SKRIPSI KPI
Komodifikasi Agama Islam dalam Iklan Sukun (Edisi "Alhamdulillah Lebaran Datang Lagi")
Rokok merupakan suatu produk yang memiliki dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat. Meskipun demikian, iklan sebuah rokok saat ini dapat eksis dan mampu menarik konsumen melalui tayangannya. PT. Sukun Wartono Indonesia selaku perusahaan yang memproduksi rokok Sukun mencari ide yang menarik melalui momen lebaran. Produsen mengemas iklan rokok sedemikian rupa menjadi tontonan yang menarik dengan menyelipkan nilai-nilai islami di dalamnya. Senada dengan konsep komodifikasi, iklan rokok Sukun edisi ini memanfaatkan nilai-nilai islami dalam momen lebaran menjadi sesuatu yang bernilai jual pada produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi agama Islam dalam iklan Sukun edisi “Alhamdulillah lebaran datang lagi”dan bagaimana strategi penerapannya dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komodifikasi yang muncul dalam iklan Sukun edisi “Alhamdulillah lebaran datang lagi ini” terlihat melalui tanda-tanda dan simbol-simbol yang mengandung maksud dan pemaknaannya masing-masing dalam penggambaran cerita pada iklan tersebut. tanda-tanda yang dipilih oleh pengiklan dimaksudkan untuk menyampaikan pesan keagamaan dan nilai-nilai lebaran. Komodifikasi agama Islam yang terlihat seperti penggunaan bahasa keagamaan dan narasi, adanya simbol agama, atribut serta pakaian yang dipakai, menciptakan hubungan yang kuat antara produk dan perayaan lebaran, serta pesan islami berupa etika dan moral yang diselipkan.
24SK2434021.00 | SK KPI 24.021 NAN k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain