SKRIPSI EKOS
Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Di Kantor Kelurahan Proyonanggan Utara Kabupaten Batang Dalam Perspektif Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang mekanisme yang di terapkan dalam pelayanan administrasi di kantor Kelurahan Proyonanggan Utara Kabupaten Batang dan mengetahui tentang persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan administrasi di kantor Kelurahan Proyonanggan Utara Kabupaten Batang dalam Perspektif Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data berupa data primer sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif karena dalam hal ini penulis mendeskripsikan kualitas pelayanan administrasi dalam perspektif Islam. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa mekanisme pelayanan di Kelurahan Proyonanggan Utara sudah sesuai dengan standar prosedur pelayanan yang ditetapkan, sehingga masyarakat merasa lebih jelas dan terarah. Persepsi masyarakat terhadap pelayanan administrasi dari beberapa aspek secara keseluruhan sudah cukup baik, dan dalam tinjauan Islam juga sudah menerapkan sesuai prinsip-prinsip dalam Islam.
Kata kunci: Mekanisme Pelayanan Administrasi, Persepsi Masyarakat terhadap Pelayanan dalam Perspektif Islam
DAFTAR PUSTAKA
Febriani, Rezki. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Koran Harian Fajar Di Kota Makassar (Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam), UIN Alauddin Makassar
H. Kriswahyu, dkk. 2009. Standar Pelayanan Publik Sesuai UU No 25 Tahun 2009 Survei Ombudsman RI. (Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia)
Harahap, Sofyan. (2011). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Salemba Empat).
Jauhari, H. A. R. (2023). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Pegawai Kantor Kelurahan Linggasari. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen Vol. 7 No. 1.
Karya, Betty. (2021). Presepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Pada Kantor Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya. Jurnal Sociopolitico. Volume 3 Nomor 1. E-ISSN 2656-1026.
Kholis, Nur. (2004). Etika Kerja Dalam Perspektif Islam. (Al-Mawarid Edisi XI)
Lahada, Galib. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Pada Kantor Lurah Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. Jurnal Ilmiah Adminstratie. Vol. 8 No. 1).
Lestari, R. (2021). Analisis Manajemen Pelayanan Rumah Sakit. Skripsi, 34.
Lisabella, Margaretha. Model Analisis Interaktif Miles And Huberman. Metodologi Riset. Program Pasca Sarjana Universitas Bina Darma Palembang
Marande, Yunruth. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie. Vol 8, No. 1. Hal 33-39.
Maulana, A.K dan Larasati, E. Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang Departemen Administrasi Publik. FISIP Universitas Diponegoro
Pandipa, A. K. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu. Jurnal Ilmiah Administratie , Vol.13 No.1.
Pasaribu, Rudolf. (1988). Teori Etika Praktis. (Medan: Pieter).
Pasaribu, Vera. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kepala Desa Sisarahili Kecamatan Sogae’adu Kabupaten Nias. Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN. Vol 3, No. 1. Hal. 338-379.
Poerwadarminta, WJS. (1986). Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka).
Pratiwi, A. S. I., dan Indartuti, E. (2023). Kualitas Pelayanan Kependudukan di Kantor Kelurahan Keputih. Jurnal Penelitian Administrasi Publik. Vol. 3 No. 01 e-ISSN: 2797-04692.
Pujiastuti, Reka. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Di Kantor Kelurahan Ujung Sabbang Kota Parepare. Skripsi Manajemen Dakwah IAIN Pare-Pare.
Pulungan, Sahmiar. (2014). Etos Kerja dan Etika Profesi Dalam Pandangan Islam, (Wahana Inovasi). Volume 3 No 2. ISSN : 2089-8592
Putri, D. A. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Pelita Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.
Rangan, G. A. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Kanaan Kecamatan Bontang Barat. Jurnal Ilmu Pemerintahan. Vol 8 (2). Hal 507-520.
Riani, I. W. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Petugas Penanganan Prasarana Dan Sarana Umum (Ppsu) Di Kelurahan Kebagusan, Jakarta Selatan. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Saputra, A. P., dkk. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Murung Raya Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al Banjari.
Sari, Dika. K., dan Hasrul. (2022). Persepsi Masyarakat tentang Implementasi Prinsip Tata Pemerintahan yang Baik dalam Pelayanan Pengurusan Dokumen di Kelurahan Sidomulyo Barat Pekanbaru.
of Education, Cultural and Politics. Volume 2 No 1.
Selfiana dan Azuma, Nadia. (2022). Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Jakasetia Kota Bekasi (Studi Ciri Pelayanan Prima). Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan. Volume 7. Nomor 1. ISSN 2598-2451.
24SK2441028.00 | SK EKOS 24.028 MOL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain