SKRIPSI PBS
Pengaruh Kepercayaan, Literasi Keuangan Syariah, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Tegal)
Keputusan pembelian produk Boci Yummy biasanya terjadi karena adanya rekomendasi dari orang terdekat dan promosi produk di media social. Harga produk, diskon, dan penawaran khusus juga mempengaruhi keputusan pembelian. Konsumen akan mempertimbangkan nilai produk dan relevansinya dengan anggaran mereka. Tidak hanya itu, Kualitas produk dan reputasi merek berkontribusi pada keputusan pembelian. Konsumen cenderung memilih produk yang dianggap berkualitas tinggi dan berasal dari merek yang dipercayai. Faktor-faktor praktis seperti ketersediaan produk, kemudahan pembelian, kemudahan melakukan pembayaran, dan layanan pelanggan yang baik dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen Boci Yummy.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan, pembayaran melalui M-Banking Bank Syari’ah, dan strategi pemasaran syari’ah terhadap keputusan pembelian produk makanan Boci Yummy. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data data primer dan data skunder. Pada penelitian ini cara memperoleh data primer dengan membagikan kuisioner yang berisi pertanyaan kepada responden, yaitu konsumen produk makanan Boci Yummy. Data sekunder meliputi penelitian terdahulu, jurnal-jurnal dan data-data internet. Dalam menentukan jenis sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling, Pendekatan sampel jenuh yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini. Metode sampel jenuh ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel dalam proses pengambilan sampelnya yaitu 101 orang responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan ada pengaruh semua variabel bebas yaitu kualitas pelayanan, pembayaran melalui M-Banking syari’ah dan strategi pemasaran syari’ah berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan Boci Yummy.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pembayaran melalui Layanan M-Banking Syari’ah, Strategi Pemasaran Syari’ah, Keputusan Pembelian.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad LMH, F., Rachman S, A., Islam, N., Nurillah, S., & Ruminah, R. (2021). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Baby Crab. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(3), 94–99. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i3.12
Anastasia, M., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 431–444. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7773
Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia Di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266–278.
Apriyani, I. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.
Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98. https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9867
Arifin, M. Z., & Azhari, P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfamart Kota Palangka Raya. Jurnal Al-Qardh, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.23971/jaq.v2i2.832
Arwiedya, M. R. (2011). Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media Promosi, Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis., Vol. 3. No(April), pp-1-10.
Dwi, N. M. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01
Fernandes, H. P. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Teknik Pemodelan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Https://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/4768.
G/Tsadik, D., Berhane, Y., Worku, A., Luo, D., Cheng, Y., Zhang, H. H., Ba, M., Chen, P., Li, H., Chen, K., Sha, W., Zhang, C., Chen, H. H., Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ansar J, Dwinata I, M. A., Agus Triono, I. H., Fitriayani, Y., Wuni, C., Wolfe, D. T., … Haris, A. (2020).
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54–70. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1827
Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 144–151.
Isroul Khusna. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154.
Joesyiana, K. (2019). Penggunaan Media Online Shop dalam Bisnis pada Wirausaha Wanita (Studi Kasus pada Pebisnis Wanita Komunitas Shalihah Preneur melalui Pengelolaan Informasi dengan Media Sosial). Jurnal Valuta, 5(2), 65–80. https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/4611/2238
Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795
Kiswardhana, A., & Triputranto, B. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Customer Service Stasiun Kereta Api Bandung Daerah Operasi II). Jurnal Manajemen Bisnis, 1(1), 1– 9.
Kusumah, R, Z. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Waroeng Taman Singosari di Semarang. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, 73.
Muhimah, U. (2017). Akad As-Salam Dalam Jual Beli Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. 1–101. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1929/1/SKRIPSI%20UMUL%20
MUHIMAH%201289584.pdf
Mukti, A., & Aprianti, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee. Jurnal Bina Manajemen, 10(1), 229–246. https://doi.org/10.52859/jbm.v10i1.163
Nurdin, M. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Islami Terhadap Keputusan Pembelian Thrifting di Instagram pada Masyarakat Surabaya. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 1(2), 89–101.
Prasastono, N., & Pradapa, S. Y. F. (2012). Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken. Dinamika Kepariwisataan, 11(2), 13–23.
Prihartono, R. M. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 106–113. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1490064&val=12 596&title=Analisis Komparatif Pengukuran Kinerja Entitas Syariah Dengan Balance Scorecard Dan Maslahah Scorecard
Renaldi, W. (2021). Pengaruh Kegunaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking BNI Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57299
Salsabila, T. L., Rozza, S., Jakarta, P. N., & Siwabessy, J. P. G. A. (2022). Pengaruh Promosi Media Digital dan Word of Mouth terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Mobile Banking Syariah.
Sugiyono. (2010). metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-rnd-alfabeta-bandung-sujarweni-v-wiratna-2015-spss-untuk-penelitian. https://adoc.pub/sugiyono-2010-metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-rnd-a.html
Sumadi, S., Tho’in, M., Efendi, T. F., & Permatasari, D. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1117–1127. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2562
Sunarsasi & Hartono, N. R. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Blitar (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi). Jurnal Translitera, 9(1), 22–31.
Susilana, R. (2015). Modul Landasan Teori dan Hipotesis. Rudi, Hal, 14. https://adoc.pub/modul-5-landasan-teori-dan-hipotesis-oleh-rudi-susilana.html
Syifa, L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Mobile Banking terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah, 5–7.
Vellayati, T. (2014). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Toyota Auto 2000 Jl. Letjend Sutoyo No.25, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 11(1), 82763.
Widodo. (2018) Analisis Statistika Deskriptif pada Kepuasan Pengunjung Terminal Bus Purabaya. E-Jurnal Manajemen Universitas Islam Negri Semarang, 16–39.
https://ejournal.uinsuka.ac.id/adab/FIHRIS/article/download/1922/916
24SK2442046.00 | SK PBS 24.046 FIK p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain