Kasus pada Pelanggan Susu Bear Brand di Surabaya. 4(6), 1722–1738.
Edy Junaedi, E., & Nurul Robiatin, N. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah BMT Mitra Prunus Sejahtera Kota Tangerang. 23, 75–92.
Endah Kurniyawati, E., & Fernaldi Anggadha Ratno, F. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Penanganan Keluhan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus BPRS Suriyah Cabang Salatiga). Jurnal Baabu Al Ilmi Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 142–152.
Eri Setiadi, E. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah bank jabar banten syariah kantor cabang depok.
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). No Title. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3.
Fathan Budiman, F. (2020). Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(5), 142–166.
Firza Prishellya Angghisna Aulia, F. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Jatim Kantor Cabang Bojonegoro). 1–16.
Ghozali. (2016). aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafish Sadiq, S., & Siti Laela, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Negara Indonesia. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(1), 21.
Hengki Febrianto, H., & Ramayani, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Mandiri KCP Jamika Bandung. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2),401. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.392
I Made Mahastika, M., & Ida I Dewa Ayu Yayati Wilyadewi, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Sedana di Tabanan. Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 479–490.
Ibnu Haris Nasution, I., & Agtovia Frimayasa, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di PT. Bank Rakyat Indonesia KCP Kota Wisata Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 123–132.
Imas Sukaesih, I. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Produk Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Maybank Tbk, Capem Citra Raya Cikupa. Ekonomi Bisnis, 26(1), 301–309.
Janah, I. M., & Fanani, S. (2020). Analisis Kepatuhan Syariah Pembiayaan Musyarakah Pada Bprs Amanah Sejahtera Gresik. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(1), 151. https://doi.org/10.20473/vol7iss20201pp151-161
Jannatun Naimah, N. (2019). Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah, Kualitas Layanan dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Grobogan.
Joko Rizkie Widokarti, J., & Donni Juni Priansa, D. (2019). konsumen, pemasaran, komunikasi kontemporer.
Kasmadi. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif.
Krisnawan Hadi Perdana, H. (2022). Peran Kualitas Layanan, Keterikatan Emosional, dan Religiusitas Pada Kepuasan Dan Loyalitas Nababah Bank Syariah. 1–23.
Kusumawardhani, K., Sandra Aulia, S., Nugraha, N., & Alfath Prasetya Agung, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Mobile Banking (BCA Mobile). 2(1), 275–282.
Linriavita Asan, A., James D D Massie, J., & Willem J. F. Alfa Tumbuan, W. (2022). Pengaruh Kualitas Jasa, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BRI di Kota Manado. 10(3), 617–627.
M. Irza Al-Ghifari, I., & Khusnudin, K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Biaya Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Indonesia. 5(November), 421–434.
Mail Hilian Batin, M. (2019). Pengaruh Citra Bank, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Nasabah, Penanganan Keluhan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Sumsel Babel Kantor Capem Syariah UIN Raden Fatah Palembang. 3(1), 45–58.
Masadah, Asngadi, & Triono Singgih, C. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Syariah Di Kabupaten Jombang Yang Dimediasi Variabel Kepuasan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(2), 197–208. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5808
Mella Ramadhani, M., & Nurhadi, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data
Mohammad Iqbal Ibrahim, I., & Lucky Rachmawati, L. (2020). Persepsi Nasabah Tentang Implementasi Shariah Compliance dan Good Corporate Governance Terhadap Loyalitas Nasabah BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 44–53.
Mukminin, M. A., & Latifah, F. N. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terdahap Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Sidoarjo (The Influence of Brand Image and Trust on Sharia Bank Customer Loyalty in Sidoarjo). Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 4(1), 54. https://doi.org/10.21070/perisai.v4i1.525
Nanang Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder.
Noer, D. (2018). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening: Studi pada konsumen produk Buccheri di kota Kediri. http://etheses.uin- malang.ac.id/13770/
Nur rahma qadarwati, R. (2021). Pengaruh Relationship Marketing dan Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Melalui Aspek Sipakatau, Sipakalebbi dan Sipakainge (Studi Kasus Bank Muamalat Palopo).
Nuraina, N., & Santi Arafah, S. (2020). Loyalitas Nasabah Dan Kepuasan Nasabah Pada Pt . Bank Syariah Mandiri Kcp Medan. 735, 81–90.
Puteri Herlanies Susanto, S., & Iwan Kurniawan Subagja, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Pondok Gede Plaza. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 69–84.
Putri, R. A., & Sari, N. (2021). Pengaruh Merek Syariah, Pelayanan Syariah, Dan Kepatuhan Syariah Terhadap Citra Bank Syariah Di PT. Bank Syariah Mandiri Kota Sabang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 3(1),30–45. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKI/article/view/18502
Rahman, A., & Alfitrianti. (2022). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Bank Rakyat Indonesia Unit Muara Dua. Accounting, Accountability and Organization System (AAOS) Journal,3(2), 137–148.
Ramadhani, H. M., Rahmi, M., & Fathoni, M. A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1), 689–704.
Rauzana, R., Nasir, M., & Prihatin, N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Tata Kelola, dan Kepatuhan Syariah Dalam Preferensi Memilih Produk-Produk di Bank Syariah (Studi Pelaku UMKM …. … Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan …, 07, 39–50.
Retno Ayu Asroriyah, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Komiten dan Penanganan Konflik Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening.
Ria Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39
Riris Farah Diba, R. (2022). Pengaruh Pemasaran Relasional, Tanggung Jawab Sosial, Perusahaan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada KSPPS BMT Bahtera Pekalongan.
Rumiyati, & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Bauran Pemasaran , Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Era Covid-19. Insight Management Journal, 1(2), 32–42.
Sari Indriani, S. (2021). Pengaruh Sharia Compliance dan Emotional Attachment serta religiosty terhadap customer loyalty dengan sutomer satisfaction sebagai variabel mediasi.
Sari, W., & Wening, N. (2022). Analisis Kinerja Pelayanan , Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kangean. Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi (DINAMIKA), 2(1), 11–19.
Sarimuda. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Bca Jambi Dengan Kebahagiaan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 11(01), 132–146.
Septiani, D. D., & Rosanah. (2022). Strategi Customer Relationship Management ( CRM ) pada Event Organizer HOPS dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Siber, 1(6), 233–239.
Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Popolo Coffee. Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114–126.
Sheilli Sindi Sunda, S., Rudy S. Wenas, R., & Jane Grace Poluan, J. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Loyalitas Nasabah Produk Logam Mulia Pada Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. Jurnal EMBA, 10(1), 320–329.
Siregar, M. K. S. (2020). Pengaruh Citra Merk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 1(2), 111–118. https://doi.org/10.34012/jebim.v1i2.906
Sri Ismulyaty, S., Nurmaini, N., & May Roni, R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pengguna Internet Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia (Bsi Kalirejo). NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 8(1), 66–75. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.6117
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif.
Supriadi, S., & Ismawati, I. (2020). Implementasi Prinsip-Prinsip Perbankan Syariah Untuk Mempertahankan Loyalitas Nasabah. 3.
Sutiyem, S., & Tika Arinda Fitri, F. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ulak Karang Padang. Jurnal Pundi, 5(3), 351–360. https://doi.org/10.31575/jp.v5i3.371
Tibrani, T., Dini Anggraini, D., & Fannisa Carlyna Tamrin, T. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management, Nilai Nasabah, Kepercayaan Nasabah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Bank Bukopin Cabang Batam. E-Jurnal Manajemen, 8(ISSN), 1–12.
Yudiadari, N. K. P., & Agustina, M. D. P. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Unit Simpan – Pinjam Bumdes Dana Merta Desa Tangkup Kabupaten Karangasem. Widya Amrita, 1(1), 216–232. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1165
Zulkarnain, R., Taufik, H., & Ramdansyah, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening ((Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu‟amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 87–110. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/816
24SK2442050.00 | SK PBS 24.050 KHO p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain