SKRIPSI PBS
Pengaruh Pemahaman Riba, Pengetahuan Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2019-2020)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemahaman Mengenai Riba, Pengetahuan Produk serta Kualitas Pelayanan terhadap Minat Mahasiswa Perbankan Syariah Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisoner sebanyak 75 orang kepada mahasiswa melalui teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS 20.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Pemahaman Mengenai Riba, Pengetahuan Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah. Kemudian secara simultan, Pemahaman Mengenai Riba, Pengetahuan Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah.
Kata Kunci: Pemahaman Riba, Pengetahuan Produk, Kualitas Pelayanan, Minat Menjadi Nasabah.
DAFTAR PUSTAKA
Ambarwati, I. (2020a). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pemahaman Pengetahuan Produk Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Mini Iain Ponorogo [Skripsi]. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Ambarwati, I. (2020b). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemahaman Pengetahuan Produk Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Mini Iain Ponorogo [Skripsi]. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Assegaf, A. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Kepercayaanmasyarakat Jakarta Terhadap Minat Menabung pada Bank Syariah Indonesia [Skripsi]. Jurusan Akuntansi. Politeknik Negeri Jakarta.
Buhari, A. Ta. (2020). Bank dan Riba: Implikasinya dalam Ekonomi Islam. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 127–136.
Echdar, S. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Penerbit Ghalia Indonesia.
Fitriyah, N. I. (2020). Pengaruh Persepsi, Lokasi, Promosi Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah (Studi Empiris Pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung) [Skripsi]. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. UIN Satu Tulungagung.
Hadi, S. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Akuntansi dan Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia, 365–383.
Haida, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syari’ah Indonesia. JURNAL AL-HISBAH, 3(1), 66–77.
Hasanah, F. (2019). Pengaruh tingkat religiusitas, pengetahuan, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap preferensi menabung mahasiswa universitas muhammadiyah Palembang pada bank syariah. Balance: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485–495.
Hasna, F. A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang) [Skripsi]. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Ismail. (2011). Perbankan Syariah Edisi Pertama. Kencana Prenadamedia Group.
Kayati, N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa Tentang Hukum Dan Produk Perbankan Syariah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Perbankan Syariah [Skripsi]. Jurusan Muamalah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Kholila, S. (2018). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba Dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Muamalat Kc Surabaya – Mas Mansyur [Skripsi].
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Maharani, R., Supriyanto, T., & Rahmi, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada BSI EX BSM). Jurnal Syarikah, 7(2), 127–136.
Maulana, A. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Dengan Persepsi Generasi Milenial Sebagai Variabel Moderating. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nasution, M. R. (2021). Pengaruh Pengetahuan Tentang Riba Dan Produk Perbankan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara Menjadi Nasabah Bank Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Nisa, A. K. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan E-Banking Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Pamuji, N. W. D. (2020). Pengaruh Religiusitas, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Perbankan Syariah (Study Kasus Pada Mahasiswa IAIN Tulungagung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2016) [Skripsi]. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Tulungagun.
Putri, S., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Pengaruh Produk, Pelayanan dan Motivasi Menghindari Riba Terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah. El Mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 30–43.
Rahmayani, H., Zuhirsyan, M., & Wathan, H. (2021). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba Dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah Pada Pt Bank Sumut Syariah Cabang Medan. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 153–162.
Ramadham, R. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Tabungan Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah [Skripsi]. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Riyadi, Y. A. (2020). Pengaruh Promosi, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Cabang Palu [Skripsi]. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.
Saadah, A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Prinsip-prinsip Syariah Terhadap Minat Memilih Bank Syariah. Maslahah, 9(2), 43–53.
Sahar, Z. A., Miftah, A., & Refky, F. (2021). Pengaruh Pemahaman Tentang Riba, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Menabung Pada Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Di Kelurahan Kenali Besar). [Skripsi]. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Solihatun, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Pengguna Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus pada Siswa Perbankan Syariah SMK Taq Sadamiyyah) [Skripsi]. Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Nahdlatul Ulama.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian-Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Suryani, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Emas Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Setia Budi Medan [Skripsi]. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Susilowati, E., Alifah, S. A. N., & Susanti, E. M. (2021). Pengaruh Hasil Produk Bank Syariah Ditinjau Dari Minat Para Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 1(1), 73–80.
Wijaya, T. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis: Teori Dan Praktik. Graha Ilmu.
Wijayati, E. Y. (2019). Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo [Skripsi]. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Winda, & Sofyan, A. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah Indonesia KCP.Sidrap. AT TAWAZUN, 1(3).
Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Lingkungan Sosial, Emosional Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah Febi Iain Tulungagung) [Skripsi]. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. UIN Satu Tulungagung.
24SK2442018.00 | SK PBS 24.018 EKA p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain