SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Etnomatematika Pada Gerakan Salam Seni Pencak Silat Setia Hati Cempaka Putih Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Dan Sudut SMP Kelas VII
Minimnya pemanfaatan budaya bagi sistem pembelajaran membuat budaya
semakin terlupakan. Dengan adanya eksplorasi etnomatematika terhadap
pembelajaran matematika membuat dampak yang positif bagi sistem pembelajaran
terdapat model pembelajaran yang multikultural yang berhubungan dengan asas
kesenian budaya sehinga budaya-budaya tersebut tidak punah. Dengan demikian,
peneliti tertarik untuk mendalami lebih dalam lagi terhadap kegiatan matematika
yang ada dalam seni pencak silat Setia Hati Cempaka Putih untuk membangun minta
peserta didik terhadap pembelajaran matematika peneliti menggunakan pencak silat
Setia Hati Cempaka Putih sebagai media pembelajaran matematika.
Penelitian ini dibuat untuk (1) mengetahui eksplorasi etnomatematika pada
gerakan salam seni pencak silat Setia Hati Cempaka Putih. (2) untuk mengetahui
implementasi etnomatematika pada gerakan salam seni pencak silat Setia Hati
Cempaka Putih dalam pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut siswa
SMP kelas VII.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kulaitatif, dengan
teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Subyek
dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler pencak silat Setia
Hati Cempaka Putih kelas VII.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat temuan etnomatematika
pada gerakan salam setia hati cempaka putih pada aktivitas matematika. Aktivitas ini
muncul saat posisi gerakan tangan pesilat. Berdasarkan analisis data yang telah
dilakukan, diperoleh konsep matematika pada gerakan jurus salam setia hati cempaka
putih untuk konsep matematika yaitu konsep garis dan sudut dan hubungan dua garis.
(2)Berdasarkan konsep matematika, peneliti dapat menyusun bahan ajar berupa
lembar kerja siswa (LKS) khususnya untuk materi garis dan sudut kelas VII
SMP/MTS dengan konteks objek budaya seni pencak silat setia hati cempaka putih,
dilaksanakan dengan cara membagi kelompok, diperoleh siswa dapat mengorientasi
pada masalah matematika yang menghasilkan pengamatan berupa mengidentifikasi
unsur matematis kemudian siswa juga dapat menyelesaikan persoalan matematika
dan mempresentasikan. Peserta didik dapat menemukan, mengidentifikasi dan
menyelesaikan persoalan yang diberikan berupa tes post-tes dengan perolehan nilai
rata-rata 78,055.
24SK2426022.00 | SK TM 24.022 SUK e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain