SKRIPSI PAI
Implementasi Sekolah Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Dan Relevansinya Deangan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Petarukan
Sekolah adiwiyata merupakan sekolah yang peduli terhadap lingkungan. Komponen yang harus ada dalam sekolah adiwiyata, di antaranya: 1) Kebijakan berwawasan lingkungan, 2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, 3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan 4) Pengelolaan sarana pendukung lingkungan. Sikap peduli lingkungan dapat diartikan sebagai perhatian setiap individu terhadap lingkungan yang diwujudkan dalam tindakan/perilakunya. Perilaku yang dilakukannya dapat terkait dengan kebersihan lingkungan, kebersihan rumah, usaha hemat energi, pemanfaatan kebun/pekarangan, dan penanggulangan sampah. Adapun rumusan masalah pada penelitia ini adalah bagaimana implementasi sekolah adiwiyata sebagai upaya pembentukan sikap peduli lingkungan siswa SMP Negeri 2 Petarukan?, bagaimana relevansi sekolah adiwiyata dengan nilai-nilai pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Petarukan?, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program adiwiyata di SMP Negeri 2 Petarukan?. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 2 Petarukan dan mengetahui relevansi sekolah Adiwiyata dengan nilai-nilai pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Petarukan serta mngetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Sekolah adiwiyata di SMP Negeri 2 Petarukan. Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan, wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan metode analis data menggunakan analisis data kualitatif dengan metode trianggulasi. Dari hasil penelitian bahwa Implementasi sekolah adiwiyata yang dilaksanakan SMP Negeri 2 Petarukan sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dalam pelaksanaannya teratur sesuai tahapan. Kemudian Sekolah adiwiyata memiliki relevansi atau hubungan dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Adapaun faktor Pendukungnya yaitu pimpinan dan kerja sama seluruh civitas akademik. Sedangkan untuk faktor penghambat sarana prasarana yang kurang memadai dan lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang mendukung.
24SK2421082.00 | SK PAI 24.082 NAF i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain