SKRIPSI EKOS
Pengaruh Strategi Pemasaran , Selisih Harga, dan Kualitas dalam Pelayanan Pedagang Pakaian Online Terhadap Loyalitas Pelanggan di Desa Kwayangan Kab. Pekalongan
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Selisih harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Pedagang Online
Desa Kwayangan merupakan desa atau kelurahan yang ada di kecamatan kedungwuni, dimana mayoritas penduduknya selain menjadi petani juga sebagai pengusaha konveksi, khususnya yang bergerak dalam pembuatan pakai jadi. Dalam perkembangan dunia usaha sekarang ini dengan adanya wabah virus corona serta perkembangan teknologi internet yang sangat pesat menjadikan pengusaha konveksi mau tidak mau harus mengikuti perkembangan demi bisa bersaing dalam usahanya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah strategi pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada penjual online di Desa Kwayangan kab. Pekalongan? 2) Apakah selisih harga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada penjual online di Desa Kwayangan kab. Pekalongan? 3) Apakah Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada penjual online di Desa Kwayangan kab. Pekalongan? 4) Apakah Strategi pemasaran, selisih harga dan kualitas dalam pelayanan pedagang online berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada jual beli online di desa kwayangan kab. Pekalongan?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan 35 responden. Teknik pengambilan sampel dengan simple accidental sampling. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan dari hasil perhitungan data tabel diatas strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan karena nilai thitung > ttabel atau 3,254 > 1,689 dan nilai signifikasi yang di hasilkan 0,002 < 0,05. selisih harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelangan karena nilai thitung > ttabel 2,400 > 1,689 dan nilai signifikansi yang di hasilkan 0,018 < 0,05. kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelangan karena nilai thitung > ttabel 2,783 > 1,689 dan nilai signifikansi yang di hasilkan 0,006 < 0,05. Bahwa strategi pemasaran, selisih harga dan kualitas dalam pelayanan pedagang pakaian online berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada jual beli online di desa Kwayangan kab. Pekalongan dengan didapat uji bahwa fhitung > ftabel atau 3,531 > 2,87 nilai signifikan yang di hasilkan 0,026 < 0,05.
DAFTAR PUSTAKA
Adabi, N. (2020). "Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok.". Jurnal Manajemen 12.1 , 32-39.
AC, A. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi di Bank Syariah Mandiri Cabang Tulungagung).
Andriasari. (2019). "Perlindungan Konsumen Terhadap Selisih Harga Pada Rak Dengan Struk Kasir Di Indomaret Semarang." . Diponegoro Law Journal 8.4, 2734-2749.
Arif, N. R. Al. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian pendekatan Suatu Praktek (Revisi e 5). Rieneka Cipta.
Astuti, D., & Salisah, F. N. (2016). Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual ( Studi Kasus : Lejel Home Shopping Pekanbaru ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Vol.2,(No.1, Februari 2016), hal.44-49, e-ISSN 2502-8995 p-ISSN 2460-8181. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/1784
Azwar, S. (1998). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Dewa, C. B. (2020). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan OVO pada masa Physical Distancin. Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen Dan Bisnis Vol.3, No. 1 (2020): June, Pp. 24-32, 2(manajemen dan bisnis), 24–32.
Erlangga, I. I. J., Penelitian, J. M., Bandung, K., Metode, H., Bidang, P., Yogyakarta, S., Marketing, M., Saw, M., Publising, C., Metode, S., Pendidikan, P., Alvabeta, C. V, Reseacrch, H., & Pt, B. J. (2017). Anwar .( 1998 ).
Metode Penelitian . Yogyakarta : Pustaka Pelajar . Arikunto , Suharsimi .( 2006 ). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta : Rineka Cipta . Fibria Anggraini Puji Lestari , Pengaruh Web E-Commerce , Kualitas Produk Dan Kuali. 1998.
Fandy, T. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (A. Offset (Ed.)).
Geroge Stainer dan John Milner. (2007). Manajemen Strategic (Terjemahan). Erlangga.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halimah, M. A. (2020). "Pengaruh strategi penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan produk kilat khusus mitra korporat Kantor Pos Purwokerto." . Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen 5.1, 70-79.
Harahap, S. (1985). Membentuk Entrepreneur Muslim (1st ed.). Baryatussalamah Art.
Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah. Ghalia Indonesia.
Husein Umar. (2004). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Raja Grafindo Persada.
Keller, L. (2008). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler. (2007). Diajukan untuk Melengkapi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Magister Ekonomi (M.E) pada Program Studi Ekonomi Syariah.
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran, (G. Ilmu (Ed.)).
Layanan, K. (2013). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 115–131. https://doi.org/10.15294/jdm.v4i2.2756
Mudrajat. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga.
Nurhadi, N. (2020). Konsep Pelayanan Perspektif Ekonomi Syariah. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 137. https://doi.org/10.14421/ekbis.2018.2.2.1100
Oktaviani, W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Pelanggan, Dan , Kemudahan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang Surabaya, 2, 140.
Pekalongangan, B. K. (2021). No Title. Januari. https://www.google.com/search?
q=Sumber+dari+BPS+Kab%2C+Pekalongan+diakses+tanggal&rlz=1C1GGRV_enID940ID940&oq=Sumber+dari+BPS+Kab%2C+Pekalongan+diakses+tanggal&aqs=chrome..69i57j69i59.1100j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Pengaruh, A., Risiko, P., Dan, K., Kasus, S., Konsumen, P., Fashion, B., & Facebook, D. I. (2015). (Studi Kasus Pada Konsumen Barang Fashion Di. 23(2), 112–120.
Qardhawi, Y. (1997). Norma Dan Etika Ekonomi Islam. Gema Insani.
Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46–56.
Ririn Tri Ratnasari. (2015). Pengaruh Kualitas Jasa Perspektif Islam Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Grand Kalimas Di Surabaya. JESTT Vol. 2 No. 4 April 2015, 2(ekonomi), 328.
Singrimbun, M. (1983). Metode Penelitian Survey. LP3ES.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) . Bandung: Alfabeta.
Sumarwan Ujang. (2004). Perilaku Pelanggan:Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Supardi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. UII Press.
24SK2441015.00 | SK EKOS 24.015 RES p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain