SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Di MAS Simbangkulon Buaran Pekalongan
Pembelajaran merupakan proses interaksi manusia yang bersifat dinamis antara siswa, guru, dan lingkungan sehingga tercapai suatu perubahan tingkah laku pada siswa sebagai hasil belajar. Pembelajaran memiliki tujuan yang harus dicapai yakni perubahan perilaku yang terjadi kepada siswa yang diharapkan oleh guru setelah mempelajari suatu materi yang diberikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tujuan dari pembelajaran tidak dipandang dari hasilnya saja tetapi proses selama kegiatan berlangsung. Kurikulum pada tingkat satuan dasar dan menengah pada tujuan mata
pembelajaran matematika tercantum agar siswa memiliki 5 kemampuan matematis salah satunya adalah kemampuan komunikasi matematis. Salah satu perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan untuk mendukung peningkatan kemampuan komunikasi matematis adalah perangkat pembelajaran matematis yang menggunakan model think talk write. Pada model pembelajaran think talk write (TTW) memiliki tiga tahapan yakni berpikir (think), berbicara (talk), dan menulis (write) yang sesuai dengan tiga aktivitas yang membangun dasar pembelajaran. Salah satu yang menyebabkan kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu sulit mereka dalam memahami atau menjelaskan penyelesaian masalah dari masalah matematika yang dihadapi oleh mereka.
Memahami atau menjelaskan penyelesaian masalah dari masalah matematika yang mereka hadapi maka diperlukan pemahaman penalaran matematis yang baik. Berdasarkan permasalahan di atas, akan dilakukan ujicoba perangkat pembelajaran dengan model think talk write. Untuk skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi
Matematis Siswa Kelas X Di MAS Simbangkulon”.
24SK2426014.00 | SK TM 24.014 AZF p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain