SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Melalui Penerapan Metode Takrir Di TPQ At-Tarsyuddinyah Gumawang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
TPQ At-Tarsyudiyah merupakan wadah bagi anak-anak untuk mempelajari membaca Al-Qur’an mulai dari Iqra. Juz Ama dan sampai khatam Al-Qur’an, tentu dalam taman pendidikan terdapat persoalan yang terjadi, Terdapat persoalan di TPQ At-Tarsyudiyyah terdapat anak-anak yang kurang mempelajari perihal membaca Al-Qur’an dikarenakan rentan anak usia dini 3-6 tahun. Maka dari itu anak-anak mengalami kesusahan mengenal huruf, sehingga membuat anak tersebut terhambat dalam membaca Al-Qur’an. Menindak lanjuti permasalahan yang ada para guru TPQ At-Tarsyudiyyah mempunyai solusi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode takrir Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik TPQ At- Tarsyuddiyah. Adapun sumber data sekundernya adalah sumber data tertulis yang didapatkan melalui buku, jurnal, dan arsip. Tujuan penelitian guna mengetahui upaya guru dalam menerapkan metode takrir guna mengembangkan kemampuan baca Al-Qur’an pada peserta didik, beserta kendala yang dialami guru saat pembelajaran Al-Qur’an dan Bagaimana solusi untuk menghadapi perkembangan kemampuan baca Al-Qur’an anak di TPQ At-Tarsyudiyyah. Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa upaya guru dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui penerapan metode takrir di TPQ At-Tarsyuddiyah terdiri dari tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Dalam tahap perencanaan guru membagi 3 kegiatan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan penutup. Dalam tahap pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an awal hingga Akhir. Di bawah bimbingan guru, santri dapat mengenal huruf hijaiyah, sehingga anak bisa membaca huruf hijaiyah dan dapat membuat anak bisa membaca dan melafalkan ayat per ayat dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, beserta dengan makhorijul huruf dan shifatul hurufnya.
24SK2421079.00 | SK PAI 24.079 SAL u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain