SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Eksperimentasi Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Karangdadap
Salah satu pemicu menurunnya hasil belajar matematika yaitu pemakaian
media pembelajaran yang masih konvensional. Dibutuhkan sebuah media
pembelajaran yang mampu merubah tidak menariknya matematika menjadi begitu
menyenangkannya matematika, contohnya dengan menerapkan game edukasi.
Quizizz adalah aplikasi sekaligus web yang bisa difungsikan sebagai game edukasi
untuk membantu guru menyampaikan materi ajar. Ada banyak fitur pada Quizizz
yang belum banyak diketahui, salah satunya yaitu fitur Paper Mode. Quizizz Paper
Mode adalah fitur Quizizz yang dapat dilakukan secara offline.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana hasil belajar
matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Karangdadap yang menggunakan media
pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode?, 2) bagaimana hasil belajar
matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Karangdadap yang tidak menggunakan
media pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode? dan 3) apakah terdapat
perbedaan hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan media
pembelajaran game edukasi Quizizz dengan kelas yang tidak menggunakan media
pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode?. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menjawab rumusan masalah yang telah diuraikan. Sedangkan kegunaan
penelitian ini adalah sebagai acuan bagi guru matematika maupun pihak lain yang
berkepentingan dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian eksperimen dengan
pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang dipilih untuk penelitian ini yaitu
quasi eksperimental dengan menerapkan posttest-only control design. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah independent sample t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, hasil belajar matematika
kelas IX E dengan menggunakan media pembelajaran game edukasi Quizizz Paper
Mode diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 81,67 dan berada pada kategori
tinggi. Kedua, hasil belajar matematika kelas IX D tanpa menggunakan media
pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode diperoleh rata-rata nilai posttest
sebesar 75,83 dan berada pada kategori rendah. Ketiga, terdapat perbedaan hasil
belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran game edukasi
Quizizz Paper Mode dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran game
edukasi Quizizz Paper Mode. Dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel dimana
2,246 > 2,002.
24SK2426009.00 | SK TM 24.009 AYU e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain