SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Minat Dan Motivasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Aljabar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Tegal
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Tegal mereka cenderung merasa malas saat guru memberikan latihan soal dan juga di saat diberikan tugas oleh guru, seperti halnya ketika diberikan latihan soal di papan tulis hanya siswa yang pintar dan harus ditunjuk terlebih dahulu oleh gurunya barulah anaknya mau maju untuk mengerjakan sedangkan siswa yang lain menganggap matematika adalah pelajaran yang membingungkan dan sulit untuk dipelajari, untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan tindakan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam belajar yaitu dengan kita harus terlebih dahulu mengetahui minat dan motivasi siswa dalam belajar.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana pengaruh minat belajar siswa kelas VII SMPN 7 Kota Tegal terhadap pengaruh pemecahan masalah matematika. Bagaimana motivasi belajar siswa di kelas VII SMPN 7 Kota Tegal terhadap pemecahan masalah matematika. Bagaimana minat dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP Negeri 7 Kota
Tegal.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan temuan-temuan baru yang dapat diperoleh dengan menggunakan prosedur-prosedur secara statistik atau cara lainnya dari suatu pengukuran.Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data regresi linier berganda. Populasi penelitian yang akan diteliti adalah kelas VII dan sampel yang akan diambil kelas VII G dan kelas VII H yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan mengisi beberapa soalmatematika materi aljabar.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika sangat berpengaruh terhadap minat dan motivasi belajar siswa secara bersama- sama. Artinya apabila minat belajar siswa yang tinggi dan motivasi belajar siswa yang tinggi maka kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga tinggi, begitu sebaliknya apabila minat belajar siswa rendah dan motivasi belajar siswa rendah maka kemampuan pemecahan matematika siswa juga rendah. Didapat pengaruh yang positif juga nilai yang signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 7 SMP Negeri 7 Kota Tegal dengan sangat signifikan 0,012 < 0,05 dan Fhitung sebesar 4.818.
24SK2426006.00 | SK TM 24.006 EFI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain