SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Frekuensi Belajar dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN Pekalongan
xi
ABSTRAK
Janah, Maghfirotul. 2023. Pengaruh Frekuensi Belajar dan Peran Orang Tua
Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN Pekalongan. Skripsi
Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing:
Dr. Hj. Sopiah, M.Ag.
Kata Kunci : Frekuensi Belajar, Peran Orang Tua, Hasil Belajar.
Pendidikan bagi suatu negara dapat menciptakan sumber daya manusia
yang berkualitas untuk dapat berkembang. Terdapat beberapa indikator untuk
melihat sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam dunia pendidikan, salah
satu indikator kualitas sumber daya manusia dapat dilihat melalui hasil belajarnya.
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah karena rendahnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas XI MAN Pekalongan. Hal
tersebut dikarenakan kebiasaan atau frekuensi belajar siswa yang cukup rendah
dan kurangnya peran orang tua siswa terhadap pendidikan anaknya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya apakah terdapat
pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN
Pekalongan, apakah terdapat pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas XI MAN Pekalongan, apakah terdapat pengaruh frekuensi
belajar dan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI
MAN Pekalongan. Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian ini diantaranya
untuk menjelaskan pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas XI MAN Pekalongan, untuk menjelaskan peran orang tua terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Pekalongan, untuk menjelaskan
frekuensi belajar dan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas XI MAN Pekalongan. Adapun manfaat penelitian ini memberikan
pengetahuan dan pemahaman pada siswa bahwa betapa pentingnya frekuensi
belajar (kebiasaan belajar) dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil
belajar serta pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anaknya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI MAN Pekalongan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70
responden. Metode analisis data yang digunakan berupa Teknik regresi linier
sederhana dan berganda dengan bantuan program SPSS 26 for Windows
Version.Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi.
24SK2426017.00 | SK TM 24.017 MAG p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain