SKRIPSI PBS
Pengaruh Shopping Lifestyle, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Dikabupaten Batang)
Indonesia merupakan negara yang paling banyak menyumbang 12,6% populasi Muslim global. Islam memiliki 23 persen dari populasi global sebagai penganutnya, yang merupakan jumlah yang signifikan. Potensi pasar umat Islam akan terus berkembang. Pasar berubah secara signifikan akibat pesatnya perkembangan produk kecantikan di Indonesia, khususnya kosmetik. Felicya Angelista, seorang aktris dan pengusaha muda, adalah pemilik perusahaan kosmetik Indonesia Scarlett. Penawaran termasuk body lotion, shower scrub, serum kecantikan, pembersih wajah, dan pelembab cukup lengkap. Pemasarannya cepat dan diterima dengan baik oleh semua demografis, memungkinkan penduduk Muslim di Batang memutuskan untuk membeli barang tersebut.
Peneliatian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di Batang. Teknik sampel yang dapat digunakan adalah dengan metode purposive sampling. Sehingga rumus yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah rumus lemeshow. Dari hasil yang diperoleh yaitu 96,4. Jadi peneliti membutuhkan 96 responden. Tetapi dalam penelitian ini peneliti membulatkan menjadi 100 responden yang memakai produk Scarllet di Kabupaten Batang untuk dijadikan sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kuisioner dan buku-buku yang relevan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukn bahwa Shopping Lifestyle, Kualitas Produk dan Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dapat diartikan bahwa variabel Shopping Lifestyle, Kualitas Produk dan Harga secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.
Kata kunci : Shopping Lifestyle, Kualitas Produk dan Harga dan Keputusan Pembelian.
DAFTAR PUSTAKA
Anas, K. (2020). Pengaruh Gaya Hidup ( Life Style ) dan Harga Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kantin Yuank Kota Bima. 1(2), 131–138.
Authors, & Gunawan, F. S. A. C. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. https://osf.io/preprints/inarxiv/npjqh/
Ayuniah, P. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal IEkonomi Bisnis, 22(3), 208–219.
Batang, K., Wahyudi, I., Hadi, S. P., & Dewi, R. S. (2022). Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Tombo Coffe DI Pendahuluan Kajian Teori. 11(2), 127–133.
Chabachib, M., & Abdurahman, M. I. (2020). Determinan Nilai Perusahaan denngan Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi.
Cindy Septia Pratiwi, A. P. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening. Relasi Jurnal Ekonomi, 18 NO 1, 197.
Darmawan, D., & Sutrisno, R. I. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–12.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Fauziyyah, A. N., & Oktafani, F. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.34010/jurisma.v8i1.994
Hursepuny, C. V., & Oktafani, F. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee_ID. E-Proceeding of Management, 5, (01)(1), 1041–1048.
Joan, V. (2022). Penguasa Brand Produk Kecantikan. Diunduh pada 9 April 2023, dari Compas. https://compas.co.id/article/penjualan-produk- kecantikan/
Khayah, B. Z., & Marpaung, N. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett
Whitening (Studi Kasus Daerah Cikarang Kabupaten Bekasi). Parameter, 7(1), 141–154. https://doi.org/10.37751/parameter.v7i1.194
Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla. Jurnal Mirai Managemnt, 6(1), 139–154. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai
Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 660–669.
Pasaribu, V. T., Yamani, A. Z., & Romadlon, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Shopping Lifestyle, dan Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Eiger). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 1133. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.709
Pertiwia, A. B., & Mahmudb, M. (2021). Membangun Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Ulang Produk Scarlett Whitening Melalui Harga, Celebrity Endorser, Dan Citra Merek. Jurnal Akuntasi Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1 No 1, 50.
Pratiwi, C. S., & Sidi, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening. Relasi : Jurnal Ekonomi, 18(1), 192–204. https://doi.org/10.31967/relasi.v18i1.531
Pura, M. P., & Madiawati, P. N. (2021). Pengaruh Promotion Mix Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Perilaku Konsumen Sebagai Variabel Intervening. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 4(2), 204. https://doi.org/10.35914/jemma.v4i2.752
Purwanto, E., Bachtiar, D., Septiani, K. M., Ridhwan, N., Deviny, J., Dahlan, K.
S. S., Susanto, D. A., & Marey, D. R. E. (2020). Technology Adoption A Conceptual Framework. In Yayasan Pendidikan Philadelphia. Diunduh 9
April 2023, dari http://link.springer.com/10.1007/978-3-030-50112-9_2
Rakhi, H. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik: Studi Kasus Kota Pontianak. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 21–38. https://doi.org/10.32678/ijei.v10i1.119
Robert Gain,Christian Herdinata, dan K. B. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 02 NO 2, 146.
Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022).
Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931
Saputri Sonia Aprilia, I. N. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk KosmetiK. 15, 67.
Sari Ismayana, N. H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Pixy (Studi Pada Konsumen Produk Lipstik Pixy Toserba Borma Cipadung). Jurnal Sain Manajemen Dan Akuntansi, X NO 2, 8.
Setiawan, S., & Mauluddi, H. A. (2019). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Halal Di Kota Bandung. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(2), 232–246. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i2.1849
Sonia Cipta Wahyurini, & Trianasari, N. (2020). Analisis Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Mitra Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i1.321
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D). Alfabeta Cv.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Umboh, Z., Mananeke, L., & Samadi, R. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Wanita di MTC Manado. Jurnal EMBA, 6(3), 1638–1647.
Utami, R. H. (2019). Analisis Pengaruh Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Berlabel Halal. BMAJ: Business Management Analysis Journal, 2(1), 68–77. https://doi.org/10.24176/bmaj.v2i1.3212
Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion , Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada E-Commerce Shopee. 2(April), 144–154.
Winata, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pulsa pada Kartu Simpati Telkomsel (Studi kasus pada mahasiswa STIM Sukma Medan). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2),
25–32. https://journals.synthesispublication.org/index.php/Ilman/article/view/200
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(15).
Yanthi, A. D., Hadi, P., & Astuti, M. (2020). Peran Korea Wave, Lifestyle Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Innisfree. Prosiding Biema, 1(1), 179–195.
24SK2442045.00 | SK PBS 24.045 FAD p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain