SKRIPSI PBS
Pengaruh Sharia Compliance, Religiositas, Kepercayaan (TRUST), Dan Coprorate Image, Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Di KSPPS BMT Al-Fataa Ulujami
Beberapa waktu terakhir perkembangan lembaga keuangan syariah terus mengalami kenaikan. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya jumlah BMT yang terus meningkat dan mengalami pertumbuhan yang positif. Hal ini menandakan bahwa masyarakat sudah banyak yang memutuskan untuk menjadi anggota dan menggunakan produk-produk serta jasa lembaga keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh sharia compliance, religiositas, kepercayaan (trust), dan corporate image terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA Ulujami. Jenis penelitian yang diambil dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi yang diambil yaitu anggota di KSPPS BMT AL-FATAA sejumlah 6,843 orang, dengan sampel sebanyak 100 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan jenis simple random sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengambilan data yaitu kuisioner atau angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t bahwa variabel sharia compliance berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA Ulujami. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,371 > 0,05 dan nilai thitung 0,899 < ttabel 1,986. Variabel religiositas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA Ulujami. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,759 > 0,05 dan nilai thitung -0,259 > ttabel 1,986. Variabel kepercayaan (trust) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan 0,002 < 0,05 dan nilai thitung 3,235 > ttabel 1,986. Variabel corporate image tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA Ulujami. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,160 > 0,05 dan nilai thitung 1,415 < ttabel 1,986. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa variabel sharia compliance, religiositas, kepercayaan (trust) dan corporate image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota di KSPPS BMT AL-FATAA. Hal ini dapat dilihat dari niai Fhitung 4,232 > Ftabel 2,47. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2),diketahui bahwa R2 sebesar 0,151. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh keempat variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat sebesar 15,1%.
Kata kunci : Sharia Compliance, Religiositas, Kepercayaan (trust), Corporate Image dan Keputusan Menjadi Anggota.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Qur’an (n.d.a) Al- Baqarah :275-276
Abdul Haris Rohmdhoni dan Dita Ratnasari. (2018). No Title“Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas Terhadap Minat Nasabah Untuk Menggunakan Produk Simpanan Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 4, 4, 136.
Adrian Sutedi. (2009). Perbankan Syariah Tinjauan dan Beberapa Segi Hukum. Ghalia Indonesia.
Afridawati, G. dan. (n.d.). Sharia Compliance on Customers’ Decision to Save in Sharia Bank Study on Customers at a Breanch Office of Bank Shariah Mandiri in Batusangkar. 192.
Ahmad Rodoni dan Abdul Hamid. (2008). Lembaga Keuangan Syariah. Zikrul Hakim.
Akhadiyah, S. K. (2020). Pengaruh Kepatuhan Syariah, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan menjadi Nasabah Bank Syariah dengan Pengetahuan Konsumen sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Bank BNI Syariah KC Surakarta). 138.
Alifuddin & Razak, (2015). Kewirausahaan Teori dan Aplikasi Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. Jakarta : MAGNAScript Publishing.
Andespa, R. (2018). No Title"Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah,". Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3, 181.
Arfain Nurrohman, Febri Rismaningsih. (2021). Pengantar Statistik. Penerbit Media Sains Indonesia.
Cahyaningrum, R. D. (2016). Pengaruh Kepatuhan Syariah, Promosi Dan Nilai Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bsi Kcp Pekalongan Kajen Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. July, 1–23.
Candrayani, L. (2021). PENGARUH SHARIA COMPLIANCE, RELIGIUSITAS, DAN CUSTOMERS TRUST TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA PADA BMT SYARI’AH SEJAHTERA KUDUS.
Dhani Vyrdha Anggraita Putri. (2019). “Studi Empiris Theory of Planned Behavior Terhadap Intensi Mahasiswa Menjadi Akuntan.” Behavior Accounting Journal (BAJ), 2, 30.
Dwi Setyowati. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Pengajuan Pembiayaan Ulang Nasabah. Naskah Publikasi. UIN Syarif Hidayatullah., 25.
Faishol Luthfi dan Ariif Pujiyono (2017). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Preferensi Menabung Mahasiswa Santri di Perbankan Syari'ah (Studi Kasus: Pondok Pesantren Madinah Munawwara, Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim, Pondok Pesantren Darul Falah). Diponegoro Journal Of Economics, 6, 9.
Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Handayani, A. (n.d.). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Dengan Faktor Religiusitas Sebagai Moderating Variable. 5-6.
Harahap, J. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Religiusitas Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Padabmt Maslahah Cabang Kebon Agung Pasuruan. 1–80. http://etheses.uin-malang.ac.id/16608/
Hayatul Maemunah dan Mohammad Nufaiz Mauludin. (n.d.). (2021). Analisis Pengaruh Religiusitas dan Kepecayaan Terhadap Keputusan Nasabah Mengunakan Jasa Keuangan Syariah. journal of Islamic Economic and Pjilanthropy (JIEP) 04. 01. 1129.
Hunaning Kharisma Prihandini, (2018). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Mudharabah Pada BMT Nurul Jannah Petrkimia Gresik. skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.
Husny, R., & Arafah, S. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Sumut Syariah. Jurnal FEB, 1(01), 103–112.
Kartika, C., Yusuf, Hidayat, F., Efina, K., Fauzi, S. N., Sari, A. P., Firmansyah, E., & Wahyudi. (2020). Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah. 4(2), 53–82.
Laitatul Badi'ah, Mufti Fiandi, dan Citra Pertiwi (2022). Pengaruh Strategi Word Of Mouth (WOM), Sharia Compliance, Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Palembang. Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi, 1,2
Machali, Imam.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Peneltian Kuantitatif. Yogyakarta: Program Studi Manajemen PendidikanIslam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dn Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diakses dari https://play.google.com/id.kubuku.ppdcilacap
Masni H. (2019). “Analisis Penerapan Sharia Compliance dalam Produk Bank Syariah.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3, 120.
Masykur, S. Z. N. and R. (2017). Jurnal Manajemen Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia, 17, 166.
Miti Yarmunida. (2018). Dimensi Syariah Comliance Pada Operasional Bank Syariah. AL-INTAJ, 4, 143–151.
Muhammad. (2018), Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Depok : PT Raja Grafindo Persada, 2018)
Muhammad Ridwan. (2014). Manajemen Baitul Mal Wa Tamwil (BMT). UII Press Yogyakarta.
Muhammad Zuhirsyan dan Nurlinda. (2018). “Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah.” Al-Amwal, 10, 51.
Novitasari, D., Studi, P., Syariah, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2017). Pengaruh Corporate Image , User Image , Dan Product Image Terhadap Keputusan.
Nur Komalasari. (2020). Pengaruh Tingkat Kepercayaan dan Risiko terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada Bank BNI Syariah Kota Cilegon. Skripsi UIN SMH BANTEN.
Nurdin, Rukma Ningrum, Sofyan Bacmid, & Abdul Jalil. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 30–45. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.37.30-45
Nurlatifah, U. (2018). pengaruh kualitas pelayanan, religiusitas dan lokasi terhadap keputusan menjadi anggota BMT Mardhatillah Berkah Purwakarta.
Nurul Khotimah, (2018). "Pengaruh Religiositas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, dan Siistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah menabung dan loyalitas di Bank Syariah Mandiri." Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 05. 38.
Prastiwi, I. E. (2018). “Pengaruh Persepsi Anggota Terhadap Sharia Compliance, Komitmen Agama dan Atriburt Produk Islam Terhadap Customer’s Trust yang Berdampak Pada Keputusan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada BMT Amanah Ummah Sukoharjo),.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4, 29.
Priyatno Duwi, (2010). Paham Analisis Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta, MediaKom.
Putra, Gagah B, Setyo, S. K. & K. H. (n.d.). “Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26, 2015.
Rachmawati, A. (2020). Pengaruh Religiusitas , Consumer Knowledge Dan Brand Image Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5, 6.
Ridwan, M. (2014). Manajemen Baitul Mal Wa Tamwil (BMT). UII Press Yogyakarta.
Riska Septifani. (2014). “Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Manajemen Teknologi, 13, 205.
Rocmat ALdy Purnomo. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: CV. Wade Group.
Rokhman, Z. and. (n.d.). Pengaruh Marketing Mix Dan Syariah Compliance Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Umum Syariah Di Kudus.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Edisi 1). Deepublish.
Seni dan Ratnadi, (2017). THEORY OF PLANNEDBAHAVIOR UNTUK MEMPREDIKSI NIAT BERINVESTASI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6.
Sadewi, D. I. dan. (2021). PENGARUH SYARIAH COMPLIANCE TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT). Jurnal Signaling, 10.
Seftiani. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan dan Atribut Produk Terhadap Minat Menabung Nasabah Dalam Perspektif Islam (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC. Teluk Betung Bandar Lampung).
Naskah Publikasi. UIN Raden Intan Lampung.
Sudaryana, B., &Agusiady, R. H. .(2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (A. D. Nabila (e.d.)). Deepublish Publisher.
Sudiro, P.I & Asandramitra, N. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Uang Elektronik, Demografi, Gaya Hidup dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Manajemen. 10.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Tatik Surayani, (2008). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran,. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Tantriyani, A. A. (n.d.) (2019). Pengaruh Strategi Marketing Mix (Product, Price, Promotion, Place, People, Proces, Physical Evidence) dan Sharia Compliance Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah. Skripsi. IAIN Salatiga
V. Wiratna Sujarweni dan Poly Endrayanto. (2012). Statsitika Untuk Penelitian. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Yulianti, R., Sangen, M., & Rifani, A. (2016). Pengaruh Nilai-nilai Agama, Kualitas Layanan, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 4 (2), 130
Zamroni (2016). Pengaruh Marketing Mix Dan Syariah Compliance Terhadap Keputusaan Nasabah Memilih Bank Umum Syariah Di Kota Kudus. Masters Thesis. STAIN Kudus.
24SK2442011.00 | SK PBS 24.011 IND p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain