SKRIPSI EKOS
Pengaruh Pembayaran Cash On Delivery, Tagline Gratis Ongkos Kirim,Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pengguna E-Commerce Shopee Di Kota Pekalongan)
E-commerce diciptakan untuk melakukan transaksi bisnis yang menggunakan internet agar masyarakat semakin mudah dalam proses jual beli secara online dan tidak terhalang oleh jarak dan waktu. Meskipun e-commerce begitu digandrungi oleh sebagian masyarakat, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang memiliki kepercayaan yang kecil bahkan beberapa dari mereka tidak menaruh kepercayaan terhadap sistem jual beli online karena sebagian besar dari mereka menganggap belanja online memiliki beberapa kerugian, salah satunya yaitu penipuan, itulah yang sering terjadi dalam jual beli online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembayaran cash on delivery, tagline gratis ongkos kirim, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian di kota Pekalongan.
Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna e-commerce shopee yang ada di kota Pekalongan. Pada penelitian ini, sampel penelitian yang digunakan yaitu teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, yang sumber datanya adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan rumus menurut Donald R. Cooper dan C. Wiliam Emory yang menghasilkan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pembayaran cash on delivery berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel Tagline Gratis Ongkos Kirim berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan. Variabel Pembayaran Brand Ambassador berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. variabel Pembayaran Cash On Delivery, Tagline Gratis Ongkos Kirim, dan Brand Ambassador secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Variabel Keputusan Pembelian
Kata kunci : Pembayaran cash on delivery, tagline gratis ongkos kirim, brand ambassador, keputusan pembelian, pekalongan.
DAFTAR PUSTAKA
Amalia Probosini, D., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening.
Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 445–458.
Aqih, nabil abdul, & putri, chelsea mutiara. (2022). Evaluasi Sistem Cash On Delivery : Demi Meningkatkan Kepastian Hukum Dalam Perkembangan Transaksi Elektronik DI Indonesia Evaluation Of Cash On Delivery System For Improvung Legal Certainy In The Development Of The Electronic Transactions In Indonesia. 2(2).
Ariska, Y. I., Yustanti, N. V., & Ervina, R. (2022). Dampak Tagline “Gratis Ongkos Kirim” dan Program Flash Sale pada Marketplace Shoppe untuk Mendorong Impulsive Buying secara Online. EKOMBIS REVIEW
: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 109–120. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.2005
Azlin, N., Syahrudin, H., & Kuswanti, H. (2022). Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53285
Dwi Estijayandono, K. (2019). Etika Bisnis Jual Beli Online Pada Presfektif Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3, 56.
Fathur, M., Zuhada, R., Zahara, Z., Surbakti, B., Khairani, E., & Silalahi, P. R. (2023). PENGARUH METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY PADA APLIKASI SHOPEE TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN ( Studi Kasus Pada Mahasiswa UINSU ). 3(1), 105–114.
Hajati, D. I. (2022). Pengaruh Layanan Cash On Delivery , Online Consumer Rating dan Reviews terhadap Keputusan Pembelian Produk secara Online. 8(2), 141–151.
Hanum, latifah and M. R. (2022). Pengaruh brand image dan jasa cash on delivery (cod) terhadap keputusan pembelian pada may cakes gg. subur, beringin. pematang siantar. 1(2), 88–99.
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199–2205.
Khairunnisa, F., & Jamiat, N. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Melalui E-Commerce Shopee Di Indonesia. E-Proceeding of Management, 8(1), 394–408. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/14377/14161
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630.
laura, netty and K. K. (2022). Pengaruh Harga dan Layanan Cash on Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Moderasi. Management Business, 5(1).
file:///D:/jurnal/pengaruh cod terhadap keputusan pembelian.pdf
MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.
https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., Roring, F., Manajemen, J., Ekonomi, F., Ratulangi, U. S., Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). H . Y . Mokodompit ., S . L . H . V . J . Lapian ., F . Roring .
PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING , SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK SHOP ( STUDI PADA MAHASISWA DAN ALUMNI EQUIL CHOIR FEB . 10(3), 975–984.
Momongan, S. R., Tumbel, T. M., & Asaloei, S. I. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik Unsrat. Productivity, 3(6), 584–590.
Narida, M. G. (2021). Persepsi Pengguna E-Commerce Terhadap Kualitas Informasi Pembelian Barang Dengan Metode Pembayaran Cash on Delivery (Cod) Berdampak Pada Terjadinya Pengancaman Kepada Kurir Jasa Expedisi. Kinesik, 8(2), 176–188. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.165
Ningcahya, iin rath, & rahmawati, lilik. (2020). Pengaruh Keputusan Pembelian Melalui Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel). 6.
Nurkholis, A., & Nandasari, E. A. (2022). Daya Ikat Perjanjian Jual Beli Dalam Marketplace Shopee Dengan Sistem Pembayaran Cash on Delivery (Cod). Jurnal As Syar’e Jurnal Syari’ah & Hukum, 1(1), 1–98.
Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.117-128
Puanda, F., Rahmidani, R., Ekonomi, J. P., Ekonomi, F., & Padang, U. N. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee. 4(3), 367–379.
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Kebutuhan Pembekian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17. httpse jurnal.lppmunsera.orgindex.phpSMarticledownload27071734
Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, dan brand image terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 1–178.
Putri, W., & harti. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PRODUK SCARLETT. 11(April), 346–363.
Ramadhan, D. G., & Aulia, P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Studi Kasus Arief Muhammad Sebagai Brand Ambassador) Erigo. EProceedings of Management, 9(4), 2100–2112.
Ramli, Y. (2020). Yanto Ramli Corresponding author : Reviewing editor : Jrmb, 5(2), 211–222.
Rozalia, R., Rinuastuti, H., & Hs, R. (2020). Ketertarikan Konsumen Pada Brand Ambassador Dan Citra Merek Pada Keputusan Pembelian. Distribusi - Journal of Management and Business, 8(2), 149–162.
https://doi.org/10.29303/distribusi.v8i2.140
SiregarSiregar, I. N. P., Selvy, Gurning, H. R., & Angga, E. (2019). (2019). Pengaruh Rekrutmen Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawa Pada Pt. Budi Raya Perkasa. Jurnal Maznajemen, 5(1), 71–80.
Sterie, wua gloria, Massie, james d. d, & soepomo, djurwati. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 3139–3148.
Subarkah, J., & Ma’ruf, M. H. (2020). Edunomika – Vol. 04, No. 01 (Februari 2020). Edunomika, 04(01), 227–235. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/download/857/pdf
Sultan, L., & Kasim, S. (2022). MARKETPLACE SHOPEE DITINJAU MENURUT. 1(1), 51–60.
Sunawar, A., Sekolah, R., Pertama, M., Pasar, M., & Tangerang, K. (2020). Proses Pengambilan Keputusan Kelompok: Fenomenologi Penggunaan Teknik Rasional SDIT Muhammadiyah Pasar Kemis Tangerang. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(1), 33–40. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn
Wardani, S. P., & Permatasari, rita I. (2022). Pengaruh Pengembangan Karier Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Staf Umum Bagian Pergudangan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Di Tangerang. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 13–25. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.862
24SK2441036.00 | SK EKOS 24.036 FAR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain