SKRIPSI PBS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pembayaran Melalui M-Banking Syari'ah Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Boci Yammy
KPR merupakan salah satu barang yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan untuk membantu memiliki rumah. KPR adalah barang yang dikeluarkan oleh bank dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan rumah. Kepercayaan juga dapat diartikan sebagai keyakinan terhadap pihak lain, yang mana pihak lain mempercayai secara penuh terkait kewajibannya yang sesuai dengan harapan. literasi keuangan syariah adalah pemahaman dan kemampuan untuk menunjukkan pemahaman mengenai standar dan risiko, kompetensi untuk membuat pilihan yang kuat dalam konteks ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, karakter dan sosial, serta dapat berpartisipasi di dalam lingkungan masyarakat. kualitas layanan adalah suatu yang diberikan kepada lainnya dengan rasa manfaat. Harapan dan keinginan yang diterima nasabah disebut kualitas layanan
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan sampel dengan metode probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan SPSS 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan KPR dengan nilai beta 0,037 < 0,05. Literasi keuangan syariah tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembiayaan KPR dengan nilai beta 0,070 > 0,05. Kualitas layanan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan KPR dengan nilai beta 0,000 < 0,05. Dan terdapat pengaruh simultan dari variabel independen terhadap variabel dependen dengan diperoleh nilai f hitung > f tabel yaitu 37,141 > 2,467.
Kata Kunci: Kepercayaan, Literasi Keuangan Syariah, Kualitas Layanan, dan Keputusan Pembiayaan KPR
DAFTAR PUSTAKA
Adyaksa, A. L. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran, Religiusitas dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Produk KPR BANK BTN Syariah Wates. UIN Salatiga.
Afriansya Putera. (2022). Inovasi Pertanian. Ilmu Keperawatan Komunitas dan Keluarga.
Agung Widhi Kurniawan. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif.
Ajzen. (1991). The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes.
Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140.
https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73
Arlianto, L. (2023). Bank BTN Syariah Tegal. Www.Jatengprov.Go.Id.
Asrizam. (2019). Pengaruh Promosi, Pengetahuan Produk, Persepsi, dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Mengajukan Pembiayaan KPR di Bank Syariah Magelang. UIN Sunan Kalijaga.
Ayodya, D., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pengambilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).
Diponegoro University Journal Of Management, 4(3).
Bagus, F. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah (Studi Kasus Di Bank Syariah Mandiri Cabang Surabaya Sungkono. Brawijaya.
Cakhyaneu, A. (2018). Pengukuran Kinerja Bank Umum Syariah Di Indonesia Berdasarkan Sharia Maqashid Index (SMI). Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 1–12.
https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i2.3753
Candera, M., Afrilliana, N., & Ahdan, R. (2020). Peran Literasi Keuangan Syariah dalam memoderasi Pengaruh Demografi terhadap Minat Menabung Pada Perbankan Syariah. Jurnal Manajemen Motivasi, 16(1), 1. https://doi.org/10.29406/jmm.v16i1.2069
E.Amanda. (2017). Pengujian Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Antara Pengaruh Kepercayaan dan Atribut Produk Tabungan Batara IB Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Kantor Cabang Syariah Palembang). UIN Raden Fatah Palembang.
Fajaryanto, A. (2023). Wawancara BTN Syariah Tegal.
Fishbein, M., & Ajzen. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research, Reading. Addison Wesley.
G Thomas M Hult. (2011). Toward a theory of the boundary-spanning marketing organization and insights from 31 organization theories. Jurnal Acad Mark, S.Ci.
Glaser, Weber, & Hung. (2008). Literature Finance.
Heykal, M. (2014). Analisis Tingkat Pemahaman KPR Syariah pada Bank Syariah di Indonesia: Studi Pendahuluan. Binus Business Review, 5(2), 519. https://doi.org/10.21512/bbr.v5i2.1010
Hidayat, G., Faktor-faktor yang Mepengaruhi, A., & Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, G. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Permintaan Kpr Pada Bank Syariah Di Kabupaten Sumedang.
Hsieh, S.-W., Lu, C.-C., & Lu, Y.-H. (2018). A Study on the Relationship Among Brand Image, Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty – Taking ‘the Bao Wei Zhen Catering Team’ As an Empirical Study. KnE Social Sciences, 3(10). https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3512
Kesa, D. D. (2018). Cosumer Perception Toward Online Banking Services to Build Brand Loyalty: Evidence from Indonesia. KnE Social Sciences, 3(11), 1183. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.2839
Lubis, N. I. (2019). Peran Masyarakat Ekonomi Syariah (Mes) Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah Di Indonesia. Peran Masyarakat Ekonomi Syariah (Mes) Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah Di Indonesia, 1–90.
Lumanau, N. (2022). Perkembangan KPR Syariah. Beritasatu.Com.
Marcela Nasir dan Siswadi Sululing, S. (2015). Marcella dan Sululing: Penerapan Akuntansi Murabahah Terhadap Pembiayaan Kredit… Penerapan Akuntansi Murabahah Terhadap Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Luwuk. In Jurnal Akuntansi: Vol. XIX (Issue 01).
Meirani, W, L. (2022). Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Literasi Keuangan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di PT Bank Sumut Cabang Pematang Raya Simalungun.
Nofrital. (2021). “Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Melalui Digital Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah” (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP. Mojokerto).
IKHAC.
Novitasari, Q. D., & Hidayati, R. A. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, Suku Bunga, dan Promosi terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Pemilikan Rumah Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Gresik. JMM, 1(01).
Nurrohmah, R. F. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140–153. https://doi.org/10.32627/maps.v3i2.135
Octavia, Anggraini, 2020, Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Pemasaran Terhadap Pengambilan Kputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Mikro di Bank Wakaf Mikro Mawaridussalam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Pasaribu, L. N., & Purba, K. (2020). The influence of trust on the online purchase decisions with buying interest on the social networking site Instagram: case study of online shop users on Instagram.
Research, Society and Development, 9(10), e8669109119. https://doi.org/10.33448/rsd-v9i10.9119
Piramita, S., Hannan, S., & Purba, J. H. V. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kpr Non Subsidi Dengan Mediasi Persepsi Merek (Studi Pada Bank XYZ). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.7.2.487
Purnama Sari, W., Rosalina, D., & Ks, I. L. (2022). The Impact Of Premium Income On Asset Growth: A Case Of Indonesia Sharia Insurance. Accounting and Business Journal, 3(2).
Putri, B. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan, Citra Merek, dan Motivasi Terhadap Minat Generasi Z Menggunakan Pembiayaan KPR Bank Syariah Indonesia.
Qorizah, A., & Setiawan Prabowo, P. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil KPR Syariah Bank Jatim Syariah Surabaya. In Jurnal Ekonomi Islam (Vol. 2, Issue 2). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/
Rahayu, N. P. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Muslim dalam Memilih Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Melalui Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 70–90. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5914
Rahma, A. (2021). Sejarah Perbankan Syariah. Www.Kneks.Co.Id.
Rahmawati Deylla Handida. (2018). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Literasi Terhadap Pengambilan Keputusan Menggunakan Produk. Economia.
Ramadan, N., & Nasution, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung Pada Bank Tabungan Negara ( Btn Kc Syariah Medan ) (Vol. 3, Issue 3).
Rozi, A. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Dan Pemahaman Konsep Kpr Syariah Terhadap Minat Masyarakat Satui Menggunakan Produk KPR Syariah.
Schiffman, & Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Indeks.
Sohrabi, S., & Rahimi, P. (2021). Investigating the effect of customers’ education level on loyalty and trust (Case study: Alborz Province Export Bank). Propósitos y Representaciones, 9(SPE3).
https://doi.org/10.20511/pyr2021.v9nspe3.1150
Syahbudi, M., & Rasyid, A. A. (2019). Penanganan Pembiayaan KPR bermasalah PT Bank Syariah Bukopin KCS Parman Medan.
ULYA, R. Y. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas Dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Perbankan Syariah Iain Purwokerto Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah. UIN Purwokerto.
Wijaya, E., & Ariyani, P. M. (2018). Pengaruh Service Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional TBK Cabang A.Yani Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(2), 283–296. https://doi.org/10.31539/costing.v1i2.263 www.bankbtn.co.id. (n.d.). Bank Tabungan Negara. www.idxchannel.com. (n.d.). Perkembangan Bank Syariah di Indonesia.
Yulianto, A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Atau Jasa Lembaga Keuangan Syariah. https://Dspace.Uii.Ac.Id/.
Ziqni, D. F. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Minat Pengajuan KPR Syariah Di CIMB Niaga Syariah dengan Pengetahuan Produk sebagai Variabel Intervening
24SK2442049.00 | SK PBS 24.049 DEW p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain