SKRIPSI PBS
Pengaruh Etika Kerja Islami Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Anggota Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Anggota KSPPS BMT Bahtera Cabang Buaran)
Koperasi Syariah memiliki tujuan untuk membantu para pengusaha mikro serta masyarakat yang membutuhkan modal dalam meningkatkan usahanya ataupun mengembangkan usahanya, serta dapat menciptakan lapangan kerja. Etika kerja Islami merupakan faktor utama guna meningkatkan mutu suatu lembaga. Dengan karyawan menerapkan suatu etika kerja Islam kepada anggota dapat menjadikan anggota merasa dihargai dan dihormati. Sehingga hal tersebut, dapat menciptakan cerminan perusahaan yang baik dalam pandangan anggota. Ketika karyawan melayani dengan etika yang baik akan dapat memenuhi kepuasan para anggota, pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas pada anggota, sehingga yang setia tidak akan berpindah ke lembaga lain.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh etika kerja Islami dan citra perusahaan terhadap loyalitas anggota dengan kepuasan anggota sebagai variabel Intervening (studi kasus anggota KSPPS BMT Bahtera cabang Buaran). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota KSPPS BMT Bahtera Cabang Buaran. Sampel yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini sebanyak 100 anggota. Teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel adalah dengan Accidental Sampling. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yakni dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 20 sebagai pengolahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika kerja Islami berpengaruh terhadap kepuasan anggota, citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan anggota dan kepuasan anggota berpengaruh terhadap loyalitas anggota. Selain itu, etika kerja Islami tidak berpengaruh terhadap loyalitas anggota, akan tetapi citra perusahaan berpengaruh terhadap loyalitas anggota. Pada pengujian sobel yang dilakukan guna mengetahui pengaruh mediasi variabel kepuasan anggota pada etika kerja Islami terhadap loyalitas anggota memperoleh hasil bahwa kepuasan anggota tidak memediasi antara etika kerja Islami terhadap loyalitas anggota, namun kepuasan anggota mampu memediasi antara citra perusahaan terhadap loyalitas anggota.
Kata kunci : Etika Kerja Islami, Citra Perusahaan, Loyalitas Anggota, Kepuasan Anggota.
DAFTAR PUSTAKA
Al Fath, K. B. Angket Penelitian Pengaruh Kinerja dan Etika Kerja Islam Karyawan Bagian Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah KJKS BMT AL FATH PATI.
Aisyah, S. (2019). Pengaruh Citra Lembaga, Kualitas Pelayanan Islam, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Anggota BMT Anugrah Kecamatan Batang Kuis Batang Deli Semarang. 6(1), 5–10.
Andini, S. M. (2022). Pengaruh Status Pekerja Dan Etos Kerja Terhadap Loyalitas Pekerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Suatu Penelitian Pada Pekerja Bagian Produksi CV. Al-Zidan). 1–16.
Apriyanti, P., Surya, D., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2017). Analisis Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank BJB Cabang Serang).
Aswati, T., Komara, A. T., Satria, R. O., & Roslina, N. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Acman: Accounting and Management Journal, 2(1), 1–10.
Aswin, A. (2018). Analisis Pengaruh Etika Kerja Islami Dan Kepuasan Kerja Pada Komitmen Organisasional (Studi pada karyawan Non-Tenaga Pendidik Universitas Muhammadiyah).
Azizah, S. N. (n.d.). Riset Ekonomi Manajemen.
Budiarti, novi yuliaNto. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Etika Kerja Islam Terhadap Kepuasan Nasabah Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada BTPN Syariah MMS Tanjung Karang Barat). Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9.
Carmelia Cesariana, Fadlan Juliansyah, R. F. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.
Dewi Istiyani. (2018). Analisis Etika Kerja Karyawan Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Perspektif Islam (Studi Kasus di Outlet Zoya Kudus). Molucca Medica, 11(April), 13–45.
Diana Santy, N. W. (2021). Citra Perusahaan Garuda Indonesia: Persepsi Para Loyalis Garuda Indonesia. Https://Medium.Com/, 2011, 1–9.
Fahmi, K. (2020). Analisis Pengaruh Etika Kerja Islami Terhadap Komitmen Profesi Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Islam.
Fandy Tjiptono, A. D. (2022). Manajemen Dan Strategi Kepuasan Pelanggan. Penerbit Andi.
Farradiba, F. shofia. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Management, dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCP Tulungagung. Dasar-Dasar Ilmu Politik, 17–39.
Firdaus. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Versi 26.0. DOTPLUS Publisher.
Fortuna, I. B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Konsumen Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) AQUA Di Kota Bandar Lampung). 4(1), 88–100.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gofur, M. S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk, Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Siwada KSPPS BTM Surya Madinah Tulungagung. Bab I, 1–16.
Hidayah, N. (2015). Analisis Pengaruh Etika Kerja Islami Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan di Baitul Mal Wa Tamwil (Studi Kasus di BMT Barokah Ngluwar Kabupaten Magelang). 1–7.
Khoiriyah, N. (2019). Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Komitmen Organisasi Penerapan Etika Kerja Islam Dalam Meningkatkan. Molucca Medica, 11(April), 13–45. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed
Lubis, A., Dalimunthe, R., Absah, Y., & Fawzia, B. K. (2021). The Effect of Corporate Communication and Service Quality on Customer Loyalty and Satisfaction in Sharia Banking. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 1267–1274.
Lutfiyani, V., & Soliha, E. (2019). “Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan” (Studi pada KSPPS Bondho Ben Tumoto Semarang)". Proceeding Seminar Nasional Dan Call for Papers, September, 62–68.
Ma’rifah, Q. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Anggota pada KSPPS KOWANU Kudus. 1–7.
Masshitoh, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Anggota, Citra Lembaga Dan Tingkat Margin Terhadap Loyalitas Anggota Pembiayaan Murabahah Di Kspps Baitul Izza Sejahtera Serut Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung. 2(30), 1–17.
Maulana Oji Hendarto. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Marketing Publik Relation Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada BMT Binama Semarang). 4(1), 88–100.
Moh. Isro’i, D. (2021). BMT Bahtera The Journey. PT. Nasya Expanding Management.
Muhammad Mun’im. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk PT. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo. 2, 1–13.
Muis, A. O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Etika Kerja Islam Terhadap Kepuasan Anggota di KBMT Al-Fath. 66–67.
Mulyono, T. (2021). Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Loyalitas Anggota (Studi Kasus BMT Mubarakah Kudus). 28(2).
Mutmainnah. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 5(2), 201–216. https://doi.org/10.35137/jmbk.v5i2.113
Nikmatus Sholihah, A. (2021). Analisis Pengaruh Sektor Industri dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Provinsi Banten Tahun 2016-2019. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 5(3), 248–253.
Nunzikir, C. L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Serta Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada BNI Syariah Cabang Banda Aceh). 8(5), 55.
Nurul Emeldhaya, Abu Yazid Adnan Quthny, M. M. (2022). Pengaruh Brand Image, Trust dan Service Quality terhadap Loyalitas Anggota Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Maslahah Cabang Maron. Al-Irsyad, 105(2), 79.
Oktavia Retno Maharani, H. W. dan T. H. A. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Loyalitas (Study Kasus pada Lipstcik Wardah). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–12.
Pairingan Agustina, Allo Layuk, P. K., & Pangayow, B. J. . (2018). Pengaruh Kompetensi, Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Motivasi Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi, Audit, Dan Aset, 1(1), 1–13.
Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Di Masa Pandemi Covid-19. 4(1), 27–33.
Permatasari, S. A. P., & Ratnasari, R. T. (2020). Pengaruh Etika Kerja Islam Terhadap Loyalitas Karyawan Yayasan Nurul Hayat Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(5), 852.
Pravika, L. N. (2019). Analisis Loyalitas Nasabah Dalam Menabung Di BRI Syariah KCP Pati. 9–25.
Purnama, R., & Hidayah, A. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Tirtayasa Ekonomika, 14(2), 187.
Purwaningsih, R. D. (2019). Pengaruh Etika Kerja Islam, Lingkungan Kerja, Kompensasi, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Loyalitas Karyawan Di Kspps Bmt Al-Fataa Ulujami. Ijibec, 5(2).
Rachmaniah, R. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajerial, 9(03), 351.
Rahmawati, D. (2013). Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing Dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa FISE UNY. II, 181–209.
Rofiliana, L. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Islam Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Pesquisa Veterinária Brasileira, 26(2), 173–180.
Rokhman, W. (2015). Etika Kerja Islam Dan Keadilan Organisasi: Studi Pada Bmt Di Kabupaten Kudus. Jurnal Penelitian, 9(1), 163–182.
Romadhona, F. N. (2018). Pengaruh Etika Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Harapan Umat Tulungagung. 1–15.
Saban, D., Basalamah, S., Gani, A., & Rahman, Z. (2020). Impact Of Islamic Work Ethics, Competencies, Compensation, Work Culture On Job Satisfaction And Employee Performance: The Case Of Four Star Hotels. European Journal of Business and Management Research, 5(1), 1–8.
Sasono, I., Jubaedi, A. D., Novitasari, D., Wiyono, N., Riyanto, R., Oktabrianto, O., Jainuri, J., & Waruwu, H. (2021). The Impact of E-Service Quality and Satisfaction on Customer Loyalty: c Evidence from Internet Banking Users in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 465–473.
Savitri, N. (2022). Pengaruh Beban Kerja Dan Etika Kerja Islam Terhadap Persepsi Amil Akan Kinerja Organisasi Dengan Loyalitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada LAZNAS Al-Azhar).
Sentiana, S. S. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. 2(2), 3–9.
Sofia, A. A., & Hartono, A. (2022). Analisis Pengaruh Loyalitas Merek Dan Preferensi Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Smartphone Pada Generasi Z. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(08), 1014.
Sri Lestari, Listyowati Puji Rahayu, U. R. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada KSPPS BMT Tumang Cabang Boyolali). Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39.
Subagja Kurniawan, I., & Susanto, P. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Pondok Gede Plaza. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 68–84.
Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Suratno, Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Pelabuhan Indonesia III Semarang. Journal Of Management, 2(2), 1–16.
Syafaati, I. (2017). Pengaruh Kinerja dan Etika Kerja Islam Karyawan Bagian Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah KJKS BMT Al Fath Pati. 14–46.
Utami, N. P. E. W., & Puja, I. M. S. (2021). Pengaruh Citra Koperasi, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Serba Usaha Wahyu Artha Sedana Di Gianyar. Widya Amrita, 1(1), 126–143.
Wijaya, R. (2017). Desain Gaji Pokok Pt Trans Mitra Samudra Semarang. Metode Penelitian, 37–54.
Wulandari, F. (2018). Pengaruh Citra Bank, Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Sumsel Babel Cabang.
Yasin, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Koperasi Terhadap Loyalitas Anggota Baitul Maal Wat Tamwil Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada KSPPS BMT Karisma Magelang). 1–9.
Wulandari, F. (2018). Pengaruh Citra Bank, Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank SUMSEL BABEL CABANG SYARIAH PALEMBANG (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).
24SK2442012.00 | SK PBS 24.012 SUC p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain