SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Dan Hasil Belajar Matematika Siswa MAS Simbang Kulon
Guru merupakan unsur penting dalam sistem pendidikan. Demi meningkatkan
mutu dan kualitas peserta didik dan mencapai tujuan pendidikan maka peranan guru
harus diperhitungkan dengan sungguh-sungguh. Kualitas seorang guru dilihat dari
kompetensi-kompetensi dasar guru salah satunya kompetensi pedagogik, Guru yang
berkualitas mampu mengembangkan pembelajaran guna menciptakan lingkungan
belajar yang nyaman sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Dari uraian di atas peneliti merumuskan masalah menjadi tiga: 1) Bagaimana
hasil kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan matematika dengan
guru berlatar belakang bukan pendidikan matematika? 2) Bagaimana hasil belajar
matematika siswa yang diajar oleh guru berlatar belakang pendidikan matematika dan
bukan pendidikan matematika? 3) Apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik
guru terhadap hasil belajar matematika siswa? Dari ketiga rumusan masalah di atas,
penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil kompetensi pedagogik guru berlatar
belakang pendidikan matematika dan bukan pendidikan matematika 2) Mengetahui
hasil belajar matematika siswa yang diajar oleh guru berlatar belakang pendidikan
matematika dan bukan pendidikan matematika 3) Mengetahui pengaruh kompetensi
pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAS Simbang Kulon.
Dengan menggunakan teknik purposive sampling sampel yang dipilih adalah kelas XII
IPS 1 dan XII IPS 5. Dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
independent sample t-test yang dilanjutkan dengan regresi linier sederhana.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah skor kompetensi pedagogik guru berlatar
belakang pendidikan matematika lebih tinggi dari guru yang berlatar belakang bukan
pendidikan matematika yaitu 62,86 >58,16. Begitu pula dengan hasil belajar
matematika siswa, siswa yang diajar oleh guru berlatar belakang pendidikan
matematika memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa yang diajar oleh
guru berlatar belakang bukan pendidikan matematika yaitu 71,84>60,03. Dan terdapat
pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar
9,9% yang diketahui dari nilai R square atau koefisien determinasi dari uji regresi
linier.
24SK2426011.00 | SK TM 24.011 NIH p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain