TESIS PBA
( Metode Pembelajaran Nahwu pada Bab Qawaid I'rab di MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Pekalongan )طريقة التعليم في باب قواعد الإعراب من علم النحو بالمدرسة المتوسطة الإسلامية شريف هداية الله وانافريغكو بيكالونجان
Guru harus dapat melaksanakan pembelajaran yang dapat mencapai hasil
belajar optimal. Salah satu syarat keberhasilan pembelajaran adalah guru
mengetahui metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini membahas tentang
metode pembelajaran pada pembelajaran nahwu khususnya pada bab i’rab. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Metode pembelajaran pada bab
i’rab, 2) Kelebihan dan kekurangan metode yang digunakan. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode kualitatif, dan peneliti mengumpulkan data
tersebut melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
adalah: 1) Metode pengajaran yang digunakan pada bab i'rab adalah metode
qawaid tarjamah, metode deduktif, metode hafalan, dan metode tanya jawab. 2)
Kelebihan metode qawaid tarjamah adalah metode ini cocok bagi pemula.
Kelemahannya adalah terjemahan menggunakan bahasa klasik yang jarang
ditemui di zaman sekarang. Kelebihan metode deduktif adalah memudahkan
pemula dalam mempelajari i’rab karena penyajian materi diawali dengan
penjelasan kaidah. Kelemahannya adalah metode ini membutuhkan banyak waktu
karena guru harus menuliskan kaidah terlebih dahulu di papan tulis. Kelebihan
metode hafalan adalah dengan menghafal kaidah maka siswa akan lebih mudah
memahami teks bahasa Arab dengan cepat. Kelemahannya adalah siswa hanya
fokus pada hafalan teori. Kelebihan metode tanya jawab adalah pertanyaan dapat
menarik perhatian siswa. Kelemahannya adalah suasana pembelajaran menjadi
tegang. Kesimpulannya, hasil penelitian ini memperkuat teori yang sudah ada
serta memberikan temuan baru bahwa pembelajaran qawaid i’rab akan lebih
menarik jika menggunakan model pembelajaran interaktif. Salah satu metode
yang dapat digunakan adalah metode peta konsep dan metode bernyanyi karena
selain dapat melatih kemampuan analitis, siswa juga diberi ruang untuk
mengembangkan kreativitasnya.
24TS2455001.00 | TS P.PBA 24.001 AMA t | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain