SKRIPSI EKOS
Pengaruh Gaya Hidup, Konformitas Dan Media Sosial Terhadap Pembelian Impulsif Di Online Shop Shopee Pada Mahasiswa Febi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Transaksi belanja secara online kini digemari oleh konsumen karena efisiensinya. Kemudahan dalam bertransaksi serta banyaknya pengguna shopee saat ini, memungkinkan sebagian besar konsumen melakukan pembelian impulsif. Pembelian impulsif sendiri dapat terjadi karena beberapa faktor, yaitu gaya hidup, konformitas dan media sosial. Dari ketiga faktor tersebut terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan inkonsistensi hasil penelitian. Diantaranya menurut penelitian Reni Suci Wahyuni dan Harini Abrilia Setyawati yang menyatakan bahwa shopping lifestyle memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif, berbeda dengan penelitian Fendy Maradita dan Dita Okta Sopiana, yang menyatakan bahwa gaya hidup tidak berpengaruh terhadap pembelian implusif. Pada penelitian Dewi amelia, menyebutkan bahwa konformitas berpengaruh terhadap pembelian impulsif, berbanding terbalik dengan penelitian Amanda Khoirunnisa, yang menunjukkan bahwa konformitas tidak mempengaruhi pembelian impulsif. Dan penelitian Dewi Andriany dan Mutia Arda, menyatakan bahwa media sosial berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada generasi millenial, bertentangan dengan penelitian Angie Noverine yang menyatakan bahwa pemasaran media sosial tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh gaya hidup, konformitas, dan media sosial terhadap pembelian impulsif di online shop Shopee pada mahasiswa FEBI UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, uji kualitas data, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yaitu gaya hidup, konformitas, dan media sosial secara parsial berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Kemudian secara simultan gaya hidup, konformitas, dan media sosial juga berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,662 atau 66,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebesar 66,2% pembelian impulsif ditentukan oleh gaya hidup, konformitas, dan media sosial, sedangkan sisanya 33,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
Kata kunci : Gaya Hidup, Konformitas, Media Sosial, Pembelian Impulsif
DAFTAR PUSTAKA
Afif, M., & Purwanto. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee Id. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, Ii(2).
Afifah, M. (2020). Pengaruh Media Sosial dan Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Produk Fashion Mahasiswa IAIN Kudus. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Progam Studi Manajemen Bisnis Syariah.
Amelia, D. (2019). Pengaruh Big-Five Personality, Konformitas, dan Faktor Demografi Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif dalam Berbelanja Online pada Wanita. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Impulse Buying pada Generasi. Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi (Firma).
Apjii. (2020, November 9). Siaran Pers: Pengguna Internet Indonesia Hampir Tembus 200 Juta Di 2019 – Q2 2020. Retrieved From Https://Blog.Apjii.Or.Id/Index.Php/2020/11/09/Siaran-Pers-Pengguna-Internet-Indonesia-Hampir-Tembus-200-Juta-Di-2019-Q2-2020/
Apriyandani, H., Yulianto, E., & Sunarti. (2017). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 dan 2015 Universitas Brawijaya Malang yang Membeli dan Menggunakan Smartphone Iphone). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 50(2).
Ardiyanto, F. (2017). Pengaruh Positive Emotion, Time Availability, dan Money Availability terhadap Impulsive Buying Behavior Konsumen Mahasiswa pada Department Store di Kota Yogyakarta. Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Xiv(1), 850-862.
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baladini, N., Syarief, N., & Gunaedi, J. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan, Pemasaran Media Sosial dan Motivasi Belanja Hedonis terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Kasus Pengguna Gopay di Kota Bekasi). Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi (Korelasi), 2, 1323-1337.
Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.
Baron, R. A., & Byrne, D. E. (1991). Social Psichology: Understanding Human Iteraction (6 Ed.). Bosoton: Allyn & Bacon.
Baron, R. A., & Byrne, D. E. (2005). Psikologi Sosial (10 Ed.). Jakarta: Erlangga.
Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta : Kencana.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing Excellence: Planning and Optimizing Your Digital Marketing (4 Ed.). New York: Routledge.
Dipetik Juni 15, 2022, dari https://www.google.co.id/books/edition/emarketing_excellence/ubjb1xsgxqgc?hl=id&gbpv=1&dq=social+media+marketing+is+based+on+how+we+can+use+interaction+consumer-to-consumer+(c2c)&pg=pa220&printsec=frontcover
Darma , B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Bogor: Guepedia. Dipetik 06 19, 2022, dari https://www.google.co.id/books/edition/statistika_penelitian_menggunakan_spss_u/acpleaaaqbaj?hl=id&gbpv=1
Databoks. (2022, Juli 19). 10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2022. Dipetik September 13, 2022, Dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan Spss. Yogyakarta: Deepublish.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen, (6 Ed.). Jakarta: Binarupa Aksara.
Engel, J. F., Kollat, D. T., & Blackwell, R. D. (2012). Perilaku Konsumen. Tangerang: Binarupa Aksara.
Ernayanti, N. D., & Marheni, A. (2019). Peran Konformitas Teman Sebaya dan Self Monitoring Terhadap Impulsive Buying pada Remaja Madya Putri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, V(2), 226-236.
Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T.-A. (2017). Teori Kepribadian (8 Ed.). Jakarta: Salemba Humanika.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen: Sikap dan Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9 Ed.). Semarang: Bp Undip.
Hawkins, D. I., Mothersbaugh, D. L., & Best, R. J. (2007). Consumer Behavior: Building Impulse Formation and Enactment, Psychology and Marketing (9 Ed.). (F.X.Budiyanto, Penerj.) Jakarta: Binarupa Aksara.
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang: Media Nusa Creative.
Huda, N., & Nurchayati. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Iklan, Harga, dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Perpindahan Merek ke Yamaha Nmax di Semarang Selatan. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, Vii(1), 118-139.
Iain Pekalongan. (N.D.). Retrieved April 10, 2022, from iainpekalongan.ac.id: https://www.iainpekalongan.ac.id
Iprice. (2021). Retrieved from Peta E Commerce Indonesia: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Janie, D. N. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press.
Khoirunnisa, A. (2018). Hubungan antara Konformitas dengan Impulsive Buying pada Remaja Penggemar Kpop di Kota Palembang. Disertasi, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, Psikologi, Inderalaya.
Komala, C. (2018). Perilaku Konsumsi Impulsive Buying Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Perspektif, Ii(2), 248-266.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (11 Ed.). Jakarta: Indeks.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. (B. Sabran, Penerj.) Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15 Global Edition Ed.). England: Pearson Education Limited.
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Kusuma, E. P. (2016). Olah Data Skripsi dengan SPSS 23. Pangkalpinang: Lab. Kom Manajemen FE UBB.
Ma’ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Retrieved Mei 20, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/pemasaran_ritel/taynlt2tufwc?hl=id&gbpv=1&dq=pembelian+impulsif&pg=pa64&printsec=frontcover
Ma’ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Dipetik Mei 20, 2022, dari https://www.google.co.id/books/edition/pemasaran_ritel/taynlt2tufwc?hl=id&gbpv=1&dq=pembelian+impulsif&pg=pa64&printsec=frontcover
Maradita, F., & Sopiana, D. O. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Diskon Harga dan Kualitas Informasi terhadap Pembelian Impulsif di Instagram (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Teknologi Sumbawa). Jurnal Riset Kajian Teknologi & Lingkungan (Jrktl), Iii(2), 209-217.
Maryati, K., & Suryawati, J. (2006). Sosiologi Jilid 1. Jakarta: Esis. Dipetik Mei 23, 2022, dari https://www.google.co.id/books/edition/sosiologi_jilid_1/lydffsorzzmc?hl=id&gbpv=1
Maryati, K., & Suryawati, J. (2006). Sosiologi Jilid 1. Jakarta: Esis. Dipetik Mei 23, 2022, dari https://www.google.co.id/books/edition/sosiologi_jilid_1/lydffsorzzmc?hl=id&gbpv=1
Mowen, J. C., & Minor, M. (2008). Perilaku Konsumen (2 Ed.). Jakarta: Erlangga.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2010). Consumer Behavior. Prentice Hall, Inc.
Myers , D. G. (2003). Social Psychologi (9 Ed.). New York: Mcgraw-Hill College.
Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial (10 Ed.). Jakarta: Salemba Humanika.
Nasution, D. A., & Barus, M. D. (2019). Monograf: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan pada Pemerintah Kota Tanjung Balai dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Noverine, A. (2020). Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Motivasi Belanja Hedonis terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Skripsi, Jurusan Manajemen Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Peter , & Olson. (2013). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran Jilid 1.
Pratama, R., & Salim, A. (2017). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Hedonis terhadap Pembelian Impulsif pada Starbucks Coffee. Manajemen Pemasaran, Vii(1).
Pratomo, D., & Ermawati, L. (2019). Kecenderungan Pembelian Impulsif Ditinjau dari Perspektif Islam. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), Ii(2), 240-252.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Pudyastari, M. P. (2019). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif Produk Fashion Melalui E-Commerce pada Mahasiswi di Jakarta. Skripsi, Universitas Negeri Jakarta, Program Studi Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi, Jakarta.
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: Wade Group.
Purwanto, E. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putri, F. R., & Artanti, Y. (2022). Pembelian Impulsif pada Marketplace: Pengaruh Personality, Price Discount dan Media Sosial. Sibatik Journal, I(5).
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Consumre Behaviour (Perilaku Konsumen) (7 Ed.). Jakarta: Indeks.
Sears, D. O., Peplau, L. A., & Taylor , S. E. (2009). Psikologi Sosial (12 Ed.). Jakarta: Kencana.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan (3 Ed.). Jakarta: Prenada Media.
Sholikhah, M., & Dhania, D. R. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Pembelian Impulsif Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikovidya, Xxi(1).
Siagian, D., & Sugiarto . (2000). Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Dipetik Agustus 10, 2022, dari https://www.google.co.id/books/edition/metode_statistika_untuk_bisnis_dan_ekono/sazed8d4mpsc?hl=id&gbpv=1
Simamora, B. (2000). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Similarweb. (2022, September 10). Peringkat Aplikasi Teratas. Dipetik September 13, 2022, dari https://www.similarweb.com/apps/top/apple/store-rank/id/shopping/top-free/
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sulastri, L., & Uriawan, W. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi dan Efikasi Diri terhadap Kinerja Pegawai di Era Industri 4.0. Komitment : Jurnal Ilmiah Manajemen,, I(1).
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor : Ghalia Indonesia.
Sumarwan. , U. (2003). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapan dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet (1 Ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trenggonowati. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Bpfe.
Tukiran, T., & Mustafidah, H. (2012). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Umayah, K. (2017). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Pembelian Impulsif pada Mahasiswa. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Fakultas Psikologi, Malang.
Viana, R., & Wartini, S. (2016). Pengaruh Atribut Produk, Iklan, dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Sepeda Motor Merek Lain ke Merek Honda. Management Analysis Journal, V(2).
Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), Ii(2).
Wiwoho, G. (2021). Determinan Pembelian Impulsif Di Marketplace: Peran E-Environment dan Efektivitas Iklan dan Shopping Enjoyment. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), V(1), 15-30.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (1 Ed.). Jakarta: Kencana.
Zayusman, F. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, I(1).
24SK2441037.00 | SK EKOS 24.037 ZAN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain