SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Kedungwuni
Hasil belajar siswa di SMPN 1 Kedungwuni masih tergolong rendah. Faktor
penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah penggunaan model
pembelajaran karena dapat merangsang kemampuan matematis dan keaktifan siswa.
Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dirancang guna
mempengaruhi pola interaksi antarsiswa dan mengembangkan pembelajaran
kooperatif yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan akademik siswa.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SMPN 1 Kedungwuni? 2)
Bagaimana efektivitas dari model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan
pendekatan etnomatematika SMPN 1 Kedungwuni dalam meningkatkan hasil belajar
siswa? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui implementasi model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang diterapkan di SMPN 1
Kedungwuni, dan menganalisis serta mengetahui efektivitas model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan etnomatematika dalam
meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 1 Kedungwuni.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Desain penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Populasi
di antaranya siswa kelas VIII A-H. Sampel kelas VIII C (32 siswa). Purposive
sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
menggunakan uji paired sample t-test dan N-gain score.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai pretest pada kelas
eksperimen adalah 45,9375 dan rata-rata nilai posttest-nya adalah 76,5625. Nilai Sig.
(2-tailed) adalah 0.000 < 0.05 dan nilai thitung = 70,442 > ttabel = 2,040. Sehingga,
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan
etnomatematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa atau H1 diterima dan
H0 ditolak. Sedangkan, berdasarkan hasil rata-rata N-gain percent menunjukkan
kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan etnomatematika
cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 1 Kedungwuni.
24SK2426020.00 | SK TM 24.020 ROR e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain