SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi, Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah KSPPS BMT Al Fataa Ulujami Kabupaten Pemalang
Perilaku nasabah merupakan sebuah studi dari suatu proses keputusan nasabah, mengapa nasabah mau menggunakan dan memanfaatkan produk-produk simpan pinjam yang ditawarkan. Lembaga simpan pinjam perlu memahami faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mau menjadi nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas promosi, produk dan lokasi kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah untuk melakukan simpan pinjam di KSPPS BMT Al-Fataa Ulujami Kabupaten Pemalang. Penelitian ini mengggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan analisis pengujian hipotesisdengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solution).
Berdasarkan hasil penelitain ini disimpulkan bahwa terdapat nilai signifikan dari variable promosi dan produk secara parsial berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi nasabah KSPPS BMT Al Fataa Ulujami dan pengaruhnya positif.Dan variabel Promosi secara parsial tidak terhadap minat masyarakat menjadi Nasabah KSPPS BMT Al Fataa Ulujami dan pengaruhnya negatif.
Berdasarkan hasil pengujian simultan (uji F) melalui hasil perhitungan SPSS bahwa faktor Promosi, Produk dan Lokasi berpengaruh secara sigfikan terhadap minat masyarakat KSPPS BMT Al Fataa Ulujami.
Kata Kunci: Minat Masyarakat, Promosi, Produk, dan Lokasi
DAFTAR PUSTAKA
Djazuli H.A. dan Yadi Jam=nwari, Lembaga-lembaga Perekonomian umat,(Jakarta PT Raja Grafindo Persada, 2002)
Sobana Fafang Husen, A.Mg, Manajemen Keuangan Syariah (Bandung: CV Pustaka Setia, 2018)
wahab Wardayani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Industri Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru” jurnal kajian ilmu ekonomi islam. (Riau: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau.2017 Vol 2 No. 01).
Putri Tandi Larasati, “Pengaruh Lokasi, Produk, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Iain Salatiga Dalam Menjadi Nasabah Bank Syariah” Skripsi ( Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga,2017).
Ramayulis,”ilmu Pendidikan Isla’, (Jakarta: Kalam Mulia.2002),Hlm.38
Basu swasta, “Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Nasabah”;(Yogyakarta: BPFE.2000) hlm. 89.
Nugroho J. Setiadi,” Perilaku Nasabah Konsep dan Implikasi Penelitian Pemasaran” (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. 2008).
Sumarwan Ujang,” Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Cet.1 Ed. 2( Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2011)
Philip Kotler, “Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol ( Jakarta: Prenhalindo, 1997).
Suryani Tatik, Perilaku Konsumen di Era Internet (Yogyakarta: Graha ilmu, 2013). Hlm.5.
Sudaryono.Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi.(Penerbit Andi-Yogyakarta).
Tandi Larasati Putri, “Pengaruh Lokasi, Produk, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Iain Salatiga Dalam Menjadi Nasabah Bank Syariah” Skripsi ( Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga,2017).
Rambat Lupiyoadi, A.Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat,2006.
Moch. Darsyah Sinungan, Manajemen Dana Bank, Jakarta: Rineka Cipta, 1990, hlm 76.
Ari wibowo, Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan
Pembelian di ”D’STUPID BAKER” Surabaya, STIESIA Surabaya, volume 3 No. 12, 2014
Muhammad, “Metodologi Penelitian Ekonomi Islam”, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008
Trenggonowati,MetodologiPenelitianEkonomidanBisnis, Cet. 1.EdisiPertama(Yogyakarta: BPEE, 2009)
Moh. Kasiran, Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif, (Malang: UIN Mailiki Press, 2010)
Mansur Chadi Mursid, Model PersamaanRegresidengan SPSS, (Tegal: Khoirunnisa, 2016),
Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Cet. Ke-5, (Semarang: Universitas Dipenogoro, 2011
Supranto:”satistik Teori dan Aplikasi” Edisi 5. Cet. Ke-15 (Jakarta: Erlangga, 2001)
Suliyanto, EkonometrikaTerapan – TeoridanAplikasidenganSPSS. (Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET: 2011 )
Syofian Siregar, “Metode {enelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS” Ed. 1 Cet. Ke-1, (Jakarta: kencana).
Asnawi, Said Kelana dan Chandra Wijaya. 2006, “Metodologi Penelitian Keuangan : Prosedur, Ide, dan Kontro”, Edisi 1, Cet. 1, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Anshori, Muslich dan SriIswati. 2009, “Metodologi Penelitian Kuantitatif”, AUP Unair, Surabaya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Rineka Cipta, Jakarta
Azwar, Saifudin, 1999.” Metode Penelitian”, Pustaka pelajar, Yogyakarta.
Bungin, M Burhan . 2005, “Metodologi Penelitian Kuantitatif” ,Kencana, Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional,Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi ke empat , PT. Gramdedia Pustaka Utama, Jakarta.
Eka Kiki Febriana, Yulianeu, Cicik Harini, Moh. Mukeri Warso, 2014. “Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Produk dan Lokasi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Pada Warung Makan Bu Sur)”, Jurnal, Manajemen Universitas Pandanaran, Semarang.
24SK2441050.00 | SK EKOS 24.050 SOC p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain