SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Bimingan Islami dalam Mengembangkan Kerpercayaan Diri Siswa Tunarungu di SDLB PRI Pekalongan
Keterbatasan dalam mendengar menyebabkan penyandang tunarungu harus menyesuaikan diri untuk menjalani rutinitas sehari-hari dengan cara berbeda dalam berkomunikasi, menerima infomasi, dan berinterakasi dengan lingkungan. Hal tersebut dapat menyebabkan ketidakpercayaan diri. Sehingga solusi untuk membantu mengembangkan kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB PRI Pekalongan melalui bimbingan islami. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB PRI Pekalongan sebelum dan sesudah bimbingan Islami, (2) bagaimana pelaksanaan bimbingan islami dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB PRI Pekalongan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB PRI Pekalongan sebelum dan sesudah bimbingan Islami, (2) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan islami dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB PRI Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan positif terhadap kepercayaan diri siswa tunarungu dalam aspek keyakinan akan kemampuan diri, optimis, dan bertanggung jawab. Namun pada aspek objektif, berpikir rasional, dan realistis belum berubah. Pelaksanaan bimbingan Islami bertujuan untuk memberikan pemahaman agama Islam, meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa, serta diharapkan agar siswa dapat menerapkannkan dalam kehidupan seharihari. Fungsi Bimbingan Islami yaitu fungsi preventif, kuratif, dan development. Metode Bimbingan islami yang diberikan melalui metode individu, kelompok pembiasaan, keteladanan, kisah, ceramah , dan praktik langsung. Pendekatan yang dilakukan melalui pendekatan bil hikmah, al-mau’idzhah al-hasanah, dan almujadalah bi al-lati hiya ahsan. Selain itu, materi yang disampaikan mengenai ibadah, aqidah, dan akhlak. Dengan menggunakan media belajar berupa internet, youtube, rebana dan gambar.
24SK2435021.00 | SK BPI 24.021 NIN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain