SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Hasyim Asy'ari Pekalongan
Kurangnya variasi penerapan model pembelajaran yang digunakan guru
dalam proses belajar matematika menjadi suatu permasalahan, hal ini disebabkan
karena kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan model-model
pembelajaran. Dalam proses meningkatkan hasil belajar yang baik, maka guru perlu
menggunakan variasi model pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dan
antusias untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Dalam meningkatkan keaktifan
dan hasil belajar tersebut maka harus dilaksanakan pembelajaran dengan baik salah
satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh model
pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap keaktifan siswa kelas XI
SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan pada mata pelajaran matematika, 2) Adakah
pengaruh model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas XI SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan pada mata pelajaran
matematika, 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Two Stay Two
Stray terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Hasyim
Asy’ari Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dan jenis penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimen Design. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh jumalah populasi yang berjumlah 40
siswa dengan teknik pengambilan sampel teknik sampling jenuh. Adapun teknik
pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap keaktifan siswa kelas XI
SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan sebesar 28,3% dengan nilai F = 14,983 dan nilai
signifikansi 0,000, yang menunjukkan jika nilai signifikansi < 0,05 maka H
ditolak, H diterima. Artinya penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray
berpengaruh terhadap keaktifan siswa. Terdapat pengaruh model pembelajaran
kooperatif Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI
SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan sebesar 39,8% dengan nilai F = 25,108 dengan
nilai signifikansi 0,000 dimana 0,000 < 0,05 maka dinyatakan bahwa H ditolak,
H diterima yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Two
Stay Two Stray terhadap hasil belajar Matematika siswa. Dan terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap keaktifan dan hasil
belajar matematika siswa kelas XI SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan secara
simultan sebesar 42,6% dengan hasil pada uji MANOVA dengan nilai F = 13,741
dan nilai signifikansi sebesar 0,000.
24SK2426004.00 | SK TM 24.004 GUN p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain