SKRIPSI PBS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Komitmen Dan Kepuasan Terhadap Costomer Retention (Studi Kasus Pada Komperasi Syariah Binama Batang)
Koperasi merupakan lembaga keuangan mikro yang didirikan sebagai penyedia jasa pemberdayaan masyarakat melalui simpan pinjam dan simpanan. Selain dituntut untuk memberikan layanan yang terbaik, koperasi juga harus meningkatkan jumlah dana dan jumlah nasabahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, komitmen dan kepuasan terhadap customer retention pada Koperasi Syariah Binama Batang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) pada pendekatan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini diambil dari data primer yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner pada anggota Koperasi Syariah Binama Batang sebanyak 100 responden dengan menggunakan Teknik purposive sampling dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji R2 dengan bantuan IBM SPSS 26.
Hasil penelitian ini menunjukan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap customer retention dengan tingkat signifikansi 0,538 > 0,05. Variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap customer retention dengan tingkat signifikansi 0,045 < 0,05, komitmen berpengaruh signifikan terhadap customer retention dengan nilai signifikansi 0,017 < 0,05, selain itu variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap customer retention dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan kualitas pelayanan, kepercayaan, komitmen dan kepuasan memiliki pengaruh terhadap customer retention dengan nilai f hitung 12,465 > f tabel 2,46 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai adjusted r square sebesar 31,7% dan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan dan Customer Retention
DAFTAR PUSTAKA
Ade Sofyan Fadilah, L., & Sesunan, Y. S. (2019). The Effect of Marketing Mix, Brand Image, and Service Quality on Customer Loyalty In Bank BNI Syariah. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC),2(2), 127–136. https://doi.org/10.28918/IJIBEC.V2I2.1370
Afnina. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/JSEB.V9I1.458
Agus Arwani & Wakhidin. (2019). Murabahah Financing and Effect on Earnings Ijarah Bca Islamic. JEBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 4(1), 18–29.
Aini, T. N. (2020). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Komitmen Sebagai Variable Intervening. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(2), 88–98. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i2.194
Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 006(01), 94–99. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.11
Apriasty, I., & Simbolon, M. E. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan: kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga (literature strategic marketing management). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 135–145. https://doi.org/10.38035/JIM.V1I1.21
Ardiyanto. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Hambatan Beralih Dan Kepercayaan Merek Terhadap Retensi Pelanggan Wardah Kosmetik Di Kabupaten Klaten. Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika,17(02), 400–401.
Arum Sri Wahyuni Ningsih, 1741143046. (2019). KOMITMEN, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN. Skripsi Perbankan Syariah IAIN Tulungagung.
Az-zahra, K. N., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah dalam Perspektif Syariah : Studi pada Mahasiswa S1 FE Universitas Sriwijaya. Jurnal Ekonomi Keuangan & Bisnis Syariah, 5(4), 1801–1809. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i4.1995
Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 118.
Duli, N. (2019). Metodology Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Fadli, M. F. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Retensi Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pt. Bpr Prima Multi Makmur). Jurnal Ekonomi Integra, 11(2), 152. https://doi.org/10.51195/iga.v11i2.159
Fahrezy, A. F., Candra, G., Jaeby, K., & Musa, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Customer Retention PT X. 1(4), 741–753.
Fajrina, R. S., & Jalaludin, E. (2022). Pengaruh Pemasaran Relasional Kepercayaan Pelanggan terhadap Retensi Pelanggan (Studi pada 2A Computerizer Embroidery). Jurnal Ekombis Review-Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Volume 10(Issue 2), 927–936.
Fiteri, N. (2020). Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai variabel Intervening Pada BMT UGT Sidogiri Banjarmasin. Skripsi Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Antasari, 98–100.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan IBM SPSS 25 Edisi 9. Universitas Diponegoro.
Hasan, G. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Persepsi, Citra Merek, Kewajaran Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Merek Pada Minuman Boba Di Kota Batam. 4(December 2022), 657–672.
Hera Afrilia. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna ATM (Studi Pada PT.BNI Syariah Cabang Banda Aceh). UIN Ar- Raniry.
Insan, M. I., & Yusuf, A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Manajemen Hubungan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Flip . Id. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(3), 743–749.
Jajuli, M. S. (2020). METODE PENELITIAN EKONOMI ISLAM Step by Step Menulis Laporan Penelitian. http://repository.uinbanten.ac.id/7797/2/Metode Penelitian Ekonomi Islam.pdf
Japlani, A., Fitriani, F., & Mudawamah, S. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA CABANG BMT FAJAR METRO PUSAT. FIDUSIA : JURNAL KEUANGAN DAN PERBANKAN, 3(1). https://doi.org/10.24127/JF.V3I1.469
Kasmir. (2008). Manajemen Perbankan. Rajawali Pers.
Koperasi Binama. (n.d.). Retrieved January 21, 2023, from https://bmtbinama.co.id/
Larasati, D. C. (2019). ANALISIS PENGARUH SERVICE QUALITY, CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA PADA BANK SYARIAH BUKOPIN KC SURAKARTA DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi Perbankan Syariah IAIN Salatiga.
Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Retensi Konsumen Pada E- Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550
Listyarti, I. (2020). Pengambilan keputusan investasi investor di pasar modal Indonesia ditinjau dari Teori Reasoned Action. Journal of Business and Banking, 7(2), 237–250. https://journal.perbanas.ac.id/index.php/jbb/article/view/1461
Made Agus Adhy Putra, & Luh Komang Candra Dewi. (2022). Pengaruh Customer Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Customer Retention Pada Koperasi Candra Sedana Mengwi Badung. Journal Research of Management, 3(2), 192–203. https://doi.org/10.51713/jarma.v3i2.72
Marzuki. (2020). Praktik Statistik. Malang: Ahli Media Pres.
Mastura, Z. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah KPO Banda Aceh). UIN Ar-Raniry.
Mulazid, A. S. (2020). Analisis Pengaruh Service Quality, Customer Relationship Management dan Keunggulan Produk Tabungan Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Bri Syariah. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 19(1),89–106. http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/2352
Nanda, R., Evanita, S., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan , Hambatan Beralih dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Retensi Pelanggan Pengguna Kartu Simpati Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(01), 207–217.
Nisa, K. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan Islami dan kepercayaan nasabah terhadap loyalitas nasabah di BRI Syari’ah KC Semarang - CORE. Skripsi Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang.
Nisa, K. (2022). ANALISIS PENGARUH PELAYANAN TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA PT . BANK MUAMALAT INDONESIA KC BALAIKOTA MEDAN. 4(2), 1–19.
Noviantika, I. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Di BPR Syariah Dana Amanah Surakarta. IAIN Salatiga.
OKTININGSIH, W., ANWAR, A. N., & CHANDRA, A. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA BMT AL-ITTIHAD RUMBAI. Al-Amwal, 8(2), 157–168.
Olika, R. (2020). Pengaruh pemasaran relasional dan citra perusahaan terhadap customer retention nasabah BNI Syariah (studi kasus pada nasabah BNI Syariah Cabang Fatmawati). UIN Syarif Hidayatullah.
Pratiwi, A., Amilia, S., & Meutia, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hemat Laundry Tanjung Pura. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(1), 58–63.
Prof.Dr.Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Penerbit Alfabeta.
Putri, D. W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Retensi Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda (BUMIDA) 1967.
Ratna Yuwita, E., & Arissetyanto Nugroho. (2020). Pengaruh Service Quality dan Relationship Marketing Terhadap Customer Retention dan Dampaknya Terhadap Customer Loyalty pada Kantor Cabang (KCP) Wisma Soewarna BNI Tangerang. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(2), 154–164. https://doi.org/10.31933/dijdbm.v1i2.133
Satriawan, N. D., & Usman, N. (2020). Pengaruh Commitment, Trust, Kualitas Pelayanan and Customer Satisfaction Terhadap Customer Retention of Honda Motor Products Matic. Journal of Business & Banking, 8(1), 45–57. https://doi.org/10.14414/jbb.v8i1.1516
Silvia, I. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Physical Evidance Dan Service Excellent Terhadap Preferensi Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Studi Pada Anggota Koperasi Al Amin Berkah Sejahtera Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Simanullang, N. D. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Keamanan, Penanganan Masalah, Komunikasi dan Komitmen Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah PT Bank Mandiri KCP Medan Citra Garden. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/48923
Sugiono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alabeta.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet ke-12.Alfabeta.
Sugiono. (2017). Statistik Untuk Penelitian. CV Alfabeta.
Sujarweni, W. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Sumarsid, S., & Paryanti, A. B. (2022). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION DAN TRUST IN BRAN TERHADAP CUSTOMER RETENTION (Studi Kasus Pengguna Kartu XLA di Sekolah Tinggi Manajemen Labora). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Jayakarta, 3(2), 82–94. https://doi.org/10.53825/JMBJAYAKARTA.V3I2.97
Supardi, 1952-. (2005). Metodologi penelitian ekonomi & bisnis. UII Press Yogyakarta.
Susilowati, I., & Solehatun, S. (2023). Pengaruh e-service quality, kepercayaan dan kemudahan terhadap retensi nasabah pengguna bri mobile (brimo) pada nasabah bri kebumen. 2(1).
Timor, D. S. S. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, CORPORATE IMAGE, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank BRI Syariah KCP Magelang).
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Bayumedia Publishing.
Wahyuni, F. (2020). Analisis Pengaruh Customer Service Quality, Customer Satisfaction, Switching Cost dan Trust in Brand Terhadap Customer Retention (Studi Pada Pengguna Kartu Simpati Telkomsel Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 207.
Waqi’ah, N. (2019). Pengaruh Relationship Marketing, Syariah Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. Skripsi Perbankan Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya.
Werdaningrum, A. G., & Ardiyanto, F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Hambatan Beralih Dan Kepercayaan Merek Terhadap Retensi Pelanggan Wardah Kosmetik Di Kabupaten Klaten. Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 394–402. https://doi.org/10.31316/akmenika.v17i2.1035
Yuliani, K. C., & Luhgiatno, K. C. Y. (2022). Pengaruh E-Banking, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Komunikasi Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Nasabah Bank BCA Kota Semarang). Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 01(03), 288–296.
Yuningsih, Y., Azim, M. F., & Suryani. (2022). Hubungan Digital Banking dan Kinerja Pelayanan Bank Syariah Terhadap Upaya Customer Retention di Masa Pandemi Covid-19 Pada Bank Syariah Indonesia ( BSI ) Kantor Cabang Perwakilan ( KCP ) Kota Serang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 2(10), 1277–1284.
24SK2442007.00 | SK PBS 24.007 ANG p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain