SKRIPSI PAI
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Perilaku Moderasi Beragama Siswa Di SMP Negeri 2 Kedungwuni
Moderasi beragama merupakan jalan tengah untuk menghadapi perbedaan baik kolompok yang tergolong ekstrem maupun fundamental. Hal ini menjadikan lembaga pendidikan sebagai akses untuk melaksanakan moderasi beragama dan melakukan pendekatan sosioreligius dalam beragama dan bernegara. Peran guru dalam membina perilaku peserta didik merupakan salah satu komponen penting dalam membentuk perilaku peserta didik menjadi lebih baik. Peneliti melakukan penelitian pada salah satu objek lembaga pendidikan yaitu pada SMP Negeri 2 Kedungwuni. Alasan peneliti memilih penelitian tentang peran guru dalam membentuk perilaku moderasi beragama diantaranya masih kurangnya Tingkat pemahaman peserta didik tentang ajaran islam mengenai moderasi beragama, pembinaan karakter dalam proses pendidikan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina perilaku moderasi beragama pada proses pendidikan di SMP Negeri 2 Kedungwuni, dan apa saja makna nilai-nilai moderasi beragama yang dibentuk oleh guru pendidikan agama Islam dalam proses pendidikan di SMP Negeri 2 Kedungwuni. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan melalui observasi dan interaksi serta mengamati subjek penelitian secara langsung oleh peneliti untuk memperoleh informasi dan data-data. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada 4 peran guru PAI dalam membina sikap moderasi beragama siswa di SMP N 2 Kedungwuni. Diantaranya yaitu: peran guru Sebagai conservator atau pemelihara, guru pendidikan agama Islam dituntut harus bisa memahami terlebih dahulu bagaimana moderasi beragama. Sebagai innovator, inovasi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam terdapat beberapa kegiatan yang melibatkan aktifitas multi agama. Sebagai motivator, guru pendidikan agama Islam dituntut mampu membuat motivasi dalam moderasi beragama. Sebagai transformator, guru pendidikan agama Islam harus mampu menyampaikan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik. Selanjutnya ada 5 makna nilai-nilai moderasi beragama yang dibina oleh guru PAI dalam proses pendidikan di SMP N 2 Kedungwuni. Diantaranya yaitu: makna keadilan yang dibentuk oleh guru pendidikan agama Islam untuk menyetarakan pandangan terhadap keberagaman beragama. Makna kebaikan yaitu menjadi jalan persatuan dan kesatuan umat beragama. Makna hikmah memberikan pemahaman tentang rasa saling menghormati kepada perbedaan dalam berkeyakinan. Makna konsisten, moderasi beragama perlu adanya sebuah internalisasi serta penerapan sebuah pemahaman. Makna nilai keseimbangan yaitu penerapan yang dilakukan oleh guru Pendidikan agama Islam untuk mengarahkan peserta didik ke dalam sikap saling menghargai.
24SK2421070.00 | SK PAI 24.070 YAN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain