SKRIPSI PAI
Urgensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Akhlak Siswa Kelas VII Di SMP N 4 Bojong Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kasus terdapat dampak negatif yang ditimbulkan dari teknologi informasi berupa gadget dalam bentuk perilaku atau akhlak yang tidak sejalan dengan ajaran agama islam sehingga membutuhkan urgensi dari guru PAI dalam mengatasi dampak negatif penggunaan gadget pada akhlak siswa seperti malas mengerjakan kewajiban sholat dan beribadah dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana seorang muslim. Dalam Penelitian ini untuk mengetahui dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget pada akhlak siswa serta untuk mengetahui urgensi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dampak negatif penggunaan gadget pada akhlak siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana dampak penggunaan gadget pada akhlak siswa kelas VII di SMP N 4 Bojong Kabupaten Pekalongan, (2) Bagaimana urgensi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dampak negatif penggunaan gadget pada akhlak siswa kelas VII di SMP N 4 Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menjelaskan dampak penggunaan gadget pada akhlak siswa di kelas VII SMP N 4 Bojong Kabupaten Pekalongan, (2) Untuk menjelaskan urgensi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dampak negatif dari penggunaan gadget pada akhlak siswa kelas VII di SMP N 4 Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan dalam menganalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dampak negatif penggunaan gadget pada siswa mempunyai dampak positif: memudahkan siswa dalam mencari materi pelajaran dan mendapatkan informasi yang belum siswa ketahui. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan gadget diantaranya: membawa gadget ke sekolah dan bermain gadget saat guru menerangkan, ketergantungan, malas belajar, lalai terhadap kewajiban sebagai muslim, dan berkurangnya akhlak dalam berpakaian. (2) urgensi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dampak negatif penggunaan gadget pada akhlak siswa: menjadi contoh atau teladan, menasihati, membimbing, memotivasi, melakukan kerjasama atau kolaborasi dengan berbagai pihak, melakukan kunjungan ke rumah siswa yang terdampak negatif dari penggunaan gadget
24SK2421095.00 | SK PAI 24.095 DIN u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain