SKRIPSI KPI
Komunikasi Organisasi Ayam Geprek Sa'I dalam Membangun Akhlaqul Karimah Karyawan
Perusahaan berperan sebagai wadah bagi para pekerja dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam dunia kuliner, inovasi dan ide baru telah banyak dimunculkan untuk dapat mempertahankan eksistensi sebagai perusahaan kuliner dengan brand image yang mampu menjamin kepuasan pelanggan. Namun, adanya penerapan budaya perusahaan yang berbeda-beda, menjadikan setiap perusahaan memiliki ciri khas masing-masing. Ayam Geprek Sa’i, sebuah usaha restoran cepat saji yang mengedepankan syar’iat Islam yang berada di bawah naungan PT. Ukhuwah Berkah Semesta. Target utama Ayam Geprek Sa’i adalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang Islami dengan tujuan supaya perusahaan ini menjadi sarana karyawan dalam berikhtiar dan mencari rezeki. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui proses komunikasi yang berlangsung dalam menciptakan suasana kerja sehingga dikatakan pekerja di Ayam Geprek Sa’i lebih mengedepankan syariat Islam dibandingkan dengan perusahaan lainnya serta mengetahui bentuk akhlaqul karimah seperti apa yang diajarkan di Ayam Geprek Sa’i. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan komunikasi Harold Lasswell. Adapun teori komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori milik Joep Cornelissen. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis model Miles Huberman Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi organisasi di Ayam Geprek Sa’i berlangsung secara tiga arah. Tiga arah aliran informasi ini disebut dengan komunikasi vertikal, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal. Dari proses komunikasi organisasi yang berlangsung dapat menciptakan nilai-nilai akhlaqul karimah karyawan melalui isi pesan yang disampaikan. Nilai-nilai akhlaq tersebut kemudian diimplementasikan oleh masing-masing karyawan dalam upaya mencapai tujuan bersama sesuai dengan visi misi perusahaan.
24SK2434005.00 | SK KPI 24.005 RIZ K | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain