SKRIPSI EKOS
Analisis Strategi Pemasaran di Saif Laundry Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
Setelah berangsur surut masa pandemi (selama dua tahun lebih), membuat gairah ekonomi semakin meningkat. Tahun belakangan ini merupakan tahun pemulihan dari kelesuan ekonomi pada saat pandemi. Beberapa faktor yang diharapkan dapat ikut membantu peningkatan ekonomi diantaranya adalah denganmembuat program pemulihan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Hal ini dapat diwujudkan dengan merancang startegi pemasaran. Adapun dalam menjalankan bisnis, salah satu faktor yang tidak kalah penting bagiseorang muslim adalah dengan melakukan bisnis berdasar pada norma atau etika. Hal tersebut bertujuan agar pelaku bisnis tidak melanggar dari apa yang telah ditetapkan dan diajarkan oleh agama. Maka darinya, dalam hal ini, peneliti akan meneliti bagaimana strategi pemsaran dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Adapunobjek dalam penelitian ini yakni Saif Laundry.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran di Saif Laundry dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Adapun hasil dalam penelitian ini, yakni strategi pemasaran pada Saif Laundry dapat ditinjau berdasar pada bauran pemasaran 7P yang diantaranya yakni, Pertama, Harga, harga yang ditawarkan oleh Saif Laundryadalah harga yang sesuai dengan harga pasar. Kedua, Produk, Saif Laundry memberikan pelayanan yang memuaskan dan tidak kalah dengan Laundry ternama lainnya. Ketiga, Tempat, Lokasi Saif Laundry terletak tepatnya di Bendan Kergon, Kota Pekalongan. Keempat, Promosi, Saif Laundry tidak seperti halnya beberapa Laundry lain yang memfokuskan pada pemasangan banner saja, tetapi mereka memfokuskan kegiatan promosi membagikan makanan pada Jum’at berkah. Kelima, Orang, atau karyawan yang bekerja di Saif Laundry bisa dinilai ramah dan bertanggungjawab pada pekerjaannya. Keenam, Proses yang dapat dilihat dari semua aktivitas atau prosedurdalam pencucian sudah mengikuti syariat Islam. Ketujuh, Bukti Fisik yang berupa fasilitas yang tersedia dalam Saif Laundry untuk menunjang pada kepuasan konsumen. Berdasar pada prinsip dalam etika bisnis Islam yang di dalamnya mencakup kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan juga kebenaran: kebaikan dan kejujuran, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dalam Saif Laundry sesuai dengan apa yang menjadi prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam.
Kata kunci: Strategi pemasaran, Saif Laundry, Etika bisnis Islam
DAFTAR PUSTAKA
Aedy, H. (2016). Teori Aplikasi Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Alfabeta.
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Almanshur, M. D. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Amstrong, P. K. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Jakarta Erlangga. Amstrong, P. K. (2014). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Prenballindo.
Anoraga, P. ( 2004). Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Aprillia, K., & Rafikasari, E. F. (2021). Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Usaha Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Toko Sandal Ping Tulungagung). Juornal of Economics and Policy Studies, 2(1), 1– 9.https://doi.org/10.21274/jeps.v2i1.4355
Arief, M. (2006). Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan . Malang: Bayumedia Publishing.
Bodren, F. (2006). Etika Bisnis dalam Islam Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Bungin, M. B. (2007). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik,dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Djakfar, M. (2014). Agama, Etika dan Ekonomi. Malang: UIN Malang Press. Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kuaitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
Etis, D. (. (2013). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam: Eksplorasi Prinsip Etis Al- Qur’an dan Sunnah. Mazahib Jurnal Pemikiran Hukum Islam.
Fauzia, I. Y. (2013). Etika Bisnis Dalam Islam edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Hasilatun Rizqo & Tati Handayani, 2022.pdf. (t.t.).
Kaharudin, M. R., & Saputra, H. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERIPIK TEMPE AZZAHRA DESA SUMBER RAHAYU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal
Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 143–162. https://doi.org/10.56644/adl.v2i2.31 Kasmir. (2004). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Maulana, A., & Bahri, M. A. (2022). Analisis strategi pemasaran cv hilla terop dalam prespektif etika bisnis Islam. JURNAL MANAJEMEN, 14(2). https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11322
Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad. (2014). Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Nur Dinah Fauziah, M. S. (2019). Etika Bisnis Syariah. Batu: Literasi Nusantara. Sudarmo, I. G. (2014). Manajemen Pemasaran edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunardi, D. (2006). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
V., W. S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis&Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Zuhriyah, A., Ainol, & Aqidah, W. (2023). Strategi Pemasaran Restoran Geprek Sa'i Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 6–10. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i1.190
24SK2441032.00 | SK EKOS 24.032 INT a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain