SKRIPSI BPI
Implementasi Bimbingan Islami dengan Teknik Al-Mau'izhah Khasanah dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa Akibat Toxic Parents di MAN 1 Kota Pekalongan
Implementasi Bimbingan Islami yang diberikan oleh guru BK untuk membantu siswa dalam menumbuhkembangkan kemampuannya dalam memahami dan menyelesaikan masalah dengan memilih alternatif tindakan terbaik untuk mencapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat di bawah naungan ridha dan kasih sayang Allah. Kepercayaan diri rendah karena tindakan toxic parents orang tua mereka, anak yang seharusnya mendapatkan kasih saying yang utuh dari kedua orang tuanya namun yang terjadi pada mereka justru sebaliknya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi bimbingan Islami dengan teknik al-mau’izhah al-hasanah untuk menumbuhkan kepercayaan diri siswa akibat toxic parents di MAN 1 Kota Pekalongan? (2) Bagaimana kondisi kepercayaan diri siswa toxic parents di MAN 1 Kota Pekalongan sebelum dan sesudah diberikan bimbingan Islami dengan teknik almau’izhah al-Hasanah? Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitataif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dilakukan bimbingan Islam dengan tekinik al-mau’izhah al-hasanah kondisi kepercayaan diri siswa selalu bersikap negatif, pesimis terhadap kemampuan, tidak berani berpendapat, bergantung pada orang lain. Sedangkan sesesudah dilakukan bimbingan Islam dengan teknik al-mau’izhah al-hasanah maka siswa mampu bersikap positif dan percaya pada kemampuan dirinya, bertindak mandiri, berani mengutarakan pendapat. Implementasi bimbingan Islami dengan teknik al-mau’izhah al-hasanah ini sebagai upaya guru BK untuk menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Bimbingan Islami ini berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada di teori meliputi tahapan awal, tahapan pertengahan, dan tahapan Akhir.
24SK2435032.00 | SK BPI 24.032 RIZ p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain