SKRIPSI BPI
Implementasi Bimbingan Individu Berbasis Islami untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni
Motivasi belajar merupakan kekuatan pendorong dalam kegiatan belajar dan pencapaian prestasi belajar siswa agar lebih baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Siswa kehilangan motivasi belajar akibat masalah bullying yang menimpa pada dirinya sangat menghambat dalam proses belajar. Salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa korban bullying yaitu dengan bimbingan individu agar siswa tersebut mempunyai rasa semangat kembali dalam belajar dan mendapat prestasi yang baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni, 2) Bagaimana Implementasi Bimbingan Individu Berbasis Islami Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Siswa Korban Bullying Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni?. Sedangkan tujuan dari Penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni, 2) Untuk Menganalisa Implementasi Bimbingan Individu Berbasis Islami Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan individu, motivasi belajar siswa korban bullying rendah dapat dibuktikan mereka belum memiliki ketekunan dalam mengerjakan tugas sekolah, sering mengeluh ketika diberikan tugas dari guru, sering menyontek, tidak menyukai salah satu mata pelajaran di kelas, dan belum mempunyai keinginan untuk mendapatkan prestasi. Namun setelah diberikan layanan bimbingan individu oleh guru BK, siswa korban bullying dapat menumbuhkan motivasi belajar dibuktikan bahwa mereka sudah tekun dalam mengerjakan tugas sekolah, sudah tidak mengeluh ketika diberikan tugas oleh guru, sudah tidak menyontek lagi, sudah mulai menyukai mata pelajaran yang dulunya tidak disukai, dan sudah mempunyai keinginan untuk mendapatkan prestasi. Implementasi bimbingan individu yang dilakukan oleh guru BK sudah sesuai dengan tahap-tahap bimbingan individu, diantaranya tahap pembukaan, tahap kegiatan, tahap pengakhiran.
24SK2435005.00 | SK BPI 24.005 KAT i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain