SKRIPSI PAI
Implementasi Program Kecakapan Dasar Siswa Madrasah (KDSM) Pada Pengetahuan Keagamaan Siswa Di MA NU 01 Banyuputih Kabupaten Batang
Peran pendidikan Islam di Indonesia adalah salah satu bentuk perwujudan dari cita-cita masyarakat untuk menanamkan, melestarikan, dan mentransformasikan nilai-nilai islami kepada generasi penerusnya agar tetap berkembang dari waktu ke waktu. Kecakapan Dasar Siswa Madrasah (KDSM) adalah salah satu program unggulan yang ada di MA NU 01 Banyuputih, program ini menjadi sebuah terobosan yang mengupayakan untuk memperdalam khasanah ilmu keagamaan siswa di MA NU 01 Banyuputih. Pelaksanaan program KDSM ini sebagai upaya pembiasaan siswa agar berperilaku islami, sehingga dapat menunjang pengetahuan dan praktik keagamaan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan hal tersebut, maka program KDSM sangat menarik untuk dikaji karena berkaitan dengan pengetahuan keagamaan siswa dalam bidang fikih ibadah. Bekal pengetahuan keagamaan sebagai landasan segala aktivitas akan menjiwai dan menjadi sumber kekuatan, program KDSM ini dibentuk agar siswa mendalami ilmu agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi program kecakapan dasar siswa madrasah (KDSM) di MA NU 01 Banyuputih Kabupaten Batang? 2) Bagaimana efektivitas dari implementasi program kecakapan dasar siswa madrasah (KDSM) pada pengetahuan keagamaan siswa di MA NU 01 Banyuputih Kabupate Batang? Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Seddangkan dalam menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data serta keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Implementasi program kecakapan dasar siswa madrasah (KDSM) di MA NU 01 Banyuputih terbagi tiga tahap yaitu perencanaan, screening siswa, dan pelaksanaan progam. Program ini telah dirancang dan disesuaikan dengan sistem yang berada di sekolah, dengan tekhnis pelaksanaan akan dibimbing oleh guru-guru di madrasah yang tentunya memiliki kualifikasi. Mengingat pentingnya kecakapan keagamaan yang perlu dimiliki siswa sebagai umat beragama, sehingga lingkungan sekolah perlu menunjukkan siswa menjadi insan yang berkarakter. 2) Efektivitas dari implementasi program kecakapan dasar siswa madrasah (KDSM) pada pengetahuan keagamaan siswa di MA NU 01 Banyuputih ini dalam proses pembinaan dalam meningkatkan kecakapan siswa sudah berkesinambungan dengan tujuan program ini, sehingga upaya dalam membentuk kecakapan keagamaan bagi siswa sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Jadi, program ini dikatakan efektif untuk diterapkan secara berkelanjutan.
24SK2421072.00 | SK PAI 24.072 RAH i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain