SKRIPSI BPI
Efektivitas Konseling Kelompok Berbasis Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP N 6 Taman Kabupaten Pemalang
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah di SMP N 6 Taman Kabupaten Pemalang. Hal ini berdasarkan wawancara yang telah dilakuakn dengan guru BK SMP N 6 Taman Kabupaten pemalang hasil bahwa peserta didik kurang memiliki ciri-ciri motivasi belajar seperti tidak adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil contohnya saat mendapatkan nilai penilaian harian yang tidak mencapai KKM. Menurut penuturan pengajar BK SMP N 6 Taman dalam satu kelas terdapat 2-4 peserta didik yang sudah melakukan pekerjaan paruh waktu membantu membongkar muatan kapal ikan dengan upah Rp 100.000/hari yang menyebabkan peserta didik tersebut tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Rumusan masalah yakni bagaimana motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah dilakukannya layanan konseling kelompok berbasis islam, dan apakah konseling kelompok berbasis islam efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisis sebelum dan sesudah dilakukannya konseling kelompok berbasis islam, dan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok berbasis islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP N 6 Taman Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain Pre-Eksperimental One Group Pre-test dan Post-test Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII sebagai sampelnya adalah 6 peserta didik dengan motivasi belajar rendah. Alat dalam pengumpulan data yaitu menggunakan skala motivasi belajar berupa angket. Untuk menghitung reliabilitas menggunakan bantuan program ANNETESTV4. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan (1) dari hasil skor pre-test motivasi belajar pada kelompok eksperimen adalah 118 dengan rata-rata 19,7 dan tergolong pada kategori motivasi belajar rendah. Kemudian setelah diberikan perlakuan. (2) Pada hasil skor post-test motivasi belajar mengalami pengingkatan 233 dengan rata-rata 38,8 dan tergolong dalam kategori motivasi belajar tinggi. (3) Hal ini menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis islam dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP N 6 Taman Kabupaten Pemalang. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan rata-rata kelompok eksperimen = 19,2 lebih tinggi daripada peningkatan skor rata-rata kelompok kontrol = 4,3.
24SK2435022.00 | SK BPI 24.022 SUK e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain