SKRIPSI PBS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Tabungan IB Biman Di Bank Jateng Syariah Pekalongan
Koperasi Syariah Binama merupakan lembaga keuangan berbadan hukum koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah. Kinerja dalam hal ini untuk membuktikan bahwa pemasaran memiliki
kontribusi terhadap tingkat profitabilitas yang telah dicapai perusahaan. Saat ini banyak bisnis yang menggunakan teknologi digital marketing untuk menghubungkan kontak antara bisnis dan pelanggan (nasabah). Dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah hal tersebut akan berdampak positif bagi suatu bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing, kualitas pelayanan dan customer relationship terhadap kinerja pemasaran pada Koperasi Syariah Binama Batang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Berdasarkan populasi dari penelitian ini adalah nasabah pembiayaan dan simpanan Koperasi Syariah Binama Batang.Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan customer relationship memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran. Kemudian secara simultan, digital marketing, kualitas pelayanan dan customer relationship berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada Koperasi Syariah Binama Batang.
Kata kunci: Digital Marketing, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship, dan Kinerja Pemasaran.
DAFTAR PUSTAKA
Agung, A.A., & Yuesti, A. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Denpasar: AB Publisher.
Amir.dkk. (2020). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Terhadap Kinerja Pedagang Bunga Di Desa Sidomulyo, Kota Batu. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis(JEPA), 4(2): 382.
Andarini, Marwita. Laely, N. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Industri Makanan di Bakorwil II Jawa Timur. Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(2). 38.
Anggara, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi Pada UMKM Tas Kulit Di Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Anggraini, Neli. Sanjaya, Vicky F. (2021). Pengaruh Faktor Lingkungan dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM di Lampung Barat. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 07(02).
Bagasworo, W. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management dan Customer Experience Quality Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction (Studi Pada Konsumen di Tanamera Café Jakarta). Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan. 3(2).
Cesariana, Carmelia.dkk. (2021). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS), 3(1).
Chakti, Andi G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Celebes Media Perkasa.
Dasuki, Rima Elya. (2021). Manajemen Strategi : Kajian Teori Resource Based View. Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(3). 449-450.
Datareportal.com. (2022, Februari 15). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Dianti, Putri. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengobatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Selasih Kabupaten Pelalawan. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.
Dwi, D.R. (2019). Stabilitas Bank: Sebuah Pengujian Berdasarkan Teori Resource Based View. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, 10(2).
Ekasari, R. (2020). Model Efektivitas Dana Desa Untuk Menilai Kinerja Desa Melalui Pemberdayaan Ekonomi. AE Publishing.
Elondri. Yurasti.dkk. (2022). Kinerja Pemasaran Industri Kecil Menengah. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
Endah, Budiarti. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management, Kualitas Pelayanan, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran Pasar Rakyat Di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Untag. Surabaya. 190.
Elwisam., & Lestari, Rahayu. Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif.
Fahroji, Fajar. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pemasaran di Sambel Layah Corp Tegal. Skripsi. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.
Falah, A.F. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Digital Marketing, Religiusitas Terhadap Kinerja Pemasaran Saat Pandemi Covid-19. Skripsi, Sarjana Ekonomi UIN K.H. Abdurrahman Wahid. Pekalongan.
Febriyani, D., Mursidah, I. (2020). Ekonomi dan Perbankan Syariah Di Tengah Era Digital. Muamalatuna Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 12(2). 4.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Firmanda, A.F., & Lukiastuti, F. (2022). Analisis Peran Mediasi Kepuasan Nasabah Pada Hubungan Digital Marketing dan Brand Loyalty Pada Bank Jateng Cabang Wonosobo. Jurnal Among Makarti, 14(2).
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gumilang, Risa. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1). 10.
Hakim, M. M. (2018). Kajian Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem CRM di Perusahaan X Menggunakan Model Tam. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1). 114.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hartanty, I. (2013). Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Optimalisasi Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekobis, 14(2). 76.
Haryanto, A.T., & Dewi, S. (2020). Strategi Pengembangan Digital Marketing, Orientasi Ekuitas Merk, Marketing Intermediaris dan Kinerja Pemasaran di Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(02). 164. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1065
Hudha, N.,dkk. (2022). Keunggulan Bersaing Sebagai Mediator Antara Digital Marketing dan Kinerja Pemasaran (Survei Pada UKM Tenun Lurik di Desa Mlese, Cawas, Klaten). Economic, Business, Management, and Accounting Journal, XIX(1). 72.
Ikatan Bankir Indonesia (IBI). (2015). Strategi Bisnis Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kamanda, Shandrya V. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Pada Institut Agama Islam Abdullah Said Batam. Jurnal As- Said, 2(1). 2.
Kharisma, Bayu I. (2016). Implikasi Inovasi Produk, Orientasi Pasar, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Empirik Pada UMKM Berbasis Kuningan di Kecamatan Tapen Bondowoso). Skripsi, Sarjana Administrasi Bisnis. Universitas Jember. Jember.
Kurniawan, G. (2019). Analisis Kinerja Pemasaran Produk PT. Artois Pharma.
Jurnal MEBIS, 4(2). 121.
Kurniawan, Nicky. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Kabupaten Siak. Skripsi, Sarjana Ekonomi. Universitas Islam Riau. Pekanbaru. 22-24.
Lucyantoro, Bagas I., Rachmansyah, M.Rizaldy. (2017). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di My BCA Ciputra World Surabaya). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 5(1). 40.
Marbun, Dwita S. Simanjuntak, Mariana. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi-Bisnis. 18-22.
Mastura, Z. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah KPO Banda Aceh). Skripsi, Sarjana Ekonomi. UIN AR-Raniry. Banda Aceh.
Mehralian, M. M., & Khazaee, P. (2022). Effect of Digital Marketing on the Business Performance of MSMEs during the COVID-19 Pandemic: The Mediating Role of Customer Relationship Management. SSRN Electronic Journal. doi: https://doi.org/10.2139/ssrn.4195985
Natoen.dkk. (2018). Faktor-Faktor Demografi yang Berdampak terhadap Kepatuhan WP Badan (UMKM) di Kota Palembang. Jurnal Riset Terapan Akuntansi,2(2). 105-106.
Octavia, Ika. (2022). Implementasi Kinerja Pemasaran Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Nasabah Produk Rekening Tabungan Jamaah Haji. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(4). 500.
Prabowo, Adimas. Sukarno, Gendut. (2019). Kontribusi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Peran Keunggulan Bersaing. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1).
Puspitasari, R. (2007). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, VI(3). 333-334.
Rachmadi, Tri. (2020). The Power Of Digital Marketing. Tiga Ebook.
Rompis, J.E.,Mananeke, L., & Lintong, D. Ch. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Usaha Kerajinan Kayu di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro). Jurnal EMBA, 10(3).
Ramadhani.dkk. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar dan Marketing Digital Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19 di Pekanbaru. Economics,Accounting and Business Journal, 2(2): 351.
RT, Dita R. D. (2019). Stabilitas Bank: Sebuah Pengujian Berdasarkan Teori Resource Based View. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 12(2).
Saifuddin, M. (2013). Pengaruh Jenis Endorser dan Brand Name terhadap Sikap Atas Iklan, Sikap Atas Merk dan Niat Pembelian pada Produk High dan Low Involvement. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA), 23(3).
Saifuddin, M. (2020). Strategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi kasus pada unit bisnis kidpreneuer di Yayasan Al Madina Surabaya).
Sandri, S.H., & Hardilawati. (2019). Model Pemasaran Hubungan Pelanggan, Inovasi dan E-commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UKM di Pekanbaru. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 9(2).
Saputra, G., & Fadhilah. (2021). Strategi Pemasaran UMKM Sebagai Seller Pada
E-Marketplace (Studi pada Pelanggan Shopee di Indonesia). Jurnal Untirta 15(12).
Sidi, Agus P. Yogatama, Ahmad N. (2019). Peningkatan Kinerja Pemasaran Industri Kreatif Melalui Digital Marketing dan Intellectual Capital (Studi pada Industri Kreatif Berbasis Olahan Sampah dan Barang Bekas di Kota Malang). Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH). 42-43.
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2). 251. doi: https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057
Sugiono, A. (2018). Resources Based View In The Strategic Management Model Framework. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan. 3(3). 201.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, Ating. Perspektif The Resource Based View (RBV) Dalam Membangun Competitive Advantage. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(01). 77-78.
Sulistiyowati, W. (2018). Kualitas Layanan: Teori dan Aplikasinya. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Tanjung, Shinta,dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mitra yang Dimoderasi oleh Kepuasan Mitra melalui Kinerja Pemasaran Pada Kerja Sama Operasi (KSO) Laundry Medik. JIMMBA, 3(2). 263-269.
Tanoko, Hendro. (2010). Kontributor Kinerja Pemasaran Dari Aspek Reward, Individu dan Kreatifitas Strategi Pemasaran. Jurnal Dinamika Manajemen,1(2). 116.
Wardani, S. & Permatasari, R. (2022). Pengaruh Pengembangan Karier Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Staf Umum Bagian Pergudangan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Di Tangerang. Jurnal Ilmiah, 12(1). 23.
Warsela.dkk. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: PT. FIF Group). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2). 80.
Widarjono, Agus. (2018). Analisis Regresi dengan SPSS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Wulandari, E., & Murniawaty, I. (2019). Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Diferensiasi Produk dan Diferensiasi Citra Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran IKM Kopi di Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2). 70.
Yolandia, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Pembelian Pada TB Isna Tulungangung. Jurnal Riset Ekonomi, 1(5). 558.
24SK2442048.00 | SK PBS 24.048 LAL m | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain