SKRIPSI PBS
Determinan Keputusan Nasabah Memilih PT.Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Pekalongan Pemuda
Bank Syariah tak lepas dari nasabah yang menjadi peran penting dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bagi seseorang dalam memutuskan untuk menjadi nasabah di suatu bank. Hal ini menjadi penting untuk diketahui agar loyalitas nasabah yang telah ada, dan kesuksesan yang selama ini diraih dapat tetap dipertahankan dan kedepannya untuk selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu sehingga dapat terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih jasa perbankan syariah. Faktor-faktor tersebut yaitu psikologis, sosial, dan budaya.
Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dimana variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Psikologis, Sosial, Budaya, dan Keputusan Nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BSI di BSI KC Pekalongan Pemuda dengan sampel sebanyak 96 responden. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner. Dan metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan bantuan spss 29.0.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara parsial pada kedua variabel bebas yang digunakan, yakni variabel sosial dan budaya terhadap Keputusan Nasabah, sedangkan variabel psikologis tidak berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah. Kemudian secara simultan, psikologis, sosial, dan budaya berpengaruh terhadap keputusan nasabah di BSI KC Pekalongan Pemuda. Diharapkan dari temuan penelitian ini, Bank Syariah Indonesia KC Pekalongan Pemuda dapat mempertahankan variabel sosial dan budaya yang merupakan faktor paling dominan dalam mempengaruhi keputusan nasabah memilih BSI KC Pekalongan Pemuda.
Kata Kunci: Psikologis, Sosial, Budaya, Keputusan Nasabah
DAFTAR PUSTAKA
Amini, A. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh. UIN Ar-Rainiry Banda Aceh.
Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Lembaga Keuangan Dan Perbankan.
Ariyaingsih, P. (2021). Pengaruh Interaksi Sosial Budaya Dan Pemahaman Tentang Riba Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah. Jurnal Bilal Bisnis Ekonomi Halal, Vol 2.
Atin Yulaifah. (2011). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Dermawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif.
Erni Yusnita. (2022). Wawancara Peningkatan Nasabah BSI KC Pekalongan Pemuda.
Ferdiani, F. (2022). Analisis Pengaruh Customer Relationship Management dan Marketing Digital terhadap Loyalitas Nasabah BPRS Gebu Prima Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 02(01), 1–15.
Hamdi Agustin. (2021). Teori Bank Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2, No. 1: 67-83.
Haryanto, R. (2020a). Manajemen Pemasaran Bank Syariah(Teori & Praktik) (A. Wafi (ed.)).
Haryanto, R. (2020b). Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teori dan Praktik) (A. Wafi (ed.); November).
Hidayat. (2013). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Salemba Medika.
Ikit. (2018). Manajemen Dana Bank Syariah (I). Gava Media.
Kotler dan Amstrong. (2003). Dasar-dasar Pemasaran (Edisi 9). PT. Indeks Gramedia.
Kotler Philip dan Keller Kevin Lane. (2012). Manajemen Pemasaran (Jilid 2). Erlangga.
Leon Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. PT. Indeks.
Listyarti, I. (2019). Pengambilan Keputusan Investasi Investor di Pasar Modal Indonesia ditinjau dari Teori Reasoned Action. Journal of Business & Banking, 7(2), 237–250. https://doi.org/10.14414/jbb.v7i2.1461
Luthfiatul Alfiah. (2019). Pengaruh Faktor Pribadi Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah Di Kecamatan Ngaliyan. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Mahfudl, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BMT Mandiri Sejahtera. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 136.
Mahyarni. (2013). Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1), 13–23.
Muri, Y. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, & penelitian gabungan (1st ed.). Prenemedia Group.
Nasution, D. (2021). Pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah. IAIN Padangsidimpuan.
Natoen, A., AR, S., Setiawan, I., & Periansya. (2018). Faktor-faktor demografi yang berdampak terhadap kepatuhan WP badan (UMKM) di kota Palembang. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 2(2), 101–115.
Nikmatur, R. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 63.
Nuril, S. dan. (2015). Analisis Faktor Sosial Budaya dan Psikologis yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan pada Warung Mikro (Studi pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 3.
Philip Kotler dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedu). PT. Indeks.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Purboyo. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual & Praktis).
Rahmawati, I. (2019). Analisis Pengaruh Customer Relationship Marketing Dan Keunggulan Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Pendanaa. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi.
Rembet, V. N. . M. L. L. S. S. (2020). Pengaruh Service Performance, Kepercayaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sulutgo Cabang Beo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 332–343.
Rima Kusuma Syamsiar Inaz. (2014). Peranan Sistem Informasi Pemasaran Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Bagi Manajer Pada Pt Bank Bni Syariah Kantor Cabang Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Sandu, S., & Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); 1st ed.). Literasi Media Publishing.
Sharvina, S. (2019). Pengaruh Sosial, Budaya, dan Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah (Studi Pada BNI Syariah Cabang Banda Aceh).
Siti, kasmadi dan sunariah nia. (2016). panduan modern penelitian kuantitatif. Alfabeta.
Slamet Riyanto. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublsh.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan, Research and Development untuk bidang: Pendididkan, Manajemen, Sosial, Teknik. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitati (Alfabeta (ed.)).
Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. CAPS.
Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Berganda. Universitas Udayana, 18.
Zein, S., Yasyifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2019). Pengolaah Dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 1–7.
24SK2442024.00 | SK PBS 24.024 MAS d | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain