SKRIPSI PBS
Pengaruh Personal Selling, Public Relations, Dan Advertising Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di KSPPS AMNU Pekalongan Cabang Kradenan
Lembaga memiliki banyak produk tidak hanya tabungan, sehingga masyarakat tidak yakin produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuan mereka. Diperlukan kegiatan promosi untuk menyampaikan informasi guna mempengaruhi masyarakat untuk memutuskan menggunakan produk. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel personal selling, public relations, dan advertising terhadap keputusan anggota menabung di KSPPS SMNU Pekalongan Cabang Kradenan.
Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dengan sampel yang diambil sebanyak 76 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi.
Hasil uji T menunjukkan variabel personal selling (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan. Variabel public relations (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota. Variabel advertising (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota. Hasil uji F dapat disimpulkan variabel personal selling, public relations, dan advertising terdapat pengaruh secara simultan terhadap keputusan anggota. Pada uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,501 yang dapat diartikan bahwa kontribusi variabel independen personal selling, public relations, dan advertising mampu menjelaskan variabel dependen (keputusan anggota) sebesar 50,1% dan sisanya 49,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan oleh peneliti.
Kata Kunci : Personal Selling, Public Relations, Advertising dan Keputusan Anggota.
DAFTAR PUSTAKA
Arera, E. T. (2017). Implementasi Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Baik Bank Syariah pada BPRS Metro Madani Kota Metro. IAIN Metro. Metro.
Astutik, L. R. D., & Achsa, A. (2020). Analisis Penerapan Promotion Mix dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada PD BPR Bank Kapas 69 KC Magelang Utara. Jurnal Maneksi, 9(2), 371–377.
Charista, V. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Monas pada PT Bank DKI Cabang Utama Balaikota. STIE Indonesia. Jakarta.
Dewi, E. N. (2016). Pengaruh Keamanan Kerahasiaan, Kecepatan, dan Kemudahan terhadap Minat Wajib Pajak Orang Pribadi untuk Menggunakan Sistem Pelaporan Pajak Online (E-Filling) di Kabupaten Gresik. Gresik.
Firmansyah, F., & Nailiyah, D. (2013). Penerapan Personal Selling dalam Memasarkan Produk Pembiayaan Murabahah pada PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Harmoni Kota Malang. Modernisasi, 9(3), 202–218. https://doi.org/file:///C:/Users/LenovO/Downloads/jurnal untuk proposal/Mufaridatul Latifah_G74214052.pdf
Gumelar, M. Y. (2016). Penerapan Strategi Personal Selling dan Public Relations dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah di BMT Sahara Tulungagung. IAIN Tulungagung. Tulungagung.
Hasibuan, F. H. (2021). Analisis Operasional Personal Selling dan Advertising dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di PT Bank Muamalat Kantor Cabang Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.
Padangsidimpuan.
Hikmah, N. (2018). Pengaruh Personal Selling Dan Public Relation Terhadap Minat Menabung Di Kspps Bmt Bina Ummat Sejahtera Cabang Mayong [IAIN Kudus. Kudus].
http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2190
Latifah, A. U. (2019). Pengaruh Pelayanan, Promosi, Aksesibilitas, Fasilitas, Citra Perusahaan dan Nilai Islami terhadap Preferensi Nasabah dalam Memilih Produk Pembiayaan di KSPPS SMNU Pekalongan Cabang Kesesi Kabupaten Pekalongan. IAIN Pekalongan.
Latifah, M. (2018). Strategi Promosi Model Jaringan Dakwah dalam Meningkatkan Jumlah Pembiayaan di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur. UIN Sunan Ampel. Surabaya.
Mulia, H. (2020). Pengaruh Iklan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus pada CV Cemilan Kunik Garut. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 29–37.
Ningsih, D. S. (2020). Pengaruh Advertising, Sales Promotion dan Public Relation Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Sumsel Babel Syariah KCP UIN Raden Fatah Palembang. UIN Raden Fatah. Palembang.
Nopita, D. (2021). Pengaruh Public Relations dan Iklan terhadap Keputusan Nasabah Memilih BPRS Adam Kota Bengkulu (Studi Pada Nasabah Bprs Adam Kecamatan Gading Cempaka). IAIN Bengkulu.
Nopitasari, E. (2017). Pengaruh Lokasi, Produk, Reputasi, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa IAIN Surakarta Menggunakan Bank Syariah. Skripsi. IAIN Surakarta. Surakarta.
Nursallam, B. T. (2017). Strategi Marketing Public Relations Citifin Multifinance Syariah dalam Meningkatkan Brand Awareness. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Primariyanti, M. S., & Firmansyah, E. A. (2017). Aplikasi Teori Personal Selling: Kasus pada Bank Regional. Al Tijarah, 3(2), 41–64. https://doi.org/10.21111/tijarah.v3i2.1589
Putra, R. V., Machasin, & Nas, S. (2021). Pengaruh Sales Promotion , Personal Selling dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian Produk Buku Terbitan CV As.Salam di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 57–65.
Riduwan. (2018). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2020). SPSS untuk Penelitian. Pustaka Baru Press.
24SK2442010.00 | SK PBS 24.010 SAR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain