SKRIPSI PAI
Pengaruh Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMK Ma'arif NU Tirto Pekalongan
Pembiasaan karakter dapat dilakukan dengan memberikan contoh yang baik kepada anak seperti disiplin berpakaian dan datang tepat waktu, menggunakan bahasa yang baik dan sopan saat berbicara dengan orang lain, dan bersikap baik kepada orang lain. Ketika seseorang terbiasa disiplin tentang satu hal, mereka mencoba untuk disiplin tentang hal lain juga, baik dalam pekerjaan, maupun kesehariannya. Sedangkan disipilin juga tidak mengenal tempat, baik itu di rumah, di masyarakat, di sekolah. Disiplin yang dimaksud adalah disiplin diri, yang memiliki motivasi internal. Disiplin diri adalah sikap patuh kepada waktu dan peraturan yang ada. Dengan disiplin waktu dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, siswa akan belajar mempunyai tanggung jawab terhadap aturan yang ada. Pendidik sangat ingin memahami bagaimana menerapkan pendidikan karakter yang mereka ajarkan kepada anak didiknya Hal tersebut sejalan dengan tujuan pendidikan Nasional, dimana pendidikan dapat membentuk jati diri bangsa Indonesia sesuai dengan nilai-nilai yang ada dan berkembang di negara Indonesia. Pancasila adalah sumber pendidikan karakter bagi kehidupan bangsa Indonesia. Penerapan profil pelajar Pancasila diharapkan dapat membentuk dan mengembangkan karakter utamanya disiplin di SMK Ma’arif NU Tirto Pekalongan. Rumusan masalah pada skripsi ini yang pertama implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMK Ma’arif NU Tirto Pekalongan, kedua bagaimana karakter disiplin di SMK Ma’arif NU Tirto Pekalongan, ketiga apakah ada pengaruh penguatan profil pelajar pancasil terhadap pembentukan karakter disiplin siswa SMK Ma’arif NU Tirto Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan karakter disiplin siswa berdasarkan penerapan profil pelajar pancasila di SMK Ma’arif NU Tirto Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Ma’arif NU Tirto Pekalongan Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 1.087 siswa. Dan sampel penelitian ini diambil dari 26 siswa kelas XI TKJ 3 SMK Ma’arif NU Tirto Pekalongan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi dasar yakni uji normalitas dan uji linearitas, juga menggunakan uji analisis regresi linear sederhana serta koeifisien determinasi. Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan hal yang baru di SMK Ma’arif Nu Tirto Pekalongan, dengan beberapa guru yang mengampu mata pelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila yang sudah melaksanakan pembelajaran selama satu tahun ini. Mayoritas di kelas XI TKJ 3 memenuhi 6 indikator tersebut, namun ada beberapa siswa yang kurang memahami projek penguatan profil pelajar pancasila ini. Serta berdasarkan hasil analisis data menunjukkan hasil maksimum di mana pada indikator 3 diperoleh hasil 87%, banyak siswa yang mematuhi aturan tata terib sekolah. Hal ini didasari indikator bernalar kritis pada projek penguatan profil pelajar pancasila di mana para siswa fokus terhadap pelajaran dan aktif berkomentar pada sesi tanya jawab ataupun diskusi belajar, serta mematuhi aturan di lingkup sekolah terutama dalam kegiatan pembelajaran. Dan hasil minimum pada indikator 6 diperoleh hasil 38,1%, yang menunjukkan para siswa tidak disiplin dalam kegiatan belajar di rumah. Hal ini didasari indikator kemandirian pada projek penguatan profil pelajar pancasila di mana para siswa berinisiatif sendiri dan melaksanakan kegiatan belajar secara mandiri tanpa arahan guru ataupun orang tua jika di rumah.
24SK2421077.00 | SK PAI 24.077 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain