SKRIPSI PBS
Pengaruh Tingkat Pendapatan, Invasi Produk dan Tingkat Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Masyarakat di KSPPS Anugerah Cabang Randongkal Kabupaten Pemalang (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang
Perkembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) di Indonesia mengalami kemajuan yang cukup signifikan, walaupun demikian eksistensinya masih belum menyamai perkembangan lembaga keuangan konvensional. Ini dibuktikan dengan masih banyaknya masyarakat yang belum mengenal Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Minat nasabah untuk menabung di Lembaga Keuangan Mikro Syariah dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal maupun internal, termasuk dari dorongan dari dalam diri calon nasabah maupun pengaruh dari lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendapatan, inovasi produk dan tingkat bagi hasil terhadap minat menabung masyarakat di KSPPS Anugerah Cabang Randudongkal.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan masyarakat Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel tingkat pendapatan secara parsial berpengaruh positif terhadap minat menabung. Variabel inovasi produk secara parsial berpengaruh positif terhadap minat menabung. Variabel tingkat bagi hasil berpengaruh positif terhadap minat menabung. Kemudian secara simultan variabel tingkat pendapatan, inovasi produk dan tingkat bagi hasil berpengaruh positif terhadap minat menabung.
Kata kunci: Tingkat Pendapatan, Inovasi Produk, Tingkat Bagi Hasil, dan Minat Menabung.
DAFTAR PUSTAKA
Alinda, R. P. N., & Riduwan, A. (2016). Pengaruh Tingkat Suku Bunga Bank Dan Nisbah Bagi Dekrit Pada Deposito Mudharabah. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi.
Andespa, R. (2017). Kausa-Kausa Yang Mempengaruhi Afinitas Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan.
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Gema Insani.
Arifianto, M. Y. (2020). Pengaruh Promosi dan Persepsi Taksir Terhadap Afinitas Menabung Di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. UIN Salatiga.
Ayunda. (2020). Inovasi Produk: Pengertian, Matlamat, Fungsi dan Utilitasnya dalam Pengembangan Bisnis. Blog Gramedia Digital.
Fauzi, M. (2009). Metode Tafahus Kuantitatif. Walisongo Press.
Febrian, W. D. (2018). Analisis Rekognisi Masyarakat Dan Bagi Dekrit (Mudharabah) Terhadap Afinitas Masyarakat Menabung Pada PT. Bank Muamalat Indonesia TBK Cabang Pekanbaru. Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah.
Firdaus, S. A. (2017). Peran Inovasi Produk dan Layanan Dalam Melonggokkankan Daya Tarik NasabahMenabung di BMT Mu’allimin. Jurnal Ekonomi Islam.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 19.
Giri, P. C., & Dewi, M. H. U. (2017). Analisis Kausa-Kausa Yang Mempengaruhi Rekognisi Driver GO-Jek Di Kota Denpasar Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan.
Hidayat, F. (2016). Alternative Sistem Pengawasan Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Dalam Mewujudkan Syariah Compliance. Jurnal Mahkamah.
Kartiko, A. (2019). Konsep Bagi Dekrit Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Islam.
Ma’rifah, I. (2017). Pengaruh Tingkat Bagi Dekrit dan Promosi Terhadap Afinitas Masyarakat Dalam Memilih Tabungan Berjangka Mudharabah Pada PT. BPRS Dana Amanah Surakarta (Studi Kasus Kelurahan Laweyan). Skripsi. IAIN Salatiga.
Maisur, Arfan, M., & Shabri, M. (2015). Pengaruh Prinsip Bagi Dekrit, Tingkat Rekognisi, Religiusitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah Di Banda Aceh.
Jurnal Administrasi Akuntansi.
Mankiw, N. G. (2003). Pengantar Ekonomi Jilid 2. Erlangga.
Misbahuddi, & Hasan, I. (2013). Analisis Advis Tafahus dengan Statistik. Bumi Aksara.
Mutmainah, N. (2018). Analisis Usaha Tani Perikanan Nelayan Patorani. Inti Mediatama.
Nalim, Y., & Turmudi. (2012). Statistika Deskriptif. Pekalongan Press.
Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval Pada Analisis Stagnasi. Jambura Journal of Mathematics.
Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Afinitas Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah.
Prasetyo, D. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Caffe D’Cherry Sweet Sampit. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan.
Riadi, E. (2016). Statistika Tafahus (Analisis Manual dan IBM SPSS). CV Andi Offset.
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Siregar, S. (2013). Metodologi Tafahus Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Pertaksiran Manual dan SPSS. Kencana.
Sobria, E. (2016). Pengaruh Pengalaman Islam, Rekognisi dan Pengetahuan Menabung Dalam Islam Terhadap Afinitas Menabung Mahasiswa IAIN Salatiga. Skripsi. IAIN Salatiga.
Sugiyono. (2014). Metode Tafahus Bisnis Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Tafahus Kuantitatif. Alphabet.
Sujarweni, V. W. (2015). Metode Tafahus Bisnis Kuantitatif. Pustaka Baru Press.
Susilo, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Literasi Keuangan Terhadap Afinitas Menjadi Nasabah. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Sutrisno, A., Usman, S., Wahyuni, E., Jumiati, E., Adiasti, N., Jafar, R., & Irsalina, D. (2020). Pengantar Sosial Ekonomi dan Budaya Kawasan Perbatasan. Inteligensia Media.
Taniredja, T. (2012). Tafahus Kuantitatif. Alfabeta.
Ulya, N. H., Soemarso, E. D., & Khodir, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Afinitas Menabung Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) TBK.
Cabang Semarang. Jurnal Keunis Majalah Ilmiah.
Umam, K., & Utomo, S. B. (2016). Perbankan Syariah. Raja Grafindo Persada.
Umar, H. (2005). Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.
Wahab, W. (2016). Pengaruh Tingkat Bagi Dekrit Terhadap Afinitas Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol.
24SK2442014.00 | SK PBS 24.014 DEA p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain