SKRIPSI PBS
Analisis Penerapan Digital Marketing Dalam Penjualan Logam Mulia Antam Di Gerai Dinar Pekalongan
Penelitian di latar belakangi adanya kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat. Sehingga membuat Gerai Dinar Pekalongan melakukan sebuah inovasi mengenai pemanfaat teknologi sebagai salah satu media penjualan, dengan mengembangkan konten secara kreatif dan inovatif yang berisikan mulai dari informasi hingga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai logam mulia antam melalui berbagai sosial media yang dimiliki oleh Gerai Dinar Pekalongan dengan harapan dapat memberikan ketertarikan kepada masyarkat sehingga memberikan dampak dalam penjualan logam mulia antam melalui digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan digital marketing dalam penjualan logam mulia antam di Gerai Dinar Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penedekatan lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam mendapatkan sumber data melalui sumber data primer yang meliput proses wawancara dan observasi. Sumber data yang kedua yaitu data akhir ini. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawacara, observasi dan dokumentasi.
Hasil analisis penerapan digital marketing pada penjualan logam mulia antam di Gerai Dinar Pekalongan, memberikan dampak pada penjualan logam mulia seperti kemudahan dalam mengakses pembelian hanya melalui website dan bisa mendapatkan informasi melalui berbagai media sosial Gerai Dinar Pekalongan. Dan respon anggota terhadap digital marketing Gerai Dinar Pekalongan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat.
Kata kunci : Digital Marketing, Penjualan, Logam Mulia Antam.
DAFTAR PUSTAKA
Albi, A., & Johan, S. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Alvanco Johnson. (2014). Practical Communication Skill Sistem komunikasi model umum dan HORENSO untuk sukses dalam bisnis, organisasi, dan kehidupan. PT Elex Media Komputindo.
Andi, N. E. (2015). Analisis Sistem Penjualan Angsuran Logam Mulia Dan Pengaruhnya Terhadap Laba Pada PT Pegadaian (PERSERO) Cabang Mariso Makassar.
Ardi. (2023, Februari 22). Analisis Penerapan Digital Marketing Dalam Penjualan Logam Mulia Antam Di Gerai Dinar Pekalongan. (Hafizhah Falihanda, Interviewer)
Arini. (2023, Maret 25). Analisis Penerapan Digital Marketing Dalam Penjualan Logam Mulia Antam Di Gerai Dinar Pekalongan. (Hafizhah Falihanda, Interviewer)
Anis, F. (2015). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Graha Ilmu.
Didik, G. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing (Nursaimatussaddiyah (ed.)). PT Inovasi Pratama Internasional.
Didik, G., Aiga, D. P., Yenni, A., & Bobby, H. (2022). Keputusan Pembelian Skincare Safi Berbasis Media Marketing (Nursaimatussaddiya (ed.)). PT Inovasi Pratama Internasional.
Dewi Shinta (2023, Maret 30). Analisis Penerapan Digital Marketing Dalam Penjualan Logam Mulia Antam Di Gerai Dinar Pekalongan. (Hafizhah Falihanda, Interviewer)
Dra, Z., Dr, N., & Safaruddin, M. pd. (2019). Penulisan Karya Ilmiah. KENCANA.
Dunan, H., Antoni, M. R., Redaputri, A. P., & Jayasinga, H. I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 17(2), 167–185.
Enterprise, J. (2010). Panduan Memilih Koneksi Internet untuk Pemula. In Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010), h.2. PT Alex Media Komputindo.
Esty, A. S. (2018). Asesmen Teknik Tes dan Non Tes. CV IRDH.
Eva Yusnita. (2016). Dari Komunal ke Individual. PT Rajagrafindo Persaja.
Evy Sofyani. (2023, Maret 31). Analisis Penerapan Digital Marketing Dalam Penjualan Logam Mulia Antam Di Gerai Dinar Pekalongan. (Hafizhah Falihanda, Interviewer)
Fandi, R. (2016). Teori Wawancara psikodiagnostik. PT Leutika Nouvalitera.
Gunawan, H. A. (2012). Pengakuan, Pengukuran, Dan Pengungkapan Intellectual Capital Terhadap Penilaian Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(4), 49–55.
Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 144–151.
Haryono, G. C. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi (Esti Restiani Dewi (ed.)). CV Jejak.
Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store. Marketing, 149.
Hidayatullah, M. F. (2020). Zahra Florist Di Desa Paleran Umbulsari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam November 2020 Volume Penjualan Tanaman Hias Pada Pengecer.
Hidayati Hasina. (2023, Maret 20). Analisis Penerapan Digital Marketing Dalam Penjualan Logam Mulia Antam Di Gerai Dinar Pekalongan. (Hafizhah Falihanda, Interviewer)
Ika. (2023, Maret 28). Analisis Penerapan Digital Marketing Dalam Penjualan Logam Mulia Antam Di Gerai Dinar Pekalongan. (Hafizhah Falihanda, Interviewer)
Ira Promasanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, & Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128.
Izzul Fikri Muhammad. (2020). Analisis Penerapan Strategi Digital MArketing Pada Toko Mutiara Hijab Salatiga Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mutiara Hijab Salatiga). Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154.
Johan, S., & Albi, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (D. L. Ella (ed.)). CV Jejak.
Juandi Marta. (2021). Skripsi Strategi Pemasaran Digital Marketing Melalui Social Media Dalam Meningkatkan Penjualan Usaha Buket Di Kelurahan Tuah Karya Menurut Ekonomi Syariah. 26(2), 173–180.
Khuzam. (2023, Maret 9). Analisis Penerapan Digital Marketing Dalam Penjualan Logam Mulia Antam Di Gerai Dinar Pekalongan. (Hafizhah Falihanda, Interviewer)
Made, A., Nyoman, K. Y., & Desak, K. S. (2021). Perilaku Kerja Inovatif, Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan : Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian. Media Sains Indonesia.
Mardani. (2014). Hukum Bisnis Syariah. Prenadamedia.
Mardani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. CV Budi Utama.
Mardiansyah, W. (2020). ( Persero ) Syariah Unit Semangka.
Maya, K. (2019). Strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan buku penerbit erlangga di kota palangka raya. In Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Meysie, A., Muhammad, I., & Nora, S. (2021). Cerita Rakyat Desa Muara Gula Lama Sebagai Sumber Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Kelas V Sekolah Dasar Negeri 9 Ujan Mas (Andriyanto (ed.)). Penerbit Lakeisha.
Nidaul, H. (2022). Peran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada UMKM di Kota Banda Aceh). הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Pratiwi, nuning. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.
Rachmawati Fitri. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Photosynthetica, 2(1), 1–13.
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.
Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. Komversal : Jurnal Komunikasi Universal, 6, 28–50.
Ridwan, S., & Josua, T. (2009). Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo.
Sabila Nur. (2019). Pengantar Belajar Digital Marketing. STEKOM.
Sangkot Salamah. (2017). Strategi Digital Marketing PT Wahana Mitra Wisata (Wahana Haji dan Umrah). Skripsi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Triyono, L., Yudantoro, T. R., Sukamto, S., & Hestiningsih, I. (2021). Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Toko Oleh-Oleh Danisa. Jurnal Hilirisasi Technology Kepada Masyarakat (SITECHMAS), 1(1).
Wahyuni. (2019). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT Hadji Kalla Cabang Gowa. Αγαη, 8(5), 55.
24SK2442017.00 | SK PBS 24.017 HAF a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain