SKRIPSI PBS
Pengaruh Diferensiasi Produk, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Pemilikan Rumah (Studi Kasus Di Perumahan Rish Residence Kedungwuni Pekalongan)
Rumah merupakan kebutuhan primer bagi manusia sebagai tempat tinggal dan menetap. Sebagai kebutuhan primer manusia maka rumah menjadi banyak diminati orang terutama bagi mereka yang baru berumah tangga atau mereka yang memiliki tujuan untuk investasi. Dengan semakin sempitnya lahan perumahan dan semakin meningkatkan minat masyarakat memiliki rumah menyebabkan harga rumah kian hari semakin meningkat yang melambung tinggi. Para developer perumahan menyadari betul kebutuhan ini, sehingga berusaha untuk melakukan strategi penawaran rumah secara variasi baik dari luas tanah dan variasi bangunan serta harga.
Jenis Penelitian ini menggunakan Pengumpulan pada penelitian ini, dengan system peneliti langsung datang langsung ke lokasi penelitian pada Bank BTN Syariah guna mencari informasi mengenai data yang jelas dibutuhkan oleh penelitian dengan melakukan berbagai wawancara dengan narasumber yang dibutuhkan. Populasi dalam penelitian ini ialah nasabah yang mengambil perumahan Subsidi yaitu salah satu perumahan nya Rish Residence di Salakbrojo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunaakan Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner yang disebar secara langsung. Alat analisis pada penelitian ini ialah analisis linier berganda.
Hasil penelitian Ini menunjukan bahwa Kualitas Produk, dan Sikap Konsumen berpengaruh signifikan, berbeda dengan variable Diferensiasi Produk dan Kualitas Layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengambilan pada Nasabah yang mengambil KPR melalui Bank BTN Syariah Pekalongan. 4 variabel menunjukan bahwa diferensiasi produk, kualitas produk, kualitas layanan dan sikap konsumen terhadap keputusan pengambilan KPR.
Kata Kunci : Diferensiasi Produk, Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Sikap Konsumen
DAFTAR PUSTAKA
Adila, S. N., & Aziz, N. (2019). pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli pada konsumen restoran KFC cabang khatib sumatera padang.
Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458
Alanshari, F., & Marlius, D. (2018). Prosedur Pemberian Kredit KPR Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pembantu Bukittinggi. Akademi Keuangan Dan Perbankan Padang, 2014, 1–11.
Astuti, E. P., Masyhuri, M., & Mulyo, J. H. (2019). Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan terhadap Sayuran Organik. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(1), 183–194.
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.18
Ayodya, D., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pengambilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Jurnal Manajemen, 4(3), 1–11.
Chrisna, H., Karin, A., & Azwar, H. (2020). Analisis Sistem Dan Prosedur Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Dengan Akad Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 11(1), 1–11.
https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/966%0Ahttps://journal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/download/966/908
diwyarthi made santi desak at all. (2022). PERILAKU KONSUMEN. PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Diwyarthi Made Santi Ni Desak, Tamara Yona Selvi, Anggarawati Sari, Trinanda Okki, Gemilang Arye Fhajri, Sulaeman Muklis.Moh, Sarjana Sri, Utama Putra satria, Mulyana Mumuh, Verawaty, Butarbutar
Jhon Anderson Dicky, Hadawiah, A Umar Muhammad, Lestari Inda, A. S. A. F. (2022). Perilaku Konsumen (M. S. Mila Sari, S.ST (ed.)). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Djaelani, M., & Darmawan, D. (2021). Analisis Persepsi Kualitas Layanan Kapal Feri Penyeberangan Ujung-Kamal. Journal of …, 2(1), 22–25. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?
article=2820933&val=25256&title=Analisis Persepsi Kualitas Layanan Kapal Feri Penyeberangan Ujung-Kamal
Dr. Setiadi, Nugroho J, S.E., M. . (2008). PERILAKU KONSUMEN. kencana pernada media gruop.
Dr. Setiadi, Nugroho J, S.E., M. . (2010). PERILAKU KONSUMEN PERSPEKTIF KONTEMPORER PADA MOTIF, TUJUAN DAN KEINGINAN KONSUMEN. kencana pernada media gruop.
Dr.H. Arifin Zaenal, SH, Mk. (2022). Kontruksi Hukum Jaminan Syariah. cv. adanu abimata.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title.
Febi, F., Astuti, Y., Zulkarnain, M., & Mukarramah. (2019). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasuke Cikarasa Langsa. Jurnal Investasi Islam, 4(2), 141–152.
https://doi.org/10.32505/jii.v4i2.1371
Hardani, Auliya, N.H., Andriani, H., ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. j., & istiqomah, R. R. (2020). metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.
Herutomo Agung. (2010). Rahasia KPR yang disembunyikan para bankir. PT Elex Media Komputindo.
Juliasty Sari, S. . (2009). Cerdas Mendapatkan dan Mengelola Modal Usaha (A. Rama (ed.)). PT (persero) Percetakan dan Penertiban.
Kotler, P. & Kelller, K. . (2012). Marketing Manajemen (United sta).
Lores, L., & Siregar, R. (2019). Biaya Kualitas, Produktivitas Dan Kualitas Produk : Sebuah Kajian Literatur. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 5(2), 94.
https://doi.org/10.31289/jab.v5i2.2577
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen pemasaran jasa (Edisi ke S (ed.)). salemba empat.
Moleng, L. J. (2017). metode penelitian kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.
Musfirah, S.Pd., M.Pd., Burhan Imron, S.Pd., M.Pd., Afifah Nurul, S.E., M.Ak., Sari Nirmala Sri, S.E., M. S. (2022). metode penelitian kuantitatif (syalina putri latifah (ed.)). tim ICM.
Nanda, S., Azhar, I., & Rosa, D. (2022). DETERMINAN KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT ( Studi Kasus pada Nasabah KPR Subsidi Bank Aceh Syariah Cabang Langsa ). 3, 243–253.
Niken Nanincova. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.
Novitasari, Q. D., & Hidayati, R. A. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, Suku Bunga, dan Promosi terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Pemilikan Rumah Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Gresik. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 1(01), 25. https://doi.org/10.30587/mahasiswamanajemen.v1i01.1229
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV(2), 60–69.
Nurul Kumala, F. O., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Pt.Hasanah Mulia Investama. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 26–39.
https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p26-39
Prof. Dr. Taniredja Tukiran, Mustafidah Hidayati, S. Si., M. K. (2012). Penelitian Kuantitatif (alafbeta (ed.)). alfabeta cv.
Putri, Y., & Martana, I. K. (2021). Prosedur Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Griya pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Mayestik Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 63–68.
http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/382/203
Putro, Shandy Widjoyo., et al. (2014). Pengaruh Kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen restoran happy garden surabaya. Menajemen Pemasaran, 2, 3.
Rochman, A., Triasih, D., & Abib, A. S. (2019). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Transaksi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Di Bank Tabungan Negara Syariah (BTN Syariah) Semarang. Hukum Dan Masyarakat Madani, 7(3), 167. https://doi.org/10.26623/humani.v7i3.1425
Saktiana, N., & Miftahuddin, M. A. (2021). Pengaruh Sikap Konsumen, Persepsi Harga Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal (Studi pada Konsumen Pengguna Kosmetik Berlabel Halal di Purwokerto). Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(1), 45. https://doi.org/10.30595/jmbt.v1i1.10405
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.
Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.
http://journal.feb.unmul.ac.id
Simamora, F. N. (2018). Analisa Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Garuda Sibolga. 1, 68–79.
Siregar Tua Robert, rahmadana fitri Muhamad, Nainggola pruba Lora E bonaraja, Sudarmanto Eko, Basmar Nainggolan Edwin Pinondang, S. V. (2021). Ekonomi Industri.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif , kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Thungasal, C., & Siagian, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Kasuari. Agora, 7(1), 287133.
Triyoko, T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Kedai Yoko. Jurnal Daya Saing, 8(1), 56–61.
https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i1.818
Wulandari, E., & Murniawaty, I. (2019). Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Diferensiasi Produk Dan Diferensiasi Citra Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Ikm Kopi Di Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 69–77. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.69-77
Wulannata, A. I. (2017). Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia,. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 133–144.
Xian, Gou Li, dkk. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
24SK2442019.00 | SK PBS 24.019 REN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain