SKRIPSI PAI
Impelementasi Metode Think Pair- Share Pada Pembelajaran Fikih Materi Zakat Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Kabupaten Batang
Terdapat persoalan di MANU 01 Banyuputih kabupaten Batang yaitu siswa- siswi yang kesulitan dalam memahami materi fikih bab zakat. Adapun kesulitan yang di alami siswa-siswi sekolah tersebut yaitu masih ada sebagian siswa-siswi yang masih kesulitan dalam menghitung pembagian nishob dan materi yang berkaitan tentang zakat. Menindak lanjuti permasalahan yang ada, pendidik mempunyai solusi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode think pair share yaitu suatu pembelajaran dengan menggunakan beberapa metode yang di kombinasikan menjadi satu. Dengan menerapkan metode tersebut diharapkan nantinya siswa dapat memahami materi dengan mudah dan menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa serta membangun kreatifitas dan aktif dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru dan siswa MANU 01 Banyuputih. Adapun sumber data sekundernya adalah arsip-arsip dan dokumentasi di MANU 01 Banyuputih. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan implementasi metode think pair share pembelajaran fikih materi zakat di MANU 01 Banyuputih terdapat beberapa metode pembelajaran yang digunakan pendidik dalam menyampaikan materi. Adapun Metode pembelajaran yang digunakan pendidik yaitu metode ceramah, metode berpasangan dan metode disukusi. Selain itu pendidik juga mengkombinasikan metode tersebut dengan metode tanya jawab sehingga penerapan metode tersebut dapat diterapkan dengan maksimal. Kemudian implementasi metode think pair share pembelajaran fikih materi zakat terdapat beberapa hambatan yang dialami pada saat pembelajaran diantaranya; siswa kurang fokus, siswa kurang memahami materi dan siswa ingin cepat selesai dalam kegiatan belajar mengajar.
24SK2421084.00 | SK PAI 24.084 NUR i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain