SKRIPSI BPI
Konseling Islam Melalui Layanan Mediasi Untuk Mengatasi Konflik Interpersonal Siswa di SMP Negeri 1 Buaran
Siswal yalng jalralng bermalsallalh altalu terlibalt konflik memiliki sikalp sopaln, tidalk mudalh terpengalruh perilaku yalng buruk. Sedalngkaln siswal yalng rentaln alkaln konflik daln terlibalt konflik bialsalnyal siswal yalng sulit dialtur dan menutup diri sertal susalh dialjalk komunikalsi. Namun paldal sekalralng ini malsal remaljal paldal siswal dalpalt mengallalmi permalsallalhaln. Hal yalng dalpalt dilalkukaln sebalgali upalyal penalngalnaln konflik interpersonall yalng diallalmi siswal melalui lalyalnaln konseling yalng dalpalt dilalksalnalkaln oleh guru BK yaitu konseling islam melalui layanan mediasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana konflik interpersonal siswa di SMP Negeri 1 Buaran? (2) Bagaimana konseling Islam melalui layanan mediasi untuk mengatasi konflik interpersonal siswa di SMP Negeri 1 Buaran?. Tujuan Penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui konflik interpersonal siswa di SMP Negeri 1 Buaran (2) untuk mengetahui konseling Islam melalui layanan mediasi untuk mengatasi konflik interpersonal siswa di SMP Negeri 1 Buaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penelitian lapangan. Dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk konflik interpersonal yang terjadi di SMP Negeri 1 Buaran meliputi saling mengejek, dan kejahilan siswa. Konflik Ini terjadi karena kurangnya perhatian orang tua sehingga siswa mencari perhatian lebih dengan menjaili temannya. Selain itu, perbedaan antara individu baik secara fisik maupun mental, perbedaan kemampuan, maupun perbedaan perasaan juga berpengaruh timbulnya suatu pertikaian atau perselisihan.(2) Pelaksanaan konseling Islam melalui layanan mediasi dalam mengatasi konflik interpersonal siswa melalui proses perencanaan meliputi identifikasi pihak yang berselisih dan mengatur pertemuan, menyiapkan fasilitas serta kelengkapan administrasi. Pelaksanaan meliputi: penerimaan pihak yang berseilisih serta penstrukturan, pembahasan masalah dengan teknik tabayyun, al-hikmah, mujādalah dan mauidhoh hasanah, pengubahaan tingkah laku siswa, pembinaan komitmen serta penilaian siswa yang dilakukan segera. Pada tahapan evaluasi guru BK menggunakan evaluasi jangka pendek dengan mengamati peserta didik dilingkungan sekolah, dan mencari informasi dengan menanyakan kepada teman sekelas peserta didik yang bermasalah apakah mereka masih bermusuhan atau benar sudah berdamai.
24SK2435028.00 | SK BPI 24.028 RIZ k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain