SKRIPSI PBS
Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Religiositas Terhadap Minat Masyarakat Mendaftar Arrum Haji Pada Pegadaian Syariah Cabang Pekalongan
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah perkembangan jumlah nasabah Arrum Haji pada pegadaian syariah Cabang Pekalongan pada tahun 2022 mengalami penurunan drastis dari tahun 2019. Oleh karena itu Pegadaian Syariah Cabang Pekalongan harus lebih aktif dalam mengembangkan usahanya dan membuat strategi bisnis untuk menarik minat masyarakat menggunakan produk Arrum Haji dengan melihat kondisi saat ini persaingan di industri jasa semakin ketat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel pada penelitian ini yakni variabel promosi, kualitas pelayanan, citra merek, religiositas dan minat masyarakat. Data dalam penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan teknik accidential sampling. Jumlah sampel yang digunakan 100 responden. Uji analisis yang di gunakan yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda , uji t, uji f dan uji determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat mendaftar Arrum haji sedangkan citra merek dan religiositas berpengaruh terhadap minat masyarakat mendaftar Arrum haji. Kemudian secara simultan, promosi, kualitas pelayanan, citra merek dan religiositas berpengaruh terhadap minat masyarakat mendaftar Arrum haji pada pegadaian syariah Cabang Pekalongan.
Kata Kunci : Promosi, Kualitas pelayanan, Citra merek, Religiositas dan Minat Masyarakat
DAFTAR PUSTAKA :
Di, M., Syariah, B., & Kota, I. (2021). MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KOTA MALANG (Studi pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Malang Soetta Eks BRI Syariah).
Fajar Fahrudin, M., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya.
Journal of Business & Banking, 5(1), 149. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i1.478
Fajrin, O., & Muamar, A. (2019). Strategi Pemasaran Pembiayaan Arrum Haji Dalam Meningkatakan Jumlah Nasabah di Unit Pegadaian Syariah (UPS) Cirebon Bisnis Center. TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law, 2(2), 163. https://doi.org/10.21043/tawazun.v2i2.6095
Guspia Ningsih, G. N., Dayyan, M., & Nurjanah, N. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia Di Pegadaian Syariah Langsa Barat. In Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i1.1297
Haerisma, A., Ahdi, M., & Adha, L. (2021). Pengaruh Fluktuasi Harga Emas Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Dalam Produk Cicil Emas Pada Pegadaian Syariah Pasar Baru Indramayu. Jurnal Ekonomi Rabbani, 1(2), 79–94. https://doi.org/10.53566/jer.v1i2.44
Hardana, A., Nasution, J., & Damisa, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. BSI Cabang Padangsidimpuan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi
Dan Perbankan Syariah, 7(2), 828–838. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index
Harisya, S. M., & Mochlasin, M. (2022). Peran moderasi halal lifestyle pada hubungan pengetahuan keuangan dan kepercayaan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Journal of Halal Industry Studies, 1(1), 32–44. https://doi.org/10.53088/jhis.v1i1.119
Hisanuddin, I. I. (2015). Pengaruh Citra Merek Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Di Kota Bandung). Scientica, 2(2), 87–100.
Jamaludin, N., & A’is, R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kemudahan Transaksi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Koperasi Syariah Bmt Bisma Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9(3). https://doi.org/10.35137/jmbk.v9i3.607
Khasanah, W. (2021). Peranan Remaja Masjid Ar-Rahman Dalam Pembentukan Karakter Remaja Yang Religius Di Desa Waekasar Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1. https://doi.org/10.33477/kjim.v2i1.2067
Lestari, N. E. P. (2020). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Waroeng Steak And Shake Cabang Margonda.
Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(2), 107–115. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/8321
Maghfirah, L., Nurdin, R., & Penulis, K. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Rahn pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(1), 109–126. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKI/article/view/13022
Mamonto, Tumbuan, & Rogi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 110–121.
Management, S. (2019).2. 10(9), 50–53.
Nasrul, & Salsabilah, A. (2017). Program Studi Ekonomi Islam. In Produk Dan Akad Baitul Mal Wa Tamwil (Vol. 2020, Issue September).
Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Raudhah, 05(02), 1–9. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/182
Nataly, L., & Lai Wie, A. Y. P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Pt Bank Mayapada Internasional Tbk Cabang Danau Sunter. Jurnal Bina Manajemen, 11(1), 313–327. https://doi.org/10.52859/jbm.v11i1.346
Novianti, A. D., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung dengan Variabel Moderating Persepsi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 116–122. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p116-122
Novita Devi Wulansari, & Sukaris Sukaris. (2021). Pengaruh Promosi, Prosedur Kredit, Tingkat Suku Bunga Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit Ultra Mikro Pada Perumda Bpr Bank Gresik. Jurnal
Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 33–41. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jaem/article/view/5
Nurdin, N., & Yusuf, K. (2020). Knowledge management lifecycle in Islamic bank: The case of syariah banks in Indonesia. International Journal of Knowledge Management Studies, 11(1), 59–80. https://doi.org/10.1504/IJKMS.2020.105073
Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 87–98.
Rahmawati, A. L., & Mutmainah, K. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN GADAI DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Kebondalem Magelang). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(2), 209–220. https://doi.org/10.32500/jebe.v1i2.1217
Richo Rianto, M., & Yoganingsih, T. (2020). Pengaruh Religiusitas, Pengaruh Sosial dan Dukungan Pemerintah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Mandiri - Bekasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 76–83.
Ripada, N. I. (1978). ANALISIS KEAMANAN DAN RISIKO INVESTASI EMAS DIGITAL TERHADAP MINAT INVESTASI : STUDI PADA PEGADAIAN DIGITAL. 7308, 101–107.
Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah.
Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307
Ruhaniah, N., Tanjung, H., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Implementasi Syariah terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i1.633
Rukmanasari, F. (2017). Pengaruh pengetahuan, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah menggunakan jasa Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Majapahit Semarang).
Sari, R. L., Mandey, S. L., & Soegoto, A. S. (2014). Citra Merek, Harga Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1222–1232.
Solihin, D. (2020). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Mowen, J. C., & Micheal, M. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Jurnal Mandiri, 4(1), 38–51.
Sulastri. (2015). Studi Kasus pada PT Bank Syariah Mandiri Kota Denpasar ).
Jurnal Kasus Pt Bank Syariah, 1(1), 1–119. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo/article/download/13425/10148
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Veronica, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45
Winda, & Sofyan, A. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Religiussitas Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia KCP Sidrap. Ekonomi Islam, 1, 17–44.
Zainurossalamia, S. (n.d.). Manajemen Pemasaran Teori Strategi.
Zulkarnain, R., Taufik, H., & Ramdansyah, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening ((Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 87– 110. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/816
24SK2442037.00 | SK PBS 24.037 NOR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain