SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Di SMK Negeri 1 Kedungwuni
Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah dalam kemampuan matematika siswa. Kemampuan yang dimaksud yaitu kemampuan memahami konsep matematis. Kurangnya pemahaman konsep matematika di SMK Negeri 1 Kedungwuni,dapat diatasi dengan pemilihan strategi pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat digunakan yaitu strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) karena dalam proses pembelajaran terdapat proses mengaitkan konsep dengan kehidupan nyata. Hal tersebut termasuk didalam indikator dalam pemahaman konsep matematis.
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu: 1.) Untuk menganalisis penerapan pengembangan strategi REACT dalam pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Kedungwuni. 2.) Untuk menganalisis pemahaman konsep matematis siswa terhadap pembelajaran matematika dengan strategi REACT. 3.) Untuk menganalisis efektivitas penerapan strategi REACT terhadap kemampuan pemahaman koneksi matematis siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kedungwuni yang berpopulasi kelas X SMK Negeri 1 Kedungwuni. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu Cluster random sampling maka diperoleh sampel TKRO 1 sebagai kelas eksperimen dan TKRO 2 sebagai kelas kontrol.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan: 1.) Penerapan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) dalam pembelajaran matematika di SMK N 1 Kedungwuni diterima baik oleh siswa 2.) Pemahaman konsep matematis siswa di SMK Negeri 1 Kedungwuni meningkat setelah diterapkannya strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT). Hal ini berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 84,53 dan juga dari hasil uji hipotesis data post-test menggunakan
Independent Samples T-Test menunjukkan hasil 0,000 < 0,05. 3.) Penerapan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) terbukti efektif. Hal ini dapat dilihat dari angket siswa yang secara keseluruhan mendapatkan respon kuat dengan perolehan persentase sebesar 74,12%.
24SK2426013.00 | SK TM 24.013 NAE e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain